Tips Bersihkan Rantai Motor Trail Yang Dipakai Untuk Event Trail Adventure

Petualangan adalah sebuah pengalaman yang tak lazim, tetapi sifatnya menarik. Pelaku petualangan disebut petualang, yaitu orang yang suka mencari pengalaman yang sulit-sulit, berbahaya dan lain-lain. Biasanya petualangan memiliki ciri keberanian, tantangan, risiko, dengan dampak yang bermacam-macam.

Petualangan bisa diartikan kegiatan dengan potensi bahaya fisik, seperti menjelajahi hutan, memanjat gunung, arung jeram, atau mengikuti olahraga ekstrem lainnya termasuk mengikuti event menjelajahi alam menggunakan motor trail yang biasa disebut sebagai event trail adventure.

Pengalaman petualangan sangat berdampak kepada psikologis seseorang,dan dapat diartikan sebagai negatif (misalnya ketakutan) atau positif (misalnya tantangan), dapat juga  merugikan. Bagi sebagian orang, petualangan bisa menjadi harapan besar dalam dirinya.

Menurut petualang André Malraux, dalam bukunya La Kondisi Humaine (1933), "Jika seorang pria tidak siap untuk mempertaruhkan nyawanya, di mana harga dirinya?". Demikian pula, Helen Keller menyatakan bahwa "Hidup adalah berani berpetualang atau tidak."

Berbeda dibandingkan motor jenis lainnya, motor trail lebih sering digunakan untuk event trail adventure yang penuh lumpur dan bebatuan. Dan setelah dipakai , komponen penggerak seperti rantai dan gir pasti diselimuti tanah yang menggumpal. Lantas, bagaimana cara membersihkannya?

Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Octaviano mengatakan, sebenarnya membersihkan rantai