Loading...
en

Sejarah Mobil Toyota Land Cruiser BJ & FJ (1951-1955)

Toyota Land Cruiser merupakan SUV terbaik pabrikan Toyota yang terlihat dan terbukti tangguh saat melintasi medan on-road maupun on-road. Bentuknya pun telah mengalami banyak perubahan dan variasi, mulai dari kesan mobil hardtop yang begitu kaku dan gahar hingga kini yang terlihat begitu dinamis, mewah, dan elegan. Hadir sejak tahun 1950-an, mobil buatan Jepang ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Berawal dari ‘paksaan’ untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi militer Amerika Serikat, mobil yang dibuat berdasarkan spesifikasi dan blueprint Jeep Willys ini kemudian berkembang ke seluruh penjuru dunia. Adapun versi pertama dari Toyota Land Cruiser adalah seri BJ dan FJ yang ada pada periode 1951 sampai 1955.

 

 

ASAL NAMA LAND CRUISER

Nama Land Cruiser baru muncul pada tahun 1954, yakni beberapa tahun setelah prototipe pertama dikembangkan dan diproduksi. Sepintas terlihat mirip dengan mobil Land Rover, kompetitor yang berasal dari Inggris. Adapun pemilihan nama yang dicetuskan oleh Hanji Umehara sebagai Direktur Teknik ini tidak lain adalah untuk ‘menegaskan’ posisinya sehingga tak dipandang sebelah mata oleh para kompetitor.

 

REPLIKA JEEP WILLYS

Di tahun 1950, selisih antara Korea Utara dan Korea Selatan memecah hingga menimbulkan perang Korea. Amerika Serikat yang pada saat itu berhasil menaklukkan Jepang pada Perang Dunia II pun berkongsi dengan Korea Selatan. Sebagai suplai kendaraan militer AS dalam pertempuran tersebut, Toyota kemudian didapuk sebagai produsen yang dipercaya untuk membuat 100 mobil dengan spesifikasi persis seperti pada Jeep Willys.

Setahun kemudian, prototipe Jeep BJ mulai dikembangkan. Dengan penggerak empat roda dan tenaga 85 hp/3.600 rpm serta rotasi 215 Nm/1.600 rpm, Jeep BJ dibuat dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan Willys. Sekitar enam atau tujuh bulan kemudian, prototipe tersebut diuji ketangguhannya dan berhasil mencapai tingkat keenam Gunung Fuji yang sangat menantang.

 

DIPRODUKSI SECARA MASSAL

Saat uji ketangguhan mobil tersebut, National Police Agency alias NPA (Badan Polisi Nasional Jepang) turut menyaksikan. Terkesan dengan keandalan prototipe Jeep BJ, NPA pun ikut memesan sebanyak 289 unit untuk kemudian menjadi kendaraan resmi patroli mereka.

Sekitar dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1953, Toyota mulai memproduksi mobil Toyota Jeep BJ secara massal. Produksi tersebut dilakukan di Pabrik Toyota Honsya dan Arakawa Bankin Kogyo yang kini dikenal sebagai ARACO. Adapun bentuk kerangka yang didesain untuk tipe ini adalah 2-door soft-top dengan tata letak FR layout.

Dari segi mesin, Toyota sebelumnya membekali BJ dengan 3,4 L sebelum akhirnya pada tipe F di tahun 1954, Toyota membekali 3,9 L tipe F 125 hp untuk model chassis fire-engine. Sementara itu, jarak sumbu rodanya adalah 2.650 mm atau setara dengan 104, 3 inci.

 

 ------------------------------------------

Tak Perlu Daftar ataupun Login, jadwal Kegiatan Komunitas Motor Trail di seluruh Indonesia, kini dapat dilihat dengan mudah melalui Aplikasi Android IAC

 ------------------------------------------

 
 
promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS!  Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227. 

 

THAMES TRADER, Bukti Kejayaan Truk Inggris di Indonesia

Jauh sebelum truk-truk buatan Jepang, seperti Toyota, Mitsubishi dan Hino memadati jalanan di Indonesia seperti saat ini, truk-truk buatan Amerika dan Eropa telah lebih dulu melibas medan-medan di negeri ini. Salah satu truk buatan Barat yang begitu melegenda di Tanah Air adalah Thames Trader. Demikian masyurnya truk ini pada eranya, barangkali tak berlebihan menyebutnya sebagai bukti kejayaan truk Inggris di negeri ini.
Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

There are so many instagrammable cafes in Indonesia you can visit. Jogjakarta is one of the cities in Indonesia that full of cafes around. Most of them bring the unique concept for the customers including hobbies. It means, you can’t get the entertainment and meals only but you can hang out there while enjoying the beautiful interior design such as Brick Cafe in Jogja. If you love classic motor bikes, then you can visit and spend your time in this vintage cafe.
 

Karoseri Bak Truk Untuk Angkut Sapi

Karoseri Bak Truk Rp60.000.000 Per Unit

Baca Selengkapnya...