Cikal Bakal Datsun GO Yang Menjadi Incaran Para Penggemar Mobil Klasik

Anak muda ‘jaman now’ bisa jadi mengenal Datsun GO sebagai salah satu mobil ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).  Namun, menengok ke belakang, Datsun zaman dulu ternyata masih banyak dicari penggemar mobil kuno. Mesin Datsun klasik terbilang tangguh alias bandel. Hal itu juga yang membuat Datsun dulu terbilang laris. Dalam kondisi mati saja, kini bisa dihargai sekitar Rp 30 juta-Rp 40 juta. Apalagi jika dalam kondisi bagus dan sudah dimodifikasi, harganya bisa dibanderol sekitar Rp 100 jutaan.

Kira-kira cikal bakal Datsun GO tipe mana saja yang pernah jadi ‘raja’ jalanan di Indonesia pada masanya? Yuk, nostalgia dulu.

 

 

DATSUN 120 Y (B210)

pendahulu datsun go b210Mobil generasi ketiga Nissan Datsun Sunny ini dikenal sebagai armada President Taxi di era 1970an. Alasannya jelas karena hemat bahan bakar (diluncurkan di saat dunia mengalami krisis minyak pada 1973). Mobil ini dikenal memiliki mesin yang tangguh.

Ketenaran Datsun yang kerap disebut Datsun Bungkuk atau Pe Ji Way di beberapa wilayah Tanah Air ini juga mencapai Eropa dan Amerika. Mobil ini pun menjadi saingan ketat Toyota Corolla.

Suku cadang (spare part) mobil ini masih lumayan mudah didapat dan murah terutama part mesin. Namun, untuk bagian yang berkaitan dengan bodi jelas sudah agak sulit.

 

 

DATSUN BLUEBIRD 510

pendahulu datsun go 510Nenek moyang Datsun Go ini adalah salah satu mobil legendaris yang diekspor Jepang dengan nama Datsun 1600 atau Datsun 510. Mobil ini diproduksi daritahun 1968 hingga 1973. Jika kita lihat desainnya, agak mirip dengan mobil kuno Eropa.

Oleh karena itu, mobil ini pun sempat dijuluki BMW-nya orang miskin (Poor Man’s BMW). Ya, julukan ini maklum jika disematkan, mengingat sedan pabrikan Jerman masih dianggap sebagai mobilnya orang kaya.

Datsun 510  tergolong mobil yang laris saat itu. Di Amerika saja, mobil ini terjual 45.000 unit di tahun pertama. Sementara di seluruh dunia,mobil init erjual 400.000 unit.

Mesinnya menggunakan 4 piston segaris dari keluarga mesin L dan J. Kapasitasnya beragam dari 1.3L-1.8.L dengan tenaga 67-105 hp. Tipe mesin L ini punya keunggulanya, yaitu partnya bisa dibongkar pasang.  Oleh karena itu, mesinnya bisa di-upgrade bahkan hingga 2.0 L.

 

 

DATSUN GN620

pendahulu datsun go gn 620Nah,ini adalah saudara tua dari Datsun GO, merupakan pickup pertama Datsun yang diproduksi pada 1972 di Jepang. Tipe ini adalah generasi keempat Datsun small truck yang sudah ada sejak 1955.

Khusus untuk pasar Indonesia, Datsun GN620 hadir dalam bentuk sasis panjang dan pendek. Awalnya tipe ini ada dalam bentuk pickup. Nah, lalu muncul-lah Datsun 620 station wagon buatan karoseri lokal.

Datsun 620 ini terkenal tangguh dan mesinnya memang ‘juara’, terutama seri yang bermesin 1500 cc. Mobil ini memang dibuat untuk bisa mengangkat barang berat, bukan buat ngebut! Wajar saja jika dunia usaha di eranya, mengandalkan mobil yang saat ini sudah jarang ditemui ini.

Tahun 1983, Nissan tidak menggunakan nama Datsun lagi pada pickup ini.. Generasi kelima Datsun truck bernama Nissan 720, kemudian hadir juga Nissan Frontier dan Nissan Navara.

 

 

DATSUN 120Y (B310)

pendahulu datsun go b310

Tipe ini adalah kelanjutan dari B210, diproduksi antara 1977-1981. Untuk ekspor, namanya menggunakan Datsun 210 atau Datsun 120Y, 140Y, dan 160Y (dilihat kapasitas mesinnya). Datsun 310 adalah Nissan Sunny terakhir dengan nama Datsun. Setelah 1981, Nissan kembali menjual mobil dengan namanya termasuk Nissan Sunny.

 

Demikian beberapa seri Pendahulu Datsun GO, yang populer di Indonesia. Apakah Anda berminat meminang salah satu diantaranya?