Loading...
en

Toyota Crown S80, Generasi Mobil Mewah Era 1970an

Bicara soal mobil lawas dan mewah, Toyota Crown tak bisa ditinggalkan.Ya, Crown  merupakan salah satu lineup unggulan dari pabrikan Toyota yang telah ada sejak 1953 silam. Mobil ini dianggap paling mewah dari Toyota. Kemewahan itu bahkan terpancar dari namanya. Nama Crown sendiri diambil dari bahasa Inggris yang berarti mahkota. Ini sama dengan logo mobil Toyota yang satu ini dengan bentuk mahkota kerajaan. 

Toyota Crown memiliki beberapa generasi mulai dari yang pertama hingga tipe S80 ini yang merupakan generasi kelima. Mobil ini hadir tahun 1974 menggantikan generasi sebelumnya yang dikenal di Indonesia dengan nama Crown lele. Meski sudah ada sejak 1974, mobil ini baru masuk ke Indonesia pada 1976.

Toyota Crown dengan kode bodi S80 ini memiliki perbedaan desain cukup signifikan dengan Crown lele. Crown S80 mempunyai bentuk yang mengotak dengan lampu depan berjumlah 4 dengan bentuk bulat. Di bagian belakang, lampu belakang berbentuk kotak terpisah. Selain itu, Crown generasi kelima ini mempunyai perbedaan pada model grill depan.

Pada generasi sebelumnya, Crown memakai garis vertikal, sementara S80 memakai garis horizontal dengan aksen chrome. Sementara itu, pada versi Indonesia yang baru hadir tahun 1976, Crown sempat memakai model pre facelift. Model facelift sendiri baru diterapkan sekitar 1978 atau 1979. Masuk ke bagian interior, Toyota Crown S80 memiliki ciri warna hitam coklat krem tua dengan material vinyl.

Ada dua varian S80 yang dihadirkan di Indonesia, yaitu Crown Deluxe dan Crown Super Saloon. Keduanya dibuat dalam pilihan bodi sedan empat pintu. Varian terendah dari generasi ini alias Deluxe sudah dilengkapi dengan radio dan AC opsional. Ini tentu tergolong mewah untuk mobil yang keluar di akhir 1970-an.

Sementara itu, varian Super Saloon mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap, bahkan dapat dibilang eksklusif. Ada tambahan berupa jam digital, central lock, tachometer, dan juga AC double blower. Akan tetapi, pada facelift tahun 1979, varian Super Saloon ini ditiadakan dari pasar di Indonesia sehingga hanya tersisa varian Deluxe saja.

Untuk urusan mesin, Toyota S80 mempunyai mesin yang sama sebagaimana generasi sebelumnya. Keduanya memakai mesin Toyota 4M. Mesin ini mempunyai konfigurasi inline 6 SOHC dengan kapasitas 2600cc. Selain itu, mesin ini masih memakai karburator guna memasukkan bahan bakar. Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 108Hp pada 5600Rpm dan torsi 191Nm pada 3600Rpm. Tenaga mesin disalurkan dengan transmisi manual 4 percepatan guna menggerakkan roda belakang.

Kemewahan fitur yang dimiliki merupakan kelebihan paling menonjol dari Toyota Crown generasi kelima ini. Bisa dibilang, generasi ini mempunyai fitur yang tidak kalah dari mobil Eropa seperti Mercedes-Benz maupun BMW pada zamannya. Mobil ini diklaim termasuk stabil untuk ukuran sedan besar yang masih memakai sasis ladder frame. Sasis ini biasanya digunakan pada mobil-mobil kuno.

Kelemahan yang terdapat pada mobil ini bisa dibilang hanya pada rasanya saja yang belum semewah Mercedes. Ini dapat dimaklumi mengingat pada kemunculannya, mobil buatan Jepang masih dianggap belum mampu bersaing dan dipandang sebelah mata. Akan tetapi, dengan segala fitur mewah yang dimiliki, Toyota Crown generasi kelima ini merupakan mobil yang sangat ideal di zamannya. Hingga kini pun, mobil ini masih cocok diajak mejeng para pecintanya.

 

 ------------------------------------------

Tak Perlu Daftar ataupun Login, jadwal Kegiatan Komunitas Motor Trail di seluruh Indonesia, kini dapat dilihat dengan mudah melalui Aplikasi Android IAC

 ------------------------------------------

 
 
promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS!  Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227. 

 

Jeep Willys, Kendaraan Perang yang Kini Menjelma Jadi Kendaraan Offroad Tour Adventure

Bicara soal Jeep, Anda pasti setuju kalau menyebutnya sebagai salah satu kendaraan offroad tangguh. Hal ini memang tidak bisa dipisahkan dari awal sejarah kemunculan Jeep itu sendiri. Jeep lahir di era perang, tak mengherankan jika ia pun menjadi begitu kuat, tangguh dan siap menghadapi segala medan pertempuran. Diantara banyak seri Jeep, Willys adalah seri yang paling legendaris.

Classic Cars And Traditional Culinary

Classic cars always adsorb people‚Äôs attentions on the street. The meaning itself can be very tricky. It is because the definition of classic cars can be different for everyone. The criteria of being classic is not so clear or established. In the old time, when the cars were first published, they might be the most modern cars. One of the criteria may be revealed that classic cars must be old. In recent time, for there is evolution of the models, we might say that the old cars have eccentric…
 

Karoseri Bak Truk Untuk Angkut Sapi

Karoseri Bak Truk Rp60.000.000 Per Unit

Baca Selengkapnya...