TRANSLATE

Tertarik Lakukan Engine Swap, Inilah Spesifikasi Mesin 14B Diesel

Spesifikasi mesin 14B diesel memang tidak diragukan lagi. Bukti performa dan daya tahannya selama puluhan tahun menjadikan mesin andalan Toyota Dyna ini sebagai salah satu mesin favorit dalam proses engine swap.

Engine swap atau tukar mesin merupakan proses pencangkokkan sebuah mesin mobil ke mobil lainnya. Cara ini dapat meningkatkan tenaga mesin mobil yang usianya sudah tua. Tak hanya itu, peremajaan mesin juga menjadi sarana transisi dari mesin berbahan bakar bensin ke mesin diesel berbahan bakar solar atau sebaliknya.

Proses tukar mesin tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain pertimbangan biaya, sebaiknya ketahui pula jenis dan kecocokan mesin dengan mobil Anda. Berikut adalah spesifikasi mesin 14B diesel yang dapat menjadi bahan pertimbangan.

 

 

Kinerja Mesin 14B

Keunggulan spesifikasi mesin 14B diesel terletak pada putaran rpm-nya yang tinggi. Dalam kondisi prima, tenaga yang dihasilkan mencapai 98 hp pada 3.400 rpm dengan torsi 240 Nm pada 1.800 rpm. Semua mesin 14B memiliki pompa injeksi diesel putar.

14B merupakan seri B pertama yang dilengkapi fitur injeksi langsung. Efisiensi mesinnya lebih tinggi dibandingkan beberapa seri lainnya. Kemampuannya berhemat bahan bakar menjadi salah satu keutamaan spesifikasi mesin 14B diesel yang paling dipertimbangkan dalam proses tukar mesin.

Mesin 14B paling cocok dikawinkan dengan mobil-mobil yang membutuhkan kecepatan putaran mesin yang tinggi. Tidak heran jika lantas mesin diesel ini dapat dengan mudah ditemukan pada mobil-mobil bongsor seperti jip dan SUV. Bahkan, ada pula yang menggunakannya sebagai mesin diesel untuk perahu.

 

 

Motor Penggerak Serbaguna

Mesin 14B cocok pada berbagai jenis jip, MPV, hingga SUV berbahan bakar bensin yang ingin beralih ke solar. Besarnya ukuran ruang mesin sangat berpengaruh pada keberhasilan proses tukar mesin. Tak ketinggalan, unit lawas keluaran era 1970-an seperti Toyota FJ40 masih layak mendapatkan engine swap demi meningkatkan tenaga mesin mobil yang sudah terkikis usia.

Uniknya, kegunaan mesin 14B tak berhenti hanya sampai meningkatkan tenaga mesin mobil. 14B ternyata dapat dimodifikasi menjadi mesin diesel untuk perahu. Spesifikasi mesin 14B diesel yang teruji di segala medan membuatnya dianugerahi gelar motor penggerak serbaguna.

Baca juga: Pilihan Mesin Diesel Untuk Toyota Land Cruiser