Asal Nama Toyota Kijang Buaya yang Legendaris

Penggemar mobil klasik pasti sudah akrab dengan nama-nama mobil Kijang era 1970-an hingga 1980-an. Salah satu varian yang tersohor adalah Kijang generasi pertama yang punya julukan “buaya”. Tentu Anda penasaran dengan asal muasal nama Toyota Kijang Buaya yang legendaris.

Meski mobil Kijang generasi pertama yang memiliki nama resmi Kijang KF10 sudah tergolong mobil klasik, tapi julukannya tidak pernah berubah. Sekilas tidak ada yang aneh dengan nama-nama binatang pada merek mobil. Namun, Kijang Buaya tetap terdengar unik lantaran menggabungkan dua nama binatang yang tidak berkaitan satu sama lain.

Menelisik asal nama Toyota Kijang Buaya tentu tidak terlepas dari awal pembuatan serta filosofi yang melahirkan Kijang Generasi Pertama.

 

 

Bukan Nama Hewan

Orang awam akan mengira nama Kijang merujuk pada hewan endemik Indonesia yang merupakan kerabat rusa. Dugaan tersebut tidak salah, sebab pada salah satu model Kijang terdapat logo siluet Kijang dengan ciri khas tanduk yang mekar.

Toyota sebagai prinsipal Jepang yang melahirkan Kijang memang dikenal suka memakai nama-nama hewan lokal di jajaran mobil klasik. Salah satunya adalah Toyota Tamaraw yang diluncurkan di Filipina tahun 1976.

Namun, ternyata Kijang bukan sekedar nama hewan. Menurut laman resmi Gaikindo, nama “Kijang” merupakan akronim dari “Kerjasama Indonesia-Jepang”. Mantan Presiden Jusuf Kalla yang mencetuskan nama itu saat masih menjabat CEO perusahaan distributor Toyota di Indonesia, NV Hadji Kalla.

Ketika pertama kali diluncurkan, Kijang Generasi Pertama tidak memiliki logo Kijang. Setelah Kijang diakui performanya, orang-orang mulai menyamakannya dengan binatang Kijang yang terkenal punya kecepatan tinggi. Demikian asal nama Toyota Kijang Buaya pun semakin teraosiasi dengan nama hewan.

 

 

Mirip Mulut Buaya

Asal sebutan “buaya” pada Toyota Kijang Buaya sendiri cukup sederhana. Unit ini merupakan mobil pikap lokal pertama yang mesinnya berada di hidung mobil. Saat kap mesin terbuka, tampilan mobil klasik ini terlihat mirip dengan mulut buaya yang sedang menganga. Siluet hewan buaya semakin terlihat jelas dari samping dengan bagian bak mobil sebagai ekornya.

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu Anda sudah tidak penasaran lagi dengan asal nama Toyota Kijang Buaya yang legendaris.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...
Honda GL Tetap Eksis

Honda GL, Motor Sport yang Tetap Eksis

Membicarakan tentang sepeda motor yang beredar di Indonesia, merek Honda tak bisa ditanggalkan. Tak dipungkiri, pabrikan Jepang ini memang bisa dikatakan ‘rajanya’ pasaran motor di Tanah Air. Sejak dulu hingga kini, seri yang dikeluarkan merek ini terbukti laris manis, tak peduli apakah model… Baca selengkapnya...

Thames Trader, Primadona Di Tahun Enam Lima

Truk atau masyarakat jaman dulu menyebutnya sebagai prahoto, adalah adalah jenis kendaraan yang berguna untuk mengangkut barang, dengan ukuran, bentuk dan tenaga yang lebih besar dibandingkan mobil penumpang. Truk juga sering disebut sebagai mobil barang. Baca selengkapnya...
rekor muri ppmki

Sukses Pamerkan 1500 Kendaraan Klasik, PPMKI Bali Sabet Rekor MURI

Rekor MURI kembali dipecahkan. Kali ini bersumber dari sektor otomotif. Adalah Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI) Provinsi Bali yang sukses menorehkan rekor tersebut berkat keberhasilannya memamerkan 1500 kendaraan klasik. Pameran terbesar yang pertama kali digelar di Pulau Dewata… Baca selengkapnya...

Toyota Corolla DX, Mobil Legenda dengan Harga dan Performa yang Masih Terjaga

Ada sejumlah asumsi yang dipatahkan oleh Toyota Corolla DX tentang pandangan umum terkait mobil retro. Pertama tentang performa mobil retro yang diasumsikan mobil rongsok yang gampang rusak dan mogok serta sulit untuk mencari suku cadangnya. Corolla DX tidak seperti asumsi tersebut. Meski sudah… Baca selengkapnya...