Loading...

Mengulas Honda Civic Wonder yang Masih Istimewa Diajak Mengaspal

Jajaran mobil keluaran Honda boleh dibilang selalu sukses memikat banyak orang. Selain tampilan bodinya yang modis, roda empat peranakan Honda memang dikenal irit bahan bakar dan memiliki suspensi yang nyaman. Civic merupakan seri keluaran Honda yang sempat meramaikan tren otomotif Indonesia sejak awal tahun 70-an hingga sekarang. Salah satu tipe yang masih memukau diantaranya adalah tipe Civic Wonder. Keberadaannya sempat meramaikan jalanan pada awal 1983 lalu.

Pada kelasnya, generasi ketiga dari seri Civic ini menjadi pesaing berat dari Toyota Startlet kotak, Suzuki Forsa, Daihatsu Charade CX/ Winner, dan Mazda 323 Trendy.  Honda Civic Wonder dimunculkan dalam dua varian, yaitu SB3 yang mengusung model hatchback dua pintu dan SB4 yang tampil dengan rupa empat pintu. Dari kedua varian tersebut, SB3 merupakan salah satu model yang paling digandrungi anak muda. Hal ini bisa terlihat dari desain bodinya yang trendi.

Disebabkan bentuknya yang tak berekor, model SB3 juga dikenal sebagai Civic Wonder Setrika. Rupa bodinya tersebut menjadikannya sebagai salah satu desain mobil yang out of the box pada zamannya.Wonder dikenal memiliki perpindahan akselerasi yang cepat sehingga sangat cocok untuk diajak mengaspal di arena balapan. Desainnya yang tak lekang oleh zaman membuatnya masih digandrungi hingga kini oleh sejumlah penggemar mobil retro. Pamornya pun semakin melejit tatkala sebuah Civic SB3 Spoon menyabet banyak penghargaan di ajang motorsport.

Mobil ini juga sangat identik dengan kendaraan anak muda pada zamannya. Di Indonesia, popularitasnya juga kian melambung saat keberadaannya ambil bagian dalam film hits tahun 80-an berjudul Catatan si Boy. Namun begitu, produksi tipe ini dihentikan pada tahun 1987 untuk digantikan dengan Honda Civic Nouva. Civic Wonder memiliki tampilan depan yang khas seperti model sedan pada masanya. Dua buah headlamp berbentuk trapesium dari beling buram tampil serasi dengan logo khas Honda pada bagian tengahnya. Meski begitu, tampilannya cukup polos karena tak memiliki desain grill.

Mobil ini juga dibekali mesin tangguh yang semakin menunjang keseluruhan penampilannya. Dengan kemudahan dalam hal perawatan serta sparepart yang melimpah dengan harga terjangkau, menjadikan para pemiliknya tak ragu untuk meminangnya. Meski dengan bentuk bodinya yang ringan dan ceper, si jago ini diyakini sangat mampu melesat hingga kecepatan 160 km/ jam. Namun ekspektasi tersebut tentunya wajib dibarengi dengan kondisi sektor kaki-kakinya yang prima.

Pada dapur pacunya, versi sedan empat pintu dibekali dengan mesin 1,5 liter, sementara versi hatchback hanya sebatas 1,3 liter saja. Civic Wonder juga dilengkapi dengan transmisi manual hingga 5 percepatan. Mesin SOHC 4 silinder 12 katup ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 71 Hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi 105 Nm pada 3.500 rpm. Meski menghasilkan output yang terbilang kecil, kendaraan ini memiliki handling yang sungguh luar biasa di kelasnya.

Suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut, sementara bagian belakangnya memakai Torsion Beam. Perpaduan kedua suspensi tersebut diyakini mampu memberikan kenyamanan terbaik untuk para penumpangnya. Namun begitu dibalik sejumlah kelebihannya, tentu saja ada beberapa kekurangan yang mengiringinya. Diantaranya adalah kaki-kakinya yang ringkih, sistem pengereman yang kurang baik, serta kelangkaan beberapa part interiornya. Bagian bodinya yang mudah keropos juga merupakan salah satu permasalahan klasik yang kerap ditemui dari seri Civic.

Honda Civic yang satu ini juga minim dengan fitur kabin elektrikal, salah satunya adalah sistem bukaan jendelanya yang masih manual alias bukan power window. Namun begitu, pada seri facelift keluaran 1987, fitur tersebut sudah mulai disematkan di dalamnya. Selain itu, mobil ini juga belum dilengkapi dengan power steering pada kemudinya. Untuk meminang unit Civic Wonder yang masih orisinil juga terbilang sangat sulit.

Pada bagian interior, mobil Honda ini memiliki desain dashboard yang cukup unik, yakni penempatan blower AC yang lebih tinggi dibandingkan permukaan datar pada dashboard. Hal ini memungkinkan AC dapat bekerja maksimal dalam mendinginkan seluruh ruang kabin. Akan tetapi, desain tersebut membuat pemiliknya harus pikir-pikir untuk meletakan sesuatu pada meja dashboard lantaran dapat menghalangi sirkulasi dari AC.

Sebelum membelinya, ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu bagian engine mounting. Disebabkan menggunakan roda penggerak depan, tak jarang bagian tersebut telah mengalami aus. Hal ini bisa dilihat saat mesin dinyalakan, yaitu besar kecilnya idle getarannya yang mungkin terasa hingga kabin. Bagian lain dari Civic Wonder yang perlu mendapat perhatian adalah bagian kaki-kakinya terutama pada sokbreker, ball joint dan bushing arm.

Apabila terdapat masalah, maka akan timbul bunyi abnormal pada bagian ini. Bagian lainnya yang tak kalah penting untuk diperiksa adalah karburator, steering rack, pintu, dan dashboard. Harga Civic Wonder terbilang cukup miring, karena pada umumnya mobil ini dibanderol dengan harga tak lebih dari 30 juta rupiah. Anda bisa memilih tingkatan harganya dari yang terendah hingga tertinggi berdasarkan usia keluarannya.

Dengan bentuk mobilnya yang ceper, Civic Wonder terbilang kurang asyik untuk ditunggangi melintasi antar kota. Selain itu, mobil ini memiliki ukuran bagasi yang terbilang sangat kecil. Namun begitu, mobil ini cukup nyaman digunakan untuk ukuran kendaraan roda empat pada zamannya.