Ingin Membeli Mobil Klasik? Simak Tips Membelinya

Mobil klasik memang memiliki daya tarik tersendiri di mata pecinta mobil. Meskipun penampilannya sudah terbilang tua dan mesinnya tidak segahar mobil-mobil keluaran terbaru. Namun masih banyak pecinta mobil yang menggemari mobil retro ini. Bahkan sudah ada komunitas pecinta mobil retro yang tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

5 Tips Membeli Mobil Klasik Sesuai Anggaran

Untuk kamu yang tertarik untuk membeli mobil klasik, berikut ini ada beberapa tips dalam membelinya. Dengan memperhatikan beberapa tips ini diharapkan kamu bisa mendapatkan mobil retro sesuai budget dan keinginan.

Menentukan Tujuan Utama Membeli Mobil Retro

Sebagai langkah awal adalah memastikan tujuan utama pembelian mobil klasik ini. Apakah akan digunakan sebagai investasi, hobi, custom mobil atau untuk kendaraan harian. Perlu diketahui bahwa tujuan awal dari pembelian ini akan berpengaruh pada banyak hal. Mulai dari pilihan sampai anggaran untuk pembelian mobil retro ini. Oleh sebab itulah pastikan untuk mempertimbangkan dan konsultasi dengan kolektor terlebih dahulu.

Memilih Mobil Retro dengan Hati-Hati

Perlu diketahui bahwa mobil retro mempunyai banyak pilihan. Mulai dari buatan Eropa, Jepang, sampai Amerika. Dimana setiap mobil retro ini mempunyai karakter serta tingkat kesulitan dalam perawatannya. Harus perlu diketahui dengan baik juga bahwa tidak semua mobil klasik bisa dijadikan sebagai investasi. Untuk itulah akan lebih baik jika mencari informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber sebelum membeli mobil retro.

Bergabung ke Komunitas

Jika kamu merasa kebingungan dengan banyaknya pilihan mobil klasik yang ada. Maka bisa dengan ikut bergabung ke dalam komunitas mobil. Disini kamu bisa berkonsultasi dengan pakar mobil yang sudah bertahun-tahun hobi mobil. Selain itu kamu juga akan mendapatkan informasi seputar tips & trik jual beli mobil atau komponen. Oleh karena itulah jangan ragu dengan komunitas baik sebelum membeli mobil retro.

Mengecek Setiap Mesin & Komponen

Dalam pembelian mobil klasik ini sebenarnya hampir sama dengan membeli mobil bekas. Bedanya membeli mobil retro ini adalah dari segi perawatan yang sudah dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Pastikan untuk mengecek bagaimana kinerja mesin dari mobil retro tersebut. Juga harus memastikan dengan baik komponen-komponen di dalam mobil retro tersebut. Apakah komponen mudah ditemukan jika diperlukan penggantian.

Memastikan Ketersediaan Anggaran

Hal lain yang harus diperhatikan dengan baik ketika membeli mobil retro adalah anggaran. Meskipun sudah mempersiapkan anggaran yang pasti untuk pembelian mobil retro. Namun selalu pastikan untuk menyiapkan dana tidak terduga. Dana ini dimaksudkan untuk service atau rekondisi. Apabila dana masih terbilang mepet atau belum ada, ada baiknya jangan memaksakan kehendak. Jangan sampai memiliki mobil retro ini akan memberatkan finansial.

Memilih Bengkel Terpercaya

Tahapan lain yang juga krusial adalah pemilihan bengkel terpercaya. Ketika sudah memiliki mobil retro ini pastinya nanti akan sering berurusan dengan bengkel. Entah itu untuk perawatan, rekondisi atau berburu komponen mobil retro. Oleh sebab itulah sangat penting bagi kamu untuk bisa memilih bengkel terpercaya dan sudah berpengalaman. Untuk pemilihan bengkel ini memang bukan hal mudah. Tetapi bukan berarti tidak bisa menemukan bengkel ini. Kamu bisa berkonsultasi dengan teman atau komunitas.

Demikianlah beberapa tips pemilihan mobil klasik yang memiliki performa baik dan tidak memberatkan anggaran. Memiliki mobil retro memang menjadi kepuasan tersendiri untuk beberapa orang. Bahkan mereka rela mengeluarkan dana ratusan juta untuk bisa mendapatkan mobil retro yang diidam-idamkan.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Peugeot 405, Walaupun Tua Namun Tetap Bertenaga

Bagi para penggemar mobil klasik, usia tua tak menjadi soal. Justru semakin sepuh usia mobil, semakin menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih jika mobil tersebut masih dalam kondisi bagus! Tak dipungkiri memang kadang usia mobil yang sudah tua membuat body tak lagi menawan. Restorasi yang dilakukan… Baca selengkapnya...

Exploring Merapi Mountain in Willys Jeep

When you are planning to explore Mount Bromo, you will see a lot of Toyota Land Cruiser of Hardtop type offered to you. This car is perfect for difficult terrain like those found in Bromo. However, if it is Mount Merapi that you are visiting, you will see a lot of Willys Jeep. Willys Jeep is… Baca selengkapnya...

PeReCi, Ajang Guyup Penggemar Mobil Perancis Agar Tetap Eksis

Memelihara mobil langka dan juga klasik pasti punya tantangan tersendiri. Sudah tentu kelangkaan sparepart bakal jadi masalah yang muncul dalam menu. Akan tetapi, semua halangan tersebut tidak bisa menjadi penghalang bagi para pecintanya untuk berpaling. Justru, dari kesulitan yang dihadapi ini… Baca selengkapnya...

Mobil Subaru Buatan Mana? Mengapa Tidak Populer Di Indonesia?

Baru-baru ini, banyak yang menanyakan mobil Subaru buatan mana? Bagi kaum milenial yang tidak mengikuti sejarah mobil, pertanyaan tersebut memanglah wajar, mengingat bahwa merk Subaru sudah lama tidak berjualan mobil di Indonesia. Penyebabnya adalah pelanggaran regulasi tentang kendaraan bemotor. Baca selengkapnya...