Club Otomotif : Tips Modifikasi Mobil Bekas Biar Makin Bergaya

Club otomotif –Bukan hanya dari segi tampilan seseorang saja yang bisa dirubah. Kendaraan yang sering dipakai untuk bepergian pun bisa diubah sesuai selera. Salah satunya adalah mengubah kendaraan roda empat menjadi lebih bergaya dan keren untuk dibawa ke tongkrongan. Tetapi jika kamu tidak banyak memiliki anggaran untuk modifikasi, maka bisa menggunakan mobil bekas saja. Dengan memanfaatkan mobil bekas untuk modifikasi, maka tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah banyak. Dari segi harga, mobil bekas lebih murah dibandingkan dengan harga mobil baru. Atau jika kamu memiliki mobil bekas di garasi rumah, maka bisa memanfaatkan mobil itu saja.

10 Cara Modifikasi Mobil Bekas Agar Makin Menarik

Mobil bekas biasanya identik dengan penampilan tua, mesin yang sudah tidak performa lagi, dan beberapa hal lainnya. Nah saat inilah waktu yang tepat untuk memodifikasi mobil bekas supaya lebih ciamik. Selain untuk bergaya, mobil bekas yang sudah dimodifikasi ini juga bisa dijual kembali dengan nilai lebih. Berikut ini beberapa caramodifikasinya;

  1. Pilih Jenis Mobil Bekas

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih jenis mobil bekas yang akan dimodifikasi. Apakah ingin memodifikasi mobil sedan, jeep atau lainnya. Selain dari segi jenis mobil, ada hal lain yang harus dipertimbangkan. Yakni dari segi kegunaan. Apakah modifikasi mobil ini untuk tujuan touring, gaya-gayaan, sehari-hari, atau lainnya. Dengan begitu ketika memulai modifikasi tidak akan kebingungan lagi untuk menentukan tema.

  1. Menentukan Tema

Tema atau konsep menjadi hal penting sebelum memulai modifikasi mobil bekas. Hal ini sangat penting dipertimbangkan supaya tema yang dipakai tidak saling bertabrakan atau tidak nyambung satu sama lain. Untuk tema sendiri pun ada banyak jenisnya. Seperti racing, retro, modern, elegan, cute, dan lainnya. Konsep atau tema ini bisa diterapkan pada interior dan eksterior. Pun Anda juga bisa memodifikasi dengan karakter yang disukai. Misalnya dari film Transformers, Spiderman, atau karakter dari film lainnya.

  1. Memperkirakan Biaya

Jika sudah mempertimbangkan tema apa yang akan dipilih. Langah selanjutnya adalah memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk modifikasi. Untuk awal bisa memilih modifikasi sederhana dan tidak terlalu banyak biaya. Sebagai contohnya mengganti kaca film. Selanjutnya melakukan riset kecil untuk mendapatkan komponen lebih murah. Buatlah perhitungan supaya anggaran tidak terbengkalai. Selain itu juga pertimbangkan pemilihan bengkel yang akan diajak kerja sama untuk modifikasi.

  1. Menyiapkan Daftar Komponen

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan list komponen yang dibutuhkan. Kemungkinan ada komponen yang akan sedikit sulit untuk didapatkan jadi harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Bisa jadi memsan dari luar kota atau luar negeri. Harus diketahui juga bahwa memesan komponen bisa membuat biaya modifikasi membengkak. Oleh sebab itulah pastikan untuk memprioritaskan komponen yang mudah didapatkan dan menyesuaikan dengan anggaran.

  1. Mesin

Apabila persiapan sudah selesai, maka bisa memulai modifikasi dari mesin yang menjadi inti kendaraan. Terlebih lagi mobil bekas pastinya memiliki performa mesin yang sudah berkurang. Oleh sebab itulah bagian mesin menjadi salah satu hal penting untuk dipertimbangkan sedari awal. Namun pastikan untuk tidak membuat modifikasi ekstrem dari mesin ini, sebab bisa menurunkan harga jual. Untuk pemula bisa dengan mengganti busi atau koil supaya pengapian jadi lebih baik. Selain itu juga bisa melapisi mesin dengan karbon atau krom supaya lebih mengkilap.

