TRANSLATE

Kenali Penyakit Kijang Kapsul yang Sulit Disembuhkan

Toyota Kijang Kapsul merupakan salah satu jenis mobil Kijang tua yang masih cukup tinggi pamornya hingga saat ini. Akan tetapi, bukan berarti penerus Kijang Kotak ini terlahir sempurna. Di samping keunggulannya, sebaiknya kenali juga sekelumit penyakit Kijang Kapsul yang sering membuat pengendaranya tidak nyaman.

Kelemahan Kijang Generasi Keempat atau Kijang Kapsul memang akan lebih terlihat saat usianya mulai uzur. Selayaknya mobil Kijang tua, penyakit Kijang Kapsul banyak berkutat di sekitar urusan mesin dan pembakaran bensin.

Meski penyakitnya sulit disembuhkan, bukan berarti tidak ada solusi agar mobil Kijang tua berusia panjang. Oleh karena itu, kenali dulu penyakit-penyakit utamanya sebelum menentukan tata cara merawat Kijang Kapsul yang tepat.

 

 

Mesin Lebih Berisik

Sudah bukan rahasia lagi kalau mesin Kijang Kapsul Diesel yang berjenis indirect injection terkenal berisik. Bahkan, ada yang menyamakan suaranya dengan bunyi penggorengan. Ditambah lagi, kabinnya belum kedap suara sehingga bunyi mesin masih terdengar jelas di dalam ruang kemudi.

Tidak cukup varian diesel saja yang bermasalah, penyakit Kijang Kapsul juga menjalar ke varian mesin bensin. Menurut informasi, master kopling pada mesin Kijang lansiran 1997 ini seringkali mengeluarkan bunyi berkerik yang mengakibatkan laju mobil menjadi tersendat-sendat.

Beberapa penyakit Kijang Kapsul tersebut kabarnya tidak bisa disembuhkan oleh bengkel resminya. Hingga saat tergusur oleh kemunculan Kijang Innova pada 2004, bunyi-bunyi aneh yang dihasilkan mobil Kijang tua ini sudah dianggap sebagai kelemahan Kijang Generasi Keempat yang harus diterima.

 

Bahan Bakar Tidak Efisien

Dibandingkan mobil lansiran abad ke-21, tekonologi milik Kijang Kapsul tergolong kuno dan sederhana. Mesinnya masih menganut sistem pengabutan bahan bakar karburator yang menyebabkan konsumsi bahan bakar tidak efisien.

Namun demikian, masih ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan demi menghemat BBM. Anda dapat beralih ke sistem pasokan bahan bakar injeksi elektronik yang mampu mengatur debit bahan bakar secara otomatis. Selain itu, memilih Kijang Kapsul Diesel juga dapat menjadi alternatif berhemat bensin.

Penyakit Kijang Kapsul memang tidak separah yang dibayangkan orang. Meski begitu, tidak ada salahnya mempersiapkan tata cara merawat mobil Kijang Kapsul yang tepat agar mobil Kijang tua kesayangan tidak mudah mogok.