TRANSLATE

en English

Suzuki GT125 & GT185 Twin, Jawara Ngebut Era 1970-an

Salah satu motor unik yang pernah beredar di Indonesia adalah Suzuki GT125 & GT185 Twin. Jagoan ngebut pada era 1970-an ini tampil nyentrik dengan knalpot double alias ganda. Berikut adalah spesifikasi dan keunikannya.

Suzuki GT125 & GT185 Twin sebenarnya hanya dua dari banyak variasi seri Suzuki GT. Variasi tersebut diantaranya adalah GT125, GT185 dan GT250 untuk versi 2 silinder. Angka yang tertera pada seri tersebut mengacu pada kapasitas atau cc mesin yang diusung, misal GT100, berarti mesinnya 100 cc, dan seterusnya.

Lalu ada pula Suzuki GT dengan 3 silinder, diantaranya adalah GGT380, GT550 dan GT750. Namun, seri Suzuki GT yang pernah dijual di Indonesia hanya ada 4, meliputi GT100, GT125, GT185 dan GT380. Sebenarnya ada pula GT250 dan GT750 yang masuk ke Tanah Air melalui importir tersendiri, dan jumlahnya pun terbatas.

Namun, dari banyak seri yang hadir di Indonesia itu, GT125 dan GT185 termasuk yang banyak dijumpai. Seri GT yang kompak mengusung 2 mesin tak atau 2 silinder itu sama-sama memiliki pendingin udara dengan corong yang mengarah ke sirip blok blok. Kesamaan keduanya juga ditunjukan dengan sama-sama mengusung sistem pelumasan CCI khas motor 2 tak Suzuki.

Untuk tenaga yang dihasilkan, Suzuki GT125 mampu menghasilkan tenaga 16Hp pada 9500 Rpm dan torsi menembus 1,7Nm pada 9000Rpm. Sementara untuk Suzuki GT185 menyunggi mesin berkapasitas 184cc yang bisa memproduksi tenaga hingga 20Hp pada 7500Rpm dan torsi 20,5Nm pada 6500Rpm. Kemampuan ini memungkinkan keduanya menjadi andalan untuk ngebut kala itu. Meski urusan tenaga yang dihasilkan berbeda,  GT 125 dan GT185 sama-sama pula disokong oleh sistem transmisi manual 5 percepatan.

Sementara itu, urusan bentuk, duo GT twin cylinder ini tampil unik dengan dua knalpot yang masing-masing terpasang pada kedua sisinya. Umumnya motor zaman sekarang yang beredar di Indonesia memiliki knalpot di sisi kanan, tetapi kedua motor Suzuki tersebut juga memiliki knalpot di sisi kirinya.

Kekhasan lain yang dimilikinya adalah tangki teardrop kecil, lampu sealed beam bulat  juga lampu sein yang juga bulat berwarna oranye. Bokongnya juga tampil nyentrik dengan 2 buah lampu berbentuk seperti 2 buah lingkaran yang digabungkan.

Meski dilihat dari bentuk, keduanya banyak memiliki persamaan, tetapi nyatanya GT125 memiliki tambahan kotak dibagian bawah pada cover tutup aki, sedangkan GT185 tak memiliki tambahan tersebut. Perbedaaanya lagi adalah shockbreaker, speedometer, sampai lampu-lampu pada GT185 berukuran lebih besar daripada Suzuki GT125. Hal ini bisa dipahami mengngat ukuran mesin GT185 yang lebih besar. Namun, ada satu yang membuat GT185 benar-benar mutakhir di zamannya dan tidak dijumpai pada GT125, yaitu double starter. GT125 masih mengusung starter engkol sebagaimana khas motor ‘laki’ pada zaman dulu, sedangkan GT185 sudah berani mengusung starter ‘tinggal’ pencet.

Lebih dari 4 dekade, kini populasi GT125 dan GT185 sudah mulai punah. Generasi yang lahir tahun 1990-an saja bahkan jarang yang melihat keberadaan motor ini secara langsung. Kini, motor ini hanya bisa dijumpai di kalangan para pecinta motor klasik, mengingat motor 2 tak sudah dilarang digunakan di banyak ruas jalanan kota di Indonesia. Alasannya, mesin 2 tak memilik tingkat polusi udara yang lebih buruk dibandingkan motor 4 tak. Lagi pula, motor ini juga lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan motor 4 tak, karena menggunakan oli samping.

MOBIL NEGARA EROPA

Mercy Tiger, Mercedes Benz Lawas Yang Masih Terlihat Angker

Mercedes Benz atau lebih tenar dengan sebutan Mercy adalah sebuah merk mobil mewah terkenal buatan Jerman. Harga mobil barunya selalu mahal, tak bahkan pada seri-seri yang tak lagi diproduksi atau sudah masuk jajaran bursa mobil klasik. Keunggulan mesin, disamping faktor keamanan dan kenyamanannya, menjadikan mobil ini layak dibayar mahal. Terlebih dengan prestise merk Mercedes-Benz yang pastinya identik dengan mobil mewah. Baca selengkapnya...

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

LUV, Sebenarnya Bukan Pikap Produk Asli Chevrolet

Kata ‘LUV’ pada Chevrolet LUV, sebuah merk mobil model pikap yang dipasarkan di era 70-an hingga 90-an, adalah kepanjangan dari ‘Light Utility Vehicle’. Namun tahukah anda jika pikap ini bukan sepenuhnya produk resmi Chevrolet, melainkan hasil rebadge dari merk lain. Baca selengkapnya...
  • 31

    Dijual Jeep CJ 5 Tahun 1966

    Other body style Barang hobby, Rare items, mobil sehat Jarak yang sudah ditempuh 60.000 kilometer, Kilometer asli 62880 Tangan Pertama, exterior dan interior full ori LHD (Stir Kiri) 4 cylinder, 2200cc, 4wd Plat D (tax inactive 2010), Bpkb & stnk komplit Ban Extragrip Baru Canvas Baru Oli Baru Sistim pengereman bagus Temperatur normal Lokasi di Jakarta

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 80

    Dijual Holden Premier HQ 1972

    AC,PS HIDER 123 AUDIO 202 ENGINE AUTOMETIC TH180 INTERIOR FULL MBTEHC POWER WINDOW SURAT LENGKAP TEMBUS PAJAK HIDUP ATAS NAMA SENDIRI PLAT AG KEDIRI VELG RIDLER R15 7-8 BAN BARU INDIKATOR SPIDO ON SMUA AKI BARU HARGA 155 NEGGO SAMPAI JADI

MOBIL BUATAN JEPANG

Mazda Bongo, Minibus Rakitan Indonesia Pertama Yang Menggunakan Pintu Geser.

Mazda Bongo F800 atau yang biasa disebut sebagai Mazda Bongo saja, adalah mobil minibus produk Mazda yang dibuat pada tahun 1966. Namanya diambil dari nama hewan spesies antelop yang hidup di Afrika. Generasi pertama dari mobil ini dirakit diatas sasis lengkap dengan kaki-kaki dari Mazda 800. Baca selengkapnya...
  • 77

    Dijual Toyota Hardtop Tahun 1980

    Dijual Toyota Land Cruiser FJ40 Hardtop Tahun 1980 Bodi dan mesin dalam kondisi baik siap pakai Surat-surat lengkap, atas nama sendiri, pajak panjang sampai bulan september 2024 Velg racing besi, Ban masih tebal.