Toyota Land Cruiser Seri 20 & 30

Setelah sukses dengan seri awalnya, Toyota Motor Company kembali menghadirkan Land Cruiser seri 20 dan 30.

Seperti generasi pertamanya, generasi kedua Land Cruiser juga memiliki rentang masa produksi yang cukup singkat, yakni pada tahun 1955 sampai 1960 saja. Perakitannya sendiri tetap dilakukan di ARACO, Toyota City, Jepang.

Dibandingkan BJ series, variasi bentuk kerangka pada seri ini lebih banyak. Di samping keberadaan Land Cruiser hardtop dengan 2 pintu yang sangat ikonik, generasi ini juga menyajikan jenis 2 pintu soft-top, 2 pintu pickup truck, dan 4 pintu station wagon. Untuk tata letaknya sendiri tetap menggunakan FR layout.

 

Desain untuk Rakyat Sipil

Generasi kedua Land Cruiser diluncurkan kali pertama pada tahun 1955 sebagai wujud penyempurnaan dari BJ series. Desain FJ20 series dibuat lebih menarik dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat sipil lebih luas alias tidak lagi berkutat pada urusan militer. Dari total 10 variasi yang dihadirkan mulai dari FJ20 sampai F29, varian F25 menjadi varian yang ditetapkan sebagai standar untuk seluruh seri FJ20 di pasar domestik.

Dari segi mesin, Toyota masih membekali produknya dengan mesin 3.9L 6 silinder segaris dan menggunakan gearbox 3 percepatan. Walau begitu, mesin tersebut memberikan tenaga yang sudah lebih meningkat dan diletakkan sebanyak 120 mm lebih maju.

Di tahun 1955 juga, FJ28 juga diproduksi dalam model station wagon dan canvas top, hingga pick-up. Masing-masing model sudah dilengkapi dengan penggerak sebanyak empat buah roda. Adapun untuk mobil Land Cruiser dengan model station wagon dengan wheelbase yang panjang kemudian dikodekan sebagai FJ35.

 

Ekspansi ke Berbagai Negara

Selayaknya bisnis yang berkembang, B7D Motors lantas mengimpor Land Cruiser untuk kali pertama ke Australia pada tahun 1957. Jenis model yang diekspansikan merupakan model FJ25/28 dan berhasil menjadi mobil pertama buatan Jepang yang secara rutin diperdagangkan internasional.

Baru di tahun 1958, Land Cruiser akhirnya memproduksi versi station wagon yang sangat ikonik hingga kini. Untuk yang satu ini, proses produksinya sendiri pun dilakukan di Brazil sehingga menjadi model Land Cruiser pertama yang dibuat di luar Negeri Sakura.

Hingga sekarang, distribusi Land Cruiser pun jadi semakin luas dan dapat ditemui di berbagai negara. Inovasinya pun terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sampai saat ini pun, Toyota Land Cruiser juga telah menghasilkan berbagai seri lainnya, mulai dari 40 Series, tipe 55/56, 70 Series, 80 Series, 90 Series, dan 100 Series. Masing-masing merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya dengan ciri tertentu. Selain itu, desain bodinya pun terus mengalami perubahan yang variatif, tak hanya berkesan gagah dan kaku.

Artikel Terkait

Toyota Land Cruiser Tipe 55/56

Setelah sukses dengan seri J40 yang bertahan cukup lama di pasaran hingga dua dekade, Toyota kembali menghadirkan seri teranyar Land Cruiser andalan mereka.

Toyota Land Cruiser 40 Series

Toyota Land Cruiser 40 Series merupakan generasi ketiga dari mobil Land Cruiser yang dibuat oleh Toyota Motor Corporation.

Toyota Land Cruiser BJ & FJ (1951-1955)

Toyota Land Cruiser merupakan SUV terbaik pabrikan Toyota yang terlihat dan terbukti tangguh saat melintasi medan on-road maupun on-road. Bentuknya pun telah mengalami banyak perubahan dan variasi, mulai dari kesan mobil hardtop yang begitu kaku dan gahar hingga kini yang terlihat begitu dinamis, mewah, dan elegan.