Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Kabar Gembira, Toyota Kembali Membuat Onderdil Land Cruiser Tua

Belakangan ini, dunia nyata maupun di dunia maya seperti di sosial media Instagram, Facebook, Twitter atau di aplikasi berbasis chat seperti Line, BBM, WhatsApp dan lain sebagainya, banyak sekali menggunakan kata-kata yang jarang didengar.  Bagi generasi milenial tentu banyak yang bingung atau tidak tau maksud dari kata-kata tersebut.

Sebagai contohnya adalah penggunaan kata onderdil. Arti kata onderdil dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah on.der.dil [Bld n] suku cadang

Istilah onderdil sendiri sangat lekat dengan para pemelihara mobil tua, karena seringkali menjadi masalah. Tidak setiap toko spare part maupun diler menyediakannya. Jika beruntung bisa mendapatkan onderdil yang asli, harganya juga akan sangat mahal. 

Kondisi tersebut juga dialami oleh pemilik Toyota Land Cruiser generasi lawas seperti seri 40. Mobil yang kadang disebut dengan nama hardtop ini memang banyak dipuja, sehingga harganya tergolong tinggi di pasaran mobil bekas. Namun, suku cadangnya seringkali menjadi kendala bagi para pemiliknya.

Toyota, sebagai produsen mobil tersebut, memiliki rencana untuk memperbanyak dan menjual suku cadangnya kembali. Dilansir dari Autoevolution, Toyota melakukannya lantaran kendaraan tersebut kini masuk sebagai lini heritage.

Realisasinya mulai awal tahun depan. Adapun jenis komponen yang akan dibuat termasuk mesin, drivelines, dan sistem pembuangan untuk 40 Series Land Cruiser.

Pemasarannya dilakukan melalui kolaborasi khusus dengan pemasok, untuk merayakan ulang tahun ke-70 model tersebut pada tahun ini.

Toyota Land Cruiser adalah mobil off-road Serbaguna atau Sport Utility Vehicle / SUV yang dibuat oleh Toyota Motor Corporation dari tahun 1951 sampai sekarang.

Sejarahnya memang sudah cukup lama. Berawal dari pecahnya Perang Korea pada tahun 1950, yang  menyebabkan Amerika Serikat membutuhkan kendaraan militer. Untuk memenuhinya, Amerika meminta Toyota untuk membuat 100 kendaraan dengan spek Willys. 

Prototipe mobil Toyota "Jeep" BJ mulai dikembangkan bulan Januari 1951. Ukurannya lebih besar dari Willys, menggunakan mesin bensin Tipe B 3.4L 6 silinder segaris yang dilengkapi dengan penggerak 4 roda.

Untuk uji coba, test driver Toyota Ichiro Taira mengendarai prototipe Jeep BJ ini ke Gunung Fuji, dan menjadi mobil pertama yang berhasil sampai tingkat ke enam.

Tes ini disaksikan juga oleh Badan Polisi Nasional Jepang (National Police Agency atau NPA). Terkesan dengan ketangguhan mobil ini, akhirnya NPA juga memesan 289 unit mobil ini untuk dijadikan mobil patroli resmi mereka.

Sebenarnya bukan kali pertama, Toyota kembali memasok suku cadang untuk model klasiknya. Namun jika berbicara mengenai Seri 40, langkah ini merupakan yang perdana.

Semoga, Toyota juga melakukan langkah serupa untuk model populer lainnya.

Sumber: suara.com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia