Asal Nama Kijang Doyok Bermula dari Tokoh Komik

Dari sekian banyak varian Toyota Kijang, hanya generasi kedua yang memiliki julukan paling unik. Saat pertama kali mengaspal di jalanan pada 1981, masyarakat langsung menjuluki varian yang memiliki nama asli Kijang KF20 ini dengan nama Doyok. Lalu, dari mana sih asal nama Kijang Doyok itu sebenarnya?

Sekilas julukan Doyok pada varian Kijang generasi kedua terdengar seperti nama pelawak yang melejit di era 1980-1990an. Pelawak Doyok terkenal lewat perawakannya yang kerempeng, wajah lonjong dan kumis tebal. Tampilannya identik dengan rupa Kijang KF20 yang sering dibicarakan masyarakat. Sayangnya, asal nama Kijang Doyok ternyata sudah ada jauh sebelumnya.

 

 

Siapa itu Si Doyok?

Asal nama Kijang Doyok diperkirakan bermula dari nama tokoh komik yang pertama kali muncul pada Lembaran Bergambar Harian Pos Kota tahun 1978. Komik Si Doyok diciptakan oleh kartunis Keliek Siswoyo berdasarkan nama sapaannya sendiri ketika masih kecil.

Berkat popularitas kolom Lembaran Bergambar Harian Pos Kota, Si Doyok menjelma menjadi semacam media komentar atas isu sosial dan politik. Si Doyok dianggap berhasil mewakili suara mayarakat bawah lewat gaya humor yang khas.

Komik Si Doyok nyaris selalu muncul dengan susunan empat atau lima panel. Panel pertama biasanya menggambarkan latar perkampungan atau jalanan kota Jakarta lengkap dengan riuh gambar kendaraan yang lalu-lalang. Entah disengaja atau tidak, kendaraan yang muncul sering kali menyerupai bentuk Kijang KF20.

 

 

Mobilnya Rakyat Kecil

Tidak ada penjelasan pasti tentang asal nama Kijang Doyok yang sebenarnya. Meskipun begitu, banyak orang yakin julukan Doyok memang berasal dari komik Si Doyok. Pasalnya, seperti halnya humor Si Doyok yang sesuai dengan segmentasi Lembaran Bergambar Harian Pos Kota, Kijang Doyok juga telah menjadi ikon masyarakat kelas bawah.

Seperti pendahulunya, Kijang Doyok lahir dari konsep Basic Utility Vehicle. Artinya, Kijang yang berhenti produksi pada 1986 ini dijual sebagai mobil niaga berharga murah yang bertujuan mengakomodasi kalangan bawah.

Selain model minibus, Kijang Doyok juga memiliki model pikap dan komando, serta karoseri yang jumlahnya ada lebih dari 16 seri. Terlepas dari asal nama Kijang Doyok yang bisa diperdebatkan, tidak dipungkiri kalau ia pernah menjadi mobilnya rakyat kecil yang merajai jalanan.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Asyiknya Naik VW Klasik Atap Terbuka, Keliling Kawasan Wisata Wulenpari Yogyakarta

Wulenpari adalah sebuah nama sebuah kawasan wisata alam, yang berada di Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Suasana pedesaan yang kental dan dikelilingi oleh lahan pertanian yang subur adalah pesonanya. Semakin asyik jika dinikmati dengan menyewa mobil klasik yang… Baca selengkapnya...

Mobil-mobil Kepresidenan di Pameran Sarinah

Sebanyak 7 mobil Kepresidenan RI dipamerkan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77. Sontak mobil yang pernah digunakan Presiden RI ini menarik perhatian pengunjung pameran di Pusat Perbelanjaan Sarinah. Baca selengkapnya...

Jenis Hadiah Vespa Kongo Garuda Berdasarkan Pangkat Penerimanya

Buat penggemar Vespa, Vespa Kongo adalah harta karun, karena populasinya yang langka. Vespa ini berbeda dengan Vespa seri VBB, Vnb atau VLA yang unitnya lebih banyak. Juga tergolong benda bersejarah bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Presiden Soekarno, karena merupakan hadiah untuk prajurit… Baca selengkapnya...
rekor muri ppmki

Sukses Pamerkan 1500 Kendaraan Klasik, PPMKI Bali Sabet Rekor MURI

Rekor MURI kembali dipecahkan. Kali ini bersumber dari sektor otomotif. Adalah Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI) Provinsi Bali yang sukses menorehkan rekor tersebut berkat keberhasilannya memamerkan 1500 kendaraan klasik. Pameran terbesar yang pertama kali digelar di Pulau Dewata… Baca selengkapnya...