Jeep Willys, Kendaraan Perang yang Kini Menjelma Jadi Kendaraan Offroad Tour Adventure

Bicara soal Jeep, Anda pasti setuju kalau menyebutnya sebagai salah satu kendaraan offroad tangguh. Hal ini memang tidak bisa dipisahkan dari awal sejarah kemunculan Jeep itu sendiri. Jeep lahir di era perang, tak mengherankan jika ia pun menjadi begitu kuat, tangguh dan siap menghadapi segala medan pertempuran. Diantara banyak seri Jeep, Willys adalah seri yang paling legendaris.

Membicarakan Jeep Willys bahkan tak bisa terpisah dari membicarakan Perang Dunia Kedua. Menariknya, meski di awal kemunculannya hadir sebagai kendaraan perang, kini Jeep Willys menjelma menjadi kendaraan offroad tour adventure.

Jeep Willys adalah mobil hasil rancangan Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company. Hadir sebagai Jeep khusus, Willys merupakan seri yang diminta oleh Pemerintah Amerika Serikat (AS) sebagai kendaraan perang kala Perang Dunia ke-2. Kala itu, Angkatan Darat AS memesan kendaraan tempur ringan sebagai pengganti Ford T pada 1940. Mobil pengganti itu wajib memiliki spesifikasi daya angkut hingga 272 kilogram.

Tak hanya itu, persyaratan lain yang tak bisa ditawar-tawar adalah keberadaan ground clearance kurang dari 914 milimeter, memiliki bobot 590 kilogram serta memiliki sistem penggerak empat roda. Tentu saja, penggunaan sistem penggerak ganda tersebut dimaksudkan agar kendaraan bisa melibas berbagai medan offroad. Jeep Willys pun akhirnya mulai diproduksi mulai 1941. Sejak tahun tersebut hingga sebelum berakhirnya perang kedua, Jeep Willys yang berhasil dibuat mencapai 359.851 (Wikipedia).

Mobil tersebut diperkuat dengan mesin M38A1 4 silinder 60 Tk dan memiliki transmisi manual 3 percepatan dan dua percepatan transfercase belakang. Untuk ukuran mobil tua, Jeep Willys terbilang masih sangat kuat. Willys pun siap diajak melaju hingga kecepatan 100km.

Sementara itu, diantaranya banyak mobil unit Jeep Willys yang diproduksi kala itu, terdapat satu unit yang begitu istimewa. Keistimewaan ini bukan terletak pada spesifikasinya, melainkan karena sejarah pemakaiannya. Adalah Jeep Willys Dwight Eisenhower yang merupakan hibah dari rakyat Skotlandia untuk digunakannya saat offroad mengunjungi Culzean Castle of pantai barat Skotlandia.

Dwight Eisenhower sendiri adalah presiden Amerika Serikat ke-34 sekaligus panglima tertinggi pasukan sekutu di Eropa. Dengan demikian, ia terbilang memiliki peranan yang krusial dalam Perang Dunia Kedua. Digunakan oleh orang istimewa, sudah pasti Jeep Willys yang satu ini juga ditawarkan dengan harga tak biasa. Penjualan mobil  offroad ini sempat membuat heboh dunia maya pada 2014 silam. Kala itu, Jeep  Willys tersebut ditawarkan di situs penjualan eBay.

Merujuk pada iklan yang pernah beredar di internet, Jeep Willys yang pernah digunakan oleh Eiesenhower pada 1943 silam saat tengah memimpin pasukan sekutu Eropa untuk menginvansi Jerman itu, mencari pemilik baru. Si pemilik mobil itu dalam iklannya, mengklaim sudah memilikinya selama 40 tahun sebagai koleksi pribadi. Seluruh komponen mobil tersebut telah direstorasi ulang ke kondisi aslinya.

Si pemilik juga mengaku memiliki dokumen kepemilikan lengkap serta dokumen pendukung, termasuk foto-foto sebagai bukti bahwa mobil offroad tersebut pernah digunakan oleh Eisenhower saat Perang Dunia II. Dengan segala keistimewaan nilai sejarah yang dimilikinya itu, si pemilik mobil pun rela melepaskannya jika ada yang bersedia membayar sebesar US$ 750 ribu atau sekitar Rp 9,15 miliar (kurs Rp 12.195 per US$)—kurs saat itu.

Namun, Anda yang juga sudah lama mendamba mobil ini tak perlu mundur untuk memilikinya dengan melihat angka fantastis tersebut. Pasalnya, Sebagai mobil klasik, Jeep Willys memang tidak memiliki harga patokan yang pas. Harganya bergantung pada kondisi dan keistimewaan yang melekat padanya, termasuk sejarah penggunaan mobil itu oleh pemilik sebelumnya. Di bursa mobil klasik, banyak dijumpai Jeep Willys dengan kisaran harga yang masih rasional bahkan terbilang murah.

Kisaran harga yang tak pasti ini menjadi indikasi nyata bahwa Jeep Willys menjadi ‘buruan berharga’ di bursa mobil klasik dunia maupun di bursa mobil klasik Indonesia. Meski mesin Willys untuk saat ini sudah kalah canggih dengan berbagai mesin terbaru, tetapi pesona Jeep Willys membuat tak sedikit orang menggandrunginya. Mobil ini bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu mobil offroad klasik yang laris manis diburu di bursa mobil klasik.

Alasannya, selain bisa digunakan untuk mejeng, mobil ini juga bisa diajak ‘kerja’. Adalah para pengusaha-pengusaha tour and travel, khususnya tour adventure yang banyak meminang si tua itu untuk dijadikan tunggangan spesial bagi para tamunya.

Tak sulit menemukan Jeep Willys di berbagai tempat di negeri ini. Di banyak tempat-tempat wisata yang menawarkan pesona alam dan kondisi off road, biasanya menggunakan mobil keluaran AS tersebut. Ketiadaan atap tak menjadikan soal bagi para penumpangnya, justru hal itu merupakan keunikan tersendiri dibandingkan menaiki mobil-mobil masa kini yang sudah biasa digunakan dan dijumpai sehari-hari.

Ketangguhannya melibas medan offroad yang terjal, berliku dan menanjak membuat Jeep Willys memang pantas dipuja di usianya yang sama sekali tak muda. Bodinya yang kokoh pun menambah kesan gagah sekaligus membuatnya tampak begitu mentereng untuk diajak berselfie ria di segala medan, dari yang berair, berbatu hingga berlumpur.