  1. Velg

Selanjutnya adalah menentukan velg atau pelek yang mana perlu disesuaikan dengan tema. Pastikan memilih warna netral dan menghindari warna mencolok. Jika salah pemilihan warna malah akan membuat mobil jadi seperti angkot. Selain itu pastikan untuk memilih ukuran velg dan offset. Body kit tentunya harus disesuaikan dengan pelek. Apabila ukurannya besar jadi harus memperlebar fender. Mengganti velg dan ban lebih besar akan membuat handling lebih baik. Juga lebih nyaman bermanuver karena area kontak ban dan aspal jadi luas.

  1. Body Kit

Setelah velg terpasang, saatnya pemilihan body kit. Di pasaran sendiri sudah banyak yang menjual body kit langsung pasang di kendaraan. Baik itu bumper, spoiler, side skirt atau lainnya. Namun pemilihan body kit ini juga harus disesuaikan dengan tema yang sudah dipilih. Juga pertimbangkan kualitas bahan yang dipakai untuk membuat body kit supaya tidak cepat rusak. Untuk body kit dari bahan plastik biasanya lebih ringan, lentur dan kuat dibandingkan dengan bahan fiber. Tetapi warna cat tidak terlalu cerah. Pastikan juga untuk menghindari pemasangan komponen dengan ukuran besar.

  1. Audio

Dari segi audio tentunya jangan sampai dilewatkan, terlebih untuk kamu yang suka mendengarkan musik di perjalanan. Mobil bekas biasanya memiliki kualitas audio yang kurang menggelegar dan hambar. Yang mana hal ini bisa saja membuat mengantuk di perjalanan. Jika merasa bingung harus memilih yang mana, maka bisa ke bengkel audio. Nantinya bisa dibantu untuk keperluan audio pada mobil ini. Konsep audio memiliki tiga jenis. Yakni Sound Quality (SQ), Sound Quality Loud (SQL), dan Sound Pressure Level (SPL). Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan budget.

  1. Interior

Modifikasi lain yang tidak kalah penting adalah dari segi interior. Sebab interior yang baik tentunya akan membuat nyaman ketika berkendara meskipun berjam-jam diperjalanan. Selain itu interior ini juga akan memengaruhi harga jual apabila mobil modifikasi dijual. Dalam modifikasi interior mobil ini juga harus disesuaikan dengan tema. Apabila mengusung tema elegan, maka bisa memilih jok bahan kulit. Jok bahan kulit ini tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan pastinya.

  1. Aksesoris Lain

Terakhir adalah memberikan aksesoris tambahan untuk membuat modifikasi mobil jadi semakin menarik dan bergaya. Kamu bisa menambahkan sandaran di kepala kursi dan tv kecil. Juga bisa menambahkan GPS untuk mempermudah mencari alamat. Pastikan untuk memasang sistem GPS yang mudah dioperasikan dan tidak ribet. Dengan adanya GPS tracker atau navigasi bisa sedikit menambah nilai jual mobil modifikasi.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Motor Boleh Masuk Tol?

Pada awal bulan Maret 2020 yang lalu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengomentari perihal pembatasan sepeda motor di jalan nasional dengan tujuan mengurai kemacetan. Menurutnya wacana tersebut tidak tepat, Bamsoet kemudian menyarankan untuk membuat lintasan sepeda motor di ruas jalan tol. Baca selengkapnya...

Cara Menghemat Bensin Kendaraan Bermotor

Memiliki kendaraan motor memang menjadi sebuah kebutuhan saat ini. Dengan motor maka kita bisa pergi kemanapun. Bahkan dengan menggunakan motor maka bisa mendapatkan pekerjaan, contohnya sebagai ojek online. Namun apakah Anda sudah merawat motor dengan baik agar tetap tahan lama dan nyaman ketika… Baca selengkapnya...

Toyota Land Cruiser BJ40, Besar Tenaganya Tapi Irit Solarnya

Toyota adalah nama produsen Jepang yang sama sekali tak bisa diremehkan keberadaannya. Pabrikan satu ini dikenal piawai meracik berbagai model mobil. Bukan hanya parasnya yang menawan, melainkan juga memiliki ketangguhan. Beberapa diantaranya bahkan dirancang khusus sebagai kendaraan yang sanggup… Baca selengkapnya...

Ingin Membeli Mobil Klasik? Simak Tips Membelinya

Mobil klasik memang memiliki daya tarik tersendiri di mata pecinta mobil. Meskipun penampilannya sudah terbilang tua dan mesinnya tidak segahar mobil-mobil keluaran terbaru. Namun masih banyak pecinta mobil yang menggemari mobil retro ini. Bahkan sudah ada komunitas pecinta mobil retro yang… Baca selengkapnya...