TRANSLATE

en English

Honda GL, Motor Sport yang Tetap Eksis

Membicarakan tentang sepeda motor yang beredar di Indonesia, merek Honda tak bisa ditanggalkan. Tak dipungkiri, pabrikan Jepang ini memang bisa dikatakan ‘rajanya’ pasaran motor di Tanah Air. Sejak dulu hingga kini, seri yang dikeluarkan merek ini terbukti laris manis, tak peduli apakah model sport, bebek maupun matik yang dalam beberapa tahun belakangan membludak permintaannya.

Tanpa mengacu pada data riil pun, masyarakat bahkan bisa melihat diberbagai jalanan diseluruh penjuru negeri ini, dari pelosok hingga perkotaan dari pegunungan hingga pesisir, motor Honda banyak mengaspal. Jika matik kini tengah menjadi hits, dulu motor sport buatan Honda pernah menjadi legenda. Seri tersebut tak lain adalah Honda GL.

Generasi kelahiran 1980 hingga awal 1990an pasti tak akan asing dengan merek motor ini. Ya, tak dipungkiri jika Honda GL merupakan satu motor sport keluaran Honda yang tetap eksis hingga kini.

Mobil Retro Klasik akan mengajak Anda mengulik lebih jauh tentang motor ‘laki’ yang berdesain nyentrik tersebut. Honda sempat meraih sukses di bidang motor sport berkat penjualan duo GL100 dan GL125. Memasuki tahun 1983, Honda kembali mengeluarkan seri GL terbaru bertajuk GL Max dan GL PRO. Meski varian anyar telah digulirkan, tetapi GL100 terus dilepas ke pasara mengingat permintaan yang tinggi. Hanya saja, varian ini kemudian dijual sebagai versi entry level dari GL series menyusul kehadiran GL Max.

Menyoal nama GL Max sendiri sampai saat ini masih belum ada informasi terang. Namun, muncul desas-desus jika GL Max merupakan kependekan dari Genjot Langsung Klimaks. Saat pertama kali muncul, GL Max hadir dengan mesin 105cc berpengapian platina. Mesin yang digunakan tersebut masih sama dengan yang digunakan pada GL100.

Sial, Honda GL Max kurang legit di pasaran, sehingga 1985 Honda mengeluarkan pengganti mesin GL Max menjadi 125 cc pada 1986. Meski kapasitas mesin lebih besar, tetapi varian anyar itu tetap masih mengusung platina hingga 1987 muncul GL Max CDI.

GL Max terus mengalai evolusi mesin. Pada tahun 1985, motor sport ini menggunakan mesin berteknologi Neotech. Menyusul penambahan teknologi tersebut, GL Max kemudian hadir dengan nama Honda GL Max Neotech 1250. Pertama diperkenalkan pada 1995, seri GL Max yang diklaim lebih canggih ini bahkan bisa bertahan lama dipasaran. Produksinya dihentikan baru pada 2005.

Meski di sektor dapur pacu mendapatkan pembaharuan, sayangnya tampilan GL Max baru tak jauh berbeda dengan GL Pro, kecuali cover lampu depan pada GL Pro yang tidak tersedia pada GL Max.

Tampilan GL sejak kemunculannya hingga seri Max yang diklaim termutakhir juga monotone. Dibandingkan dengan motor sport masa kini yang memiliki shape lekukan yang menambah kesan keren, GL series hadir kurang menawan dengan bokong kotak.

Meski dari segi ‘tampang’ kurang garang, tetapi dari segi durabilitas, GL terbilang motor sport yang mampu mempertahankan posisinya di tengah kemunculan banyak motor masa kini. Hingga kini motor Honda GL masih banyak dijumpai baik di kota-kota kecil maupun di pedesaan, baik dari seri Pro maupun Max. Rata-rata motor tersebut menjadi kendaraan beban, seperti untuk mengangkut rumput, hasil panen para petani atau juga digunakan untuk membawa dagangan ke pasar.

Meski sudah tua, motor itu tetap bisa melibas jalanan dengan cukup lincah meski hanya mengusung mesin 125 cc. Sebagai motor yang sudah uzur, kaki-kaki Honda GL tetap awet karena memang dirancang mengutamakan durabilitas dibandingkan dengan kenyamanan penggunanya.

 

MOBIL NEGARA EROPA

Morris Minor 100, Mobil Klasik yang Terkenal di Indonesia Berkat Film Seri di Televisi

Meski tak lagi muda, mobil klasik tetap tak kehilangan pesona. Justru di usianya yang semakin senja, mobil klasik memiliki daya tarik tersendiri. Keunikan bodinya kerap membuat banyak pecinta mobil klasik jatuh cinta bahkan hingga rela menggelontorkan banyak uang demi bisa meminangnya. Apalagi jika mobil klasik tersebut masuk dalam kategori mobil sangat langka dan bernilai sejarah, sehingga menjadi rebutan. Diantaranya banyak mobil klasik yang menjadi rebutan adalah Morris Minor 100. Baca selengkapnya...
  • 25

    Dijual Mini Rover Matic

    Dengan spesifikasi sbb : Mini morris rover Transmisi matic automatic responsif Ac dingin menggigil jgn lupa pake jaket Kapasitas mesin 1.300cc kering no rembes2 Surat bpkb morris Head lamp P700 Jok kotak2 beludru rapih bersih Velg ring 12 original mini, ban tebel2 Panel kayu from mini spares Spidometer, RPM, bensin, temperatur on macet2an di Jakarta aman no over heat2an All electrical on, lampu rem, mundur, sein. Wiper on Ok agan2 saya cuma buka di 348 juta dan masih bisa nego tipis sambil…

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Jeep Willys: Definisi, Sejarah dan Klaim Yang Menuai Kasus

Jeep Willys adalah sebutan untuk kendaraan dengan merk Willys MB dan Ford GPW. Kadang disebut juga sebagai G503, menunjuk pada katalog yang diterbitkan. Kedua mobil tersebut secara resmi didefinisikan sebagai kendaraan militer ringan, serbaguna dan memiliki kemampuan menjelajah di segala medan diluar jalan raya, atau yang familiar disebut sebagai medan off-road. Baca selengkapnya...
  • 28

    Forsale Jeep M151 MUTT A2

    Tahun 1974 . Full restorasi seperti baru. Type paling tinggi, ada heater ( type arctic) dan pod colokan jumper/ las. Surat lengkap bawan mobil tax On. Mesin ori water proof, 24 volt. Kaki kaki independen suspension empuk seperti sedan ( per keong). Cat baru repainting army green dop ( kerok angkat body). Baut baru semua. Engine Grill cover ori USA baru. Busi dan kabel busi baru. Coil dan bendix baru. Antene military ori ( pecut, antene samping lengkap). Mobil Ganteng, Siap dimahar open 400 nego…

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 48

    Dijual Holden WB

    Transmisi 3 Matic ori responsif Mesin 6cyl sehat Ac Power Stering Air Suspensi Interior rapi Spion Camera Surat BPKB Lokasi di Tangerang

MOBIL BUATAN JEPANG

Datsun SSS, Lahir Dari Ejekan Yang Merendahkan Kualitas Mobil Buatan Jepang

Lahirnya tipe sport pada mobil Datsun (sekarang Nissan) berawal dari sebuah olok-olok bahwa, mobil produk Jepang tergolong kelas murahan. Merasa tertantang dengan ejekan tersebut pada tahun 1970-an, pabrik mobil datsun kemudian memproduksi mobil tipe sport yang diberi nama SSS, yang merupakan singkatan dari Super Sports Sedan. Baca selengkapnya...