Loading...
en

Bicara Mobil Offroad Tangguh, Toyota Land Cruiser 40 Series Adalah Jawaranya

Toyota Land Cruiser 40 Series merupakan generasi ketiga dari mobil Land Cruiser yang dibuat oleh Toyota Motor Corporation. Dibandingkan dua seri sebelumnya, seri ini memiliki rentang waktu produksi yang cukup lama, yakni mulai tahun 1960 hingga 1984. Dari segi bodi, Toyota Land Cruiser 40 atau yang juga lebih sering disebut J40 umumnya menggunakan desain model dua pintu. Sepintas, rupa mobil ini mirip dengan Jeep CJ, tetapi ukurannya sedikit lebih besar.

Adapun model mobil yang tersedia cukup bervariasi, yakni model wheelbase pendek untuk J40/41/42, wheelbase sedang untuk J43/44/46, dan wheelbase panjang untuk J45/47. Mesinnya sendiri ada yang menggunakan bensin dan diesel.

 

 

Model Toyota Land Cruiser J40

Kehadiran Land Cruiser J40 dapat dibilang cukup sukses di pasaran. Bahkan di tahun 1965, Land Cruiser berhasil menjadi mobil Toyota yang paling laris di wilayah Amerika Serikat. Penjualan pun terus meningkat dan tersebar luas di seluruh dunia.

 

FJ40/41/42

Toyota hardtop FJ40 berikut model kerangka soft-top dirancang dengan dua buah pintu daan berpenggerak 4 roda (4x4). Namun, pada FJ42 yang dibuat khusus untuk pasar kawasan Timur Tengah, bodinya menggunakan penggerak 4x2.

Secara umum mesin yang digunakan pada mobil FJ40/41/42 adalah bensin. Barulah di tahun 1974, J40/41/42 juga dihadirkan dalam pilihan mesin diesel sebelum akhirnya tergantikan oleh kehadiran seri J70 di tahun 1984.

FJ43/44/46

Dari beragam model mobil pada Land Cruiser 40 Series, model ini boleh dibilang yang paling menarik. Kendaraan roda empat ini memiliki gardan ganda dan model dua pintu yang sangat langka, dengan pilihan kerangka atapnya adalah soft-top dan hardtop.

FJ45/47

Model wheelbase panjang ini berupa mobil roda empat yang dihadirkan dalam cukup banyak variasi: dua pintu dengan atap hardtop, dua pintu dengan desain pickup, dan empat pintu dengan tipe station wagon. Khusus untuk yang terakhir, boleh dibilang masa hidupnya yang paling pendek di antara rangkaian seri J40 lainnya meski kemudian digantikan oleh FJ55G/V di tahun 1967.

Seri Bandeirante

Masih dalam keluarga seri 40, Land Cruiser juga menghadirkan BJ50 atau BJ50 series. Land Cruiser yang satu ini khusus diproduksi dan dijual di Brasil saja. Model ini sebenarnya merupakan generasi kedua yang hadir sejak tahun 1968. Adapun generasi pertama Bandeirante bersamaan dengan seri J25 yang ada pada periode 1962 sampai 1968.

Model awal Bandeirante seri 40 menggunakan mesin diesel pabrikan Mercedes Benz dengan daya 78 hp dan mesin diesel Toyota 14B. Variasi mobil ini pun cukup beragam, mulai dari canvas top, hardtop dengan wheelbase pendek dan menengah, dan pickup double cab alias cabina dupla.

Cikal Bakal Datsun GO Yang Menjadi Incaran Para Penggemar Mobil Klasik

Anak muda ‘jaman now’ bisa jadi mengenal Datsun GO sebagai salah satu mobil ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Namun, menengok ke belakang, Datsun zaman dulu ternyata masih banyak dicari penggemar mobil kuno. Mesin Datsun klasik terbilang tangguh alias bandel. Hal itu juga yang membuat Datsun dulu terbilang laris. Dalam kondisi mati saja, kini bisa dihargai sekitar Rp 30 juta-Rp 40 juta. Apalagi jika dalam kondisi bagus dan sudah dimodifikasi, harganya bisa dibanderol sekitar Rp… Read More...

Mobil Peugeot J7 dan Jasanya Sebagai Alat Penyebarluasan Informasi di Indonesia

Dibuat di Chausson, Perancis, mobil Peugeot J7 merupakan generasi penerus dari D4 yang diproduksi dalam kurun waktu 15 tahun, tepatnya sepanjang tahun 1965 – 1980 dengan jumlah produksi sebanyak 336.220 unit kendaraan, sebelum akhirnya dihentikan dan diganti dengan Peugeot J9. Mobil kuno jenis komersial ringan dengan penggerak roda depan kecil ini dibuat dalam beberapa versi yaitu minibus, panel van dan pick up. Read More...

Apakah Spare Part Mobil Mitsubishi Lancer SL Susah Didapat?

Mitsubishi Lancer merupakan salah satu sedan keluaran generasi kedua dari keluarga Lancer yang diproduksi pada tahun 1979 hingga 1984. Walaupun spare part mobil Mitsubishi Lancer SL lebih susah didapat dibandingkan dengan mobil keluaran Toyota, keberadaannya disebut-sebut sebagai pesaing utama dari Toyota Corolla DX yang sama-sama digandrungi sebagai sedan favorit drifting kawula muda. Read More...

Hotrodiningrat, a Community for Classic American Car Lovers

A Classic American Car Lovers Based in Yogyakarta - People with similar interest tend to get along very quickly and gather around to express their interest. This is when a community usually formed, one of which is the car lovers community. In Yogyakarta, you will find a unique automotive community that calls themselves the Hotrodiningrat. So, what is so unique about this community? Read More...