TRANSLATE

Cara Hemat Untuk Meningkatkan Performa Jeep CJ7 Diesel

Bagaimana caranya menggunakan mobil dengan  mesin kecil tetapi mampu mengeluarkan tenaga besar sesuai kebutuhan seperti jeep CJ7 bermesin isuzu c240  diesel buatan 1982?. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup menerapkan ramuan gardan sebagai berikut:

1.MENGGANTI GARDAN BELAKANG

Gardan belakang Jeep CJ7 tipe T176,  diganti dengan gardan toyota HIACE pickup diesel dengan rasio pinion-ring 7:37. Cara pengerjaannya sebagai berikut:

  1. Lepaskan bantalan per menggunakan gurinda.
  2. Geser bantalan ke arah dalam sebanyak 3 cm. Dengan demikian sumbu roda kiri dan kanan  bertambah 3 centimeter
  3. Tutup lubang baut  roda pada as HIACE, kemudian bubut ulang sesuai ukuran velg CJ7. Pasang kembali baut roda.
  4. Selipkan adaptor setebal 2 inchi dengan baut roda yang menempel pada adaptor
  5. Celah yang tersedia akibat  penggunaan adaptor, gunakan sebagai ruang kaliper rem cakram.
  6. Braket kalipernya harus  dibuat sendiri, menyesuaikan ukuran cakram. Kemudian pasang pada 2 baut penutup bearing as. 

Catatan:

  • Saat memasang  cross joint antara gardan belakan ke asblok (propelent), gunakan asblok asli tidak perlu diutak-atik.  
  • Gunakan crossjoint kombinasi. Pada dua sisi segaris yang melekat asblok cj7 pakai yang asli. sedangkan yang menyambung ke dudukan rumah penyambung HIACE  gunakan mangkuk asli HIACE.
  • Potong crossjoint sebanyak 4 mm pada ujung 2 sisinya ,karena terlalu panjang untuk masuk ke mangkuk asli HIACE.
  • Setelah semua siap, pasang instalasi rem dan pasang velg roda, dengan demikian rangkaian  sumbu belakang sudah selesai.

2. MENGGANTI GARDAN DEPAN

Gunakan gardan yang sama dengan bagian belakang yaitu gardan HIACE. Rasio harus sama agar pada saat menggunakan fungsi 4 x 4, tidak terjadi efek tolak menolak antara roda belakang dengan depan. Berbeda dengan penggantian gardan belakang, tak perlu mengotak-atik bagian rem, karena pada gardan depan sudah dilengkapi cakaram bawaan pabrik. Yang perlu dilakukan adalah me-reinforce gardan HIACE, caranya:

  1. Bongkar gardan, lepaskan semua bagiannya hingga tertinggal sumbunya saja.
  2. Potong lengan bagian kiri dan kanan tepat di samping rumah girboks, kombinasikan dengan mengadopsi bonggolan tengah girbok HIACE. Agar presisi, proses pengelasan harus dilakukan oleh ahlinya menggunakan elektrode las dari bahan carbon.
  3. Kemudian potonglah sumbu depan baik bagian kanan ataupun kiri, mulai dari pada bagian tengah hingga ujung gigi yang masuk ke girboks.
  4. Lanjutkan dengan menyambungnya  dengan as/sumbu HIACE agar bisa masuk ke girboks.Perhatikan presisinya, agart sama dengan lebar gardan belakang serta  harus kuat dan tidak mudah patah.

Catatan:

  • Pada saat pemotongan lengan kanan dan kiri, perhatikan rencana penempatan bantalan per/pegas daun dan juga ruang main bebas pada rongga di bawah mesin sehingga pada saat pemasangan per tidak miring pada braketnya tetapi juga tidak membentur carter mesin.
  • Mengingat ukuran as cj7 lebih kecil, jika sudah disambung dengan as HIACE maka oliseal pada bambu gardan reinforce juga harus dibuat sendiri. Pesan pada ahlinya dengan menggunakan bahan silikon.
  • Jangan lupa penyambungan asblok/propelent ke transfercase memodifikasi crossjoint seperti yang sudah dilakukan pada gardan belakang. Setelah selesai rangkai kembali dan gardan reinforce sudah siap.

Dengan selesainya penggantian gardan depan dan belakang maka torsi yang dihasilkan sudah berubah dengan rasio 7:37 sehingga akselerasi sudah semakin ringan/cepat dan di tanjakan akan sangat terasa bedanya.

Sumber: jeep99.blogspot.com