Cara Pasang Turbo Pada Jeep CJ7 Diesel, Agar Powernya Meningkat Namun Tetap Irit

Banyak yang berpedapat bahwa penambahan perangkat turbo pada Jeep CJ7 Diesel bermesin isuzu seri  C 240 A tidak dapat bertahan lama karena akan mudah rontok, patah cranksaft, pecah piston, bengkok stang piston dan sebagainya. Menurut pemilik web jeep99.blogspot.com, yang telah memiliki pengalaman memasang turbo pada jeep CJ7 diesel buatan 1982 dengan nomor  polisi  DD 266 AY, hal tersebut tidak benar. 

Dengan catatan,  kondisi mesin sebelum penambahan Turbo dalam keadaan sehat, normal dan tidak ada kebocoran oli maupun air. Turbocharger yang paling cocok digunakan adalah merk RHF 5, dengan Intake manifol dan exaust tetap menggunakan aslinya, tanpa filter udara asli. Cara pemasangannya sebagai berikut:

  1. Lepaskan  header knalpot dari moncong exaust.
  2. Siapkan "L" bow pipa dengan kualitas paling bagus dan tebal dengan diameter luar 2 inchi
  3. Buatkan braket adaptor di kedua ujungnya, disesuaikan lubang baut exhaust dengan turbo yang akan dipasang..
  4. Saluran oli untuk turbo, diambilkan dari baut di bagian mesin di bawah exaust yang sudah tersedia. Namun harus  menambahkan selang beserta klem dikedua ujungnya.
  5. Demikian juga untuk oli yang keluar dari turbo, di carter sudah tersedia. Anda hanya perlu menyiapkan  cabang "T" dan selang.
  6. Mengenai saluran air pendingin untuk turbo, harus dibuatkan cabang melalui bagian atas mesin.
  7. Sesuaikan knalpotmengikuti celah yang tersedia. Perhatikan freeflow-nya , agar  tidak ada tendangan gas balik ke turbo.
  8. Output dari moncong turbo wajib menggunakan selang karet yang kuat. Kemudian dibagian tengahnya  disambung sok pipa besi "U" bow ukuran 2 inchi, dengan  ujungnya 2,5 inchi. Selanjutnya sambung dengan pipa karet tebal, sampai masuk ke intake manifol.
  9. Pada bagian moncong input/pengisapan turbo, pasang pipa udara suzuki katana  asli,  tambahkan klem dan baut. Sedangkan bagian ujung lainnya sambungkan dengan filter udara suzuki katana,  yang dipasang pada bagian rongga ruangan yang tersedia di bawah aki, lalu lubang filter udara sambungkan lagi ke snorkel.
  10. Langkah selanjutnya rapikan jalur-jalur selang, pipa, kabel-kabel. Periksa semua apakah sudah dalam kondisi bebas, tidak terjepit dan terlipat.
  11. Hidupkan mesin 1 menit lalu matikan, lakukan kontrol  terhadap kebocoran-kebocoran yang mungkin terjadi. Jika sudah sempurna, setel ulang tekanan semprotan solar dan  timing penyemprotan dengan menggeser sudut injektor pump. 
  12. Jika anda ragu dengan ketahanan mesinnya, turunkan tekanan maksimal tiupan turbonya dengan cara mengganjal vakum wastegate memakai ring baut, sehingga tekanan maksimal di bawah 0,8 bar agar lebih aman.

Demikian cara Pasang Turbo Pada Jeep CJ7 Diesel yang tetap ingin irit tapi powernya dapat meningkat.  Semoga bermanfaat

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...
cara mengelola keuangan

Tips Mengelola Keuangan Agar Pengurus Komunitas Otomotif Tidak sering Nombok

Dalam tiap perkembangan organisasi dan komunitas, soal manajemen keuangannya juga mesti diperhatikan. Karena manajemen keuangan amat sangat berpengaruh pada langkah komunitas dan organisasi itu berjalan maju nantinya. Dengan manajemen keuangan yang baik, maka komunitas bisa memiliki potensi… Baca selengkapnya...

Citroën ID, Versi Ekonomis Dari Mobil Paling Berpengaruh Di Dunia Abad Ini

Citroën ID sesungguhnya adalah Citroën DS, yang disederhanakan agar harganya bisa lebih murah. Salah satunya adalah sistem rem hidrolisnya, pada Citroën ID tidak diberi rem hidrolis bertekanan. Pedalnya menggunakan pedal normal, tanpa power steering hidrolis. Transmisinya juga manual standar dengan… Baca selengkapnya...

Digandrungi Karena Desain Bodi yang Trendi

Jajaran mobil keluaran Honda boleh dibilang selalu sukses memikat banyak orang. Selain tampilan bodinya yang modis, roda empat peranakan Honda memang dikenal irit bahan bakar dan memiliki suspensi yang nyaman. Civic merupakan seri keluaran Honda yang sempat meramaikan tren otomotif Indonesia sejak… Baca selengkapnya...

Toyota Corona 2000. Sedan Berkelas Jaman Lawas

Mengulas salah satu sedan mewah medium yang muncul pada zaman kepresidenan Soeharto, nama Toyota Corona 2000 1980 memang tak bisa diabaikan dari jajaran sedan berkelas pada zamannya. Kendaraan ini menawarkan kapasitas mesin yang lebih besar, serta desain bodi yang lebih bongsor dibandingkan… Baca selengkapnya...