×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 301

TRANSLATE

en English

Bicara Mobil Offroad Legendaris, Toyota Land Cruiser 40 Series Adalah Jawaranya

Seri 40  adalah generasi ketiga dari mobil Land Cruiser yang dibuat oleh Toyota Motor Corporation. Dibandingkan dua seri sebelumnya, seri ini memiliki rentang waktu produksi yang cukup lama, yakni mulai tahun 1960 hingga 1984. Dari segi bodi, Toyota Land Cruiser 40 atau biasa disebut FJ40 atau BJ40,  menggunakan desain model dua pintu.

Adapun model yang ditawarkan cukup bervariasi, yaitu  wheelbase pendek untuk FJ40/41/42, wheelbase sedang untuk FJ43/44/46, dan wheelbase panjang untuk FJ45/47. Untuk mesinnya tersedia 2 jenis yaitu bensin dan diesel.

Kehadiran Land Cruiser J40 sangat  sukses di pasaran. Pada  tahun 1965, Land Cruiser berhasil menjadi mobil Toyota yang paling laris di wilayah Amerika Serikat. Penjualan pun terus meningkat dan tersebar luas di seluruh dunia.

FJ40/41/42

FJ40 dirancang dengan dua buah pintu dengan penggerak 4 roda (4x4). Namun, untuk pasar kawasan Timur Tengah tersedia FJ42 dengan penggerak 4x2. Secara umum mesin yang digunakan pada FJ40/41/42 mengggunakan bahan bakar bensin. Baru pada tahun 1974, FJ40/41/42 juga tersedia pilihan mesin diesel sebelum akhirnya seri 40 ini diganti dengan seri FJ70 di tahun 1984.

FJ43/44/46

Dari beragam model mobil pada Land Cruiser 40 Series, model ini boleh dibilang yang paling menarik dan langka . Tetap dengan model dua pintu dengan pilihan atap soft-top dan hardtop.

FJ45/47

Model ini menggunakan wheelbase panjang, ditawarkan dalam banyak varian, antara lain: dua pintu dengan atap hardtop, dua pintu pickup, dan empat pintu tipe station wagon. Khusus untuk tipe station wagon. masa hidupnya dapat dikatakan paling pendek karena digantikan oleh FJ55G/V di tahun 1967.

SERI BANDEIRANTE

Masih dalam keluarga seri 40, Land Cruiser juga menghadirkan BJ50 atau BJ50 series. Land Cruiser yang satu ini khusus diproduksi dan dijual di Brasil saja. Model ini sebenarnya merupakan generasi kedua yang hadir sejak tahun 1968. Adapun generasi pertama Bandeirante bersamaan dengan seri FJ25 yang ada pada periode 1962 sampai 1968.

Model awal Bandeirante seri 40 menggunakan mesin diesel pabrikan Mercedes Benz dengan daya 78 hp dan mesin diesel Toyota 14B. Variasi mobil ini pun cukup beragam, mulai dari canvas top, hardtop dengan wheelbase pendek dan menengah, dan pickup double cab alias cabina dupla.

Bagi pecinta SUV, utamanya para penggemar ‘senior’, banyak yang menyukai  Toyota Land Cruiser model FJ40, atau yang di Indonesia lebih akrab disapa Hardtop.

Ternyata tak hanya di Indonesia, Toyota Land Cruiser FJ40 juga digemari di sekuruh di dunia. Contohnya di Amerika Serikat, sampai hari ini ternyata banyak juga orang yang ingin memiliki mobil ini. Tapi sayangnya, kebanyakan kondisi FJ40 sudah tidak layak pakai karena dimakan usia. Oleh sebab itu banyak yang ingin merestorasinya.

Maka tak heran jika banyak perusahaan atau bengkel restorasi mulai naik daun. Salah satunya adalah FJ Company. Perusahaan ini didirikan pada  tahun 2010 silam, oleh dua bersaudara Juan Diego Calle dan Nelson Calle.

Keduanya memang memiliki memori yang sangat indah dengan FJ40 milik sang kakek. Ketika kecil, mereka sering diajak bepergian menggunakan mobil tersebut. Hingga suatu hari ketika kakeknya meninggal, dari situlah mereka pun berencana untuk restorasi FJ40 tahun 1982 peninggalan sang kakek serta membantu para pecinta mobil ini FJ40 dengan mendirikan FJ Company.

Konsumen hanya perlu memilih model yang disediakan sesuai selera. Ada FJ25 yang merupakan generasi pertama, FJ40, FJ43, FJ45 long chassis, BJ46 (Diesel), FJ45 station wagon, dan FJ45 pick up. Atapnya pun tersedia dalam pilihan hardtop dan softop menggunakan kanvas.

Menggunakan Fitur Modern

Proses restorasi yang dilakukan oleh FJ Company bisa dibilang sangat luarbiasa.. Karena semua komponen diganti part baru, bahkan ditambahkan fitur baru nan modern. Contohnya,  fitur ABS, transmisi otomatis, digital cluster, head unit bluetooth, sound system, traction control, hingga differential locker.

Semua pengerjaan dibuat sepresisi mungkin dengan detail yang sangat akurat. Bahkan konsumen juga bisa memilih menggunakan komponen baru sesuai part number yang dikeluarkan oleh Toyota.

Mesin, Suspensi Dan Interior

Mesin yang digunakan  juga bisa dipilih seuai sesuai selera konsumen. Mulai dari mesin asli 2F, atau memakai mesin 1GR-FE yang dipakai oleh Toyota FJ Cruiser dengan kapasitas 3.956 cc, V6. Mesin itupun juga masih bisa dimodifikasi lagi sesuai keinginan konsumen. Luar biasa!

Demikian juga dengan bagian kaki-kaki, dapat dipesan sesuai keinginan konsumen. Mulai dari pilihan standar hingga suspensi ala balap. Semua tersedia!.

Bukan hanya itu, sektor interior juga digarap dengan apik dengan berbagai pilihan. Mau interior ala orisinal dengan bahan kulit aslinya? Mau model sport seat Recaro dengan dilapis kulit berkualitas bagus? Mau model sportscar mewah? Semua bisa!

Hal- itulah  yang membuat FJ Company langsung menjadi perusahaan terkenal khusus membangun Toyota Land Cruiser FJ Series.

Baca juga: Pilihan Mesin Diesel Untuk Toyota Land CruiserKlik Disini

MOBIL NEGARA EROPA

Jika Dulu Harganya Kompetitif, Mobil Peugeot 604 SL Dipastikan Akan Merajai Pasar

Peugeot 604 SL merupakan salah satu mobil kuno yang sulit ditemui di Indonesia dan juga di seluruh penjuru dunia. Jika ditemui, kondisi mobil Peugeot 604 SL biasanya hancur dan ditelantarkan oleh pemiliknya atau menjadi koleksi dari para pecinta mobil Peugeot. Sedikitnya populasi dari mobil ini, karena selama masa produksi yakni dalam kurun waktu antara tahun 1975 sampai dengan tahun 1983, angka penjualan Peugeot 604 SL memang tergolong rendah. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Peugeot 504… Baca selengkapnya...

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

LUV, Sebenarnya Bukan Pikap Produk Asli Chevrolet

Kata ‘LUV’ pada Chevrolet LUV, sebuah merk mobil model pikap yang dipasarkan di era 70-an hingga 90-an, adalah kepanjangan dari ‘Light Utility Vehicle’. Namun tahukah anda jika pikap ini bukan sepenuhnya produk resmi Chevrolet, melainkan hasil rebadge dari merk lain. Baca selengkapnya...
  • 31

    Dijual Jeep CJ 5 Tahun 1966

    Other body style Barang hobby, Rare items, mobil sehat Jarak yang sudah ditempuh 60.000 kilometer, Kilometer asli 62880 Tangan Pertama, exterior dan interior full ori LHD (Stir Kiri) 4 cylinder, 2200cc, 4wd Plat D (tax inactive 2010), Bpkb & stnk komplit Ban Extragrip Baru Canvas Baru Oli Baru Sistim pengereman bagus Temperatur normal Lokasi di Jakarta

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 80

    Dijual Holden Premier HQ 1972

    AC,PS HIDER 123 AUDIO 202 ENGINE AUTOMETIC TH180 INTERIOR FULL MBTEHC POWER WINDOW SURAT LENGKAP TEMBUS PAJAK HIDUP ATAS NAMA SENDIRI PLAT AG KEDIRI VELG RIDLER R15 7-8 BAN BARU INDIKATOR SPIDO ON SMUA AKI BARU HARGA 155 NEGGO SAMPAI JADI

MOBIL BUATAN JEPANG

Begini Spesifikasi Kijang Doyok, Generasi Penerus Kijang Buaya

Dari empat prinsipal mobil nasional era 70-an, hanya tinggal Toyota yang berhasil bertahan dan berkembang. Hasil dari pengembangannya itu melahirkan Kijang Generasi Kedua atau yang biasa disebut Kijang Doyok sebagai penerus Kijang Buaya. Spesifikasi Kijang Doyok juga tidak sembarangan karena sempat mendapat banyak ubahan hanya dalam kurun 5 tahun. Baca selengkapnya...
  • 34

    Dijual Suzuki Marvia Indomobil

    Sejarah transportasi Indonesia. Kondisi orisinil sesuai keliatan pabrik. Mesin hidup. Surat lengkap bpkb stnk tangan ke 2 ex PT. JARUM INDONESIA. Pajak telat. Lokasi mobil di Surabaya. Harga 125jt.