Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Kabar Gembira Bagi Penggemar VW Dengan Transmisi Manual

Beberapa pengguna mobil, ternyata lebih menikmati cara berkendara dengan mengganti gigi secara manual, itu sebabnya Volkswagen (VW) akan terus membuat mobil transmisi manual disamping transmisi otomatis. Pernyataan tersebut  disampaikan oleh Kepala Teknologi VW, Matthias Rabe pada tanggal 23 Maret 2020.

Secara tegas ia mengatakan VW akan terus mempertahankan transmisi manual pada setiap produknya. Di antara jajaran mobil VW yang tersedia dengan pilihan transmisi manual adalah New Golf GTI, yang dihadirkan bulan lalu berbarengan dengan varian mesin diesel dan PHEV, serta model GTD dan GTR.

Semuanya ditawarkan dengan pilihan transmisi manual enam kecepatan sebagai opsi standar. Volkswagen (VW) Golf adalah hatchback berpenggerak roda depan yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974. Mobil yang diberi nama VW Golf MK1 memiliki beberapa sebutan seperti VW Rabbit (Amerika Serikat) sampai VW Caribie (Meksiko).

Dirancang Giorgetto Giugiaro dari rumah desain Italdesain Giugiaro, VW Golf MK1 dimaksudkan sebagai generasi penerus dari VW Beetle. Kemudian pada perkembangannya juga dibuat versi pickup dan cabrioletnya.

VW Golf dengan kode internal Typ 17, dibangun diatas platform Volkswagen Group A1. Pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1978 melalui ATPM VW saat itu, Garuda Mataram Motor.  Harganya sekitar 6,5 sampai 7 juta rupiah. Cukup mahal, karena sedan sekelas Corolla saja harganya hanya 4 juta. 

Mobil ini hanya hadir antara tahun 1978 sampai akhir 1978 atau awal 1979 sebelum akhirnya ATPM Volkswagen di Indonesia saat itu, Garuda Mataram Motor kolaps menjelang pada tahun 1980an.

Ada sekitar 2000 unit VW Golf generasi pertama yang masuk ke Indonesia yaitu Golf S dan versi yang lebih mahal yaitu Golf LS dengan perbedaan ada pada aksesori yang digunakan seperti list bodi, interior dan lis kaca. 

Mesin yang digunakan yaitu jenis 4 silinder SOHC 2 valve per silinder, berpendingin cairan berkapasitas 1600cc, menggunakan karburator. dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 84Hp pada 5600Rpm dan torsi 125Nm pada 2800Rpm.

Cukup bertenaga walau belum seberapa jika dibandingkan GTi, yaitu versi sport dari VW Golf yang diperkenalkan di Frankfurt Motor Show pada tahun 1975.

Mesin yang digunakan Golf GTi ini hampir mirip dengan Golf yang masuk ke Indonesia, yaitu Volkswagen EA827 engine family SOHC 8 valve dengan kapasitas mesin 1600cc juga. Bedanya, Golf GTi ini memakai injeksi K-Jetronic yang membuatnya mampu menghasilkan tenaga sampai 109Hp, sangat besar di jamannya.

Perpaduan mesin bertenaga besar dengan bodi hatchback mungil dan ringan seperti  Golf GTi nantinya dikenal dengan sebutan Hot Hatch yang sangat populer di daratan Eropa dan Inggris Raya khususnya.

Bagaimana pendapat anda tetap pilih mobil transmisi manual atau mau beralih yang otomatis karena lebih praktis? 

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia