Loading...
en

Nostalgia dengan Datsun 520 dan 521, Pick Up Legendaris Produk Jepang

Generasi kelahiran 1990-an ke atas tentu akan sangat familiar dengan merek Nissan. Ya, pabrikan Jepang satu ini memang banyak memililki seri mobil yang mengaspal jalanan Indonesia.  Grand Livina dan Juke barangkali dua seri buatan Nissan yang nama dan bentuknya sangat populer di kalangan masyarakat, termasuk kawula muda. Namun, tahukah Anda jika di masa lalu Nissan pernah melegenda dengan pick up buatannya? Melompat jauh ke belakang, pada dekade 1960-an, Nissan pernah melahirkan Datsun 520 Series yang kemudian menjadi kendaraan angkut cukup legendaris di eranya.

Adalah duo Datsun 520 Series kelahiran 1965 dan 1968 yang menjadi penerus dari Datsun 320. Ditengarai Datsun 520 merupakan seri yang lebih dulu masuk ke Indonesia.  Tipenya ada beberapa, diantaranya tipe single cab short wheelbase berkode 520 dan single cab long wheelbase dengan kode G520. Model tersebut merupakan yang paling banyak dijumpai di Tanah Air.

Selain itu, terdapat pula tipe lain, yaitu V520 yang merupakan Datsun 520 berbentuk van dan U520 yang hadir sebagai pick up double cabin. Pada bagian belakang fender depan, terdapat emblem yang menerangkan mesin yang diusungnya. Emblem tersebut bertuliskan ‘Datsun 1300’ dan Datsun 1500’, masing-masing sesuai kapasitas mesin yang disungginya. Tulisan Datsun 1300 menunjukan mobil tersebut memilki kapasitas mesin 1300 cc, sedangkan emblem Datsun 1500 menjadi penanda bahwa mobil itu disokong mesin 1500 cc.

Sebelum membongkar dapur pacunya, kita nostalgia dulu dengan bentuk Datsun 520 Series yang unik. Saat pertama kali melenggang, Datsun Truck memiliki nama Datsun 520. Lampu bulat berjumlah 2 buah menjadi ciri utama bagian depan mobil ini. Lampu sein bagian depan juga khas, terdapat di lengkungan dekat fender depan, tepatnya di bawah lampu depan. Model demikian itu, muncul antara tahun 1965 hingga 1966 saja.

Selanjutnya, ‘bokongnya’ tampak menonjolkan bagian mobil barang ‘jaman old’, dengan bak standard dan lampu belakang yang memanjang di bawah dan dipisahkan oleh plat nomer yang berada di bawahnya. Seolah ingin menunjukan ‘siapa dirinya’, di bagian tutup bak belakang terdapat emblem bertuliskan ‘Datsun’ dengan ukuran yang cukup besar.

Nah, untuk seri buatan 1968 hingga 1972, Datsun 520 mengalami facelift yang cukup signifikan. Hal ini tampak pada bagian depannya yang memiliki bonnet lebih rata juga memiliki fender depan dan grill baru. Versi facelift inilah yang kemudian dikenal dengan nama Datsun 521.

Beranjak dari ‘wajah’. kita intip ‘jeroan’ Datsun 520 series. Bicara soal mesin, Pickup Datsun 520 Series ini menggunakan mesin Nissan J Series denan 4 silinder. Untuk seri berkapasitas 1300 cc menggunakan mesin seri mesin Nissan J13, sedangkan untuk mesin berkapasitas 1500 cc memakai mesin Nissan J15. Meski berbeda seri, kedua seri mesin itu kompak menggunakan konfigurasi OHV 8 Valve, di mana bakan bakar disemprotkan melalui karburator.

Soal tenaga, mesin J13 diklaim mampu menghasilkan tenaga 67Hp, sedangkan J15 lebih kuat ‘menendang’ dengan tenaga mencapai 76Hp. Di luar seri yang diulas di atas, sebenarnya Datsun 520 Series juga ada yang mengusung mesin berkapasitas 1600 cc. Varian ini menggunakan mesin L16, seperti halnya pada Datsun 160J SSS. Namun, ‘spesies’ ini cukup langka. Mobil tersebut juga masih menggunakan transmisi manual dengan 4 percepatan.

Sekian dulu ulasan tentang dua Datsun 520. Sekedar untuk bernostalgia bahwa mobil ini pernah ada, meski keberadaanya mulai ‘punah’.

Di tag dibawah

 

 ------------------------------------------

Tak Perlu Daftar ataupun Login, jadwal Kegiatan Komunitas Motor Trail di seluruh Indonesia, kini dapat dilihat dengan mudah melalui Aplikasi Android IAC

 ------------------------------------------

 
 
promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS!  Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227. 

 

Honda Accord Elegance SM

Begini Lho Spesifikasi Honda Accord Elegance SM

Mobilretroklasik.com kembali akan mengajak Anda mengulik mobil lawas. Kali ini, giliran sedan Honda era 1970an akhir yang akan ‘dibedah’. Adalah Honda Accord Elegance SM yang akan diulik spesikasinya kali ini. Honda Accord Elegance SM hadir di Indonesia pada 1978. Kehadirannya di Tanah Air cukup menjadi angin segar setelah sebelumnya Honda di Indonesia hanya menghadirkan sedan tanpa buntut alias hatchback. Baca Selengkapnya...

Toyota Land Cruiser, the Upsides and Downsides of the Classic Hardtop Auto & Car

In Indonesia, especially around Mount Bromo, you will easily find a Toyota Land Cruiser all around you. This land cruiser hardtop is definitely an auto & car of choice for adventurous activities like exploring the difficult terrain around the mountain. This is because of some of the obvious reasons such as its high power. However, this car also presents some downsides too.