Intip Spesifikasi Toyota Kijang Buaya yang Mengaspal Perdana tahun 1977

Saat pertama kali dicetuskan, mobil Kijang tahun 1977 punya julukan “buaya”. Namun nama ini  hanya diperuntukan pada mobil Kijang sebagai kendaraan niaga. Tidak heran jika spesifikasi Toyota Kijang Buaya dibuat ala kadarnya untuk menekan biaya.

Sekilas,  eksterior dan interior varian yang punya nama resmi Kijang KF10 ini tidak jauh berbeda dibandingkan tampilan transportasi umum kota seperti oplet atau bajaj. Bahkan, kabarnya banyak dealer mobil merasa skeptis akan masa depan Kijang Buaya karena tampilannya yang kurang menarik.

Akan tetapi, kekhawatiran tersebut ternyata tidak terbukti. Kendati sempat mendapat cibiran lantaran bentuknya menyerupai kaleng kerupuk, spesifikasi Toyota Kijang Buaya sempat menjadi yang terdepan di segmen kendaraan niaga. Terlebih, mesin Kijang Generasi Pertama ini dianggap tangguh pada zaman itu.

 

 

Fungsi di Atas Estetika

Seperti halnya kendaraan niaga pada umumnya, tidak ada yang istimewa pada tampilan Kijang Buaya. Bagian luar seperti ban, frame, dan bak angkut terbuat dari lempengan besi yang dipress. Lempengen tersebut kemudian dibentuk menjadi bodi mobil.

Pecinta otomotif yang terbiasa dengan mobil abad 21 mungkin akan menggelengkan kepala melihat interior Kijang KF10. Pertama, kedua pintunya tidak dilengkapi kaca, hanya berbahan terpal dan plastik. Kedua, pintu tersebut tidak dilengkapi handle dan hanya bisa dibuka dari dalam serupa pintu bajaj.

Di atas segala kekurangannya, spesifikasi Toyota Kijang Buaya ternyata sudah memikirkan faktor keselamatan dan kenyamanan. Kijang merupakan mobil nasional pertama yang meletakan mesin di depan kemudi alih-alih di bawah tempat duduk. Berkat hal ini, pengemudi tidak lagi merasakan gangguan panas atau suara mesin saat berkendara.

 

 

Mesin Terbaik di Zamannya

Tidak hanya inovatif, rakitan mesin Kijang Generasi Pertama juga tidak sembarangan. Toyota memilih mesin berkode 3K milik Toyota Corolla generasi ketiga yang didatangkan dari Jepang. Mesin berkapasitas bersih 1.166 cc ini terbukti tangguh karena digandeng dengan transmisi 4-percepatan dan differential milik Lite Ace sehingga irit bahan bakar.

Keunggulan spesifikasi Toyota Kijang Buaya tak ayal menempatkan Kijang di atas kompetitornya saat itu. Siapa sangka, Kijang KF10 yang terlihat reyot seperti kaleng kerupuk sanggup menghadirkan performa kendaraan niaga bermuatan 1 ton.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Proton Wira, "Pahlawan" Produsen Mobil dari Malaysia

PROTON (singkatan dari Perusahaan Otomobil Nasional Sdn. Bhd.) adalah produsen mobil dari Malaysia. Didirikan pada tahun 1985 atas inisiatif dari Perdana Menteri Malaysia saat itu, Mahathir Mohammad.Proton menjadi perusahaan produsen mobil yang pertama di Malaysia. Proton awalnya menggunakan… Baca selengkapnya...

Toyota Corona 2000. Sedan Berkelas Jaman Lawas

Mengulas salah satu sedan mewah medium yang muncul pada zaman kepresidenan Soeharto, nama Toyota Corona 2000 1980 memang tak bisa diabaikan dari jajaran sedan berkelas pada zamannya. Kendaraan ini menawarkan kapasitas mesin yang lebih besar, serta desain bodi yang lebih bongsor dibandingkan… Baca selengkapnya...

Horror Story Behind The Classic Car

Classic car are very identical to the word old. The reason is because most the cars that categorized as classic were launched long before we were born. For example, there are some people say that the cars were released close to the world tragic event, World War. The age of the cars generally is… Baca selengkapnya...

Pada Jamannya, Desain Boxy Memang Trendi

Setiap tahunnya berbagai jenis mobil sedan keluaran terbaru terus diproduksi oleh sejumlah pabrikan otomotif . Mereka berlomba-lomba menanamkan keunggulan dan spesifikasi untuk memikat hati para konsumen. Tak jarang ada begitu banyak orang yang tergoda untuk meninggalkan mobil lama mereka untuk… Baca selengkapnya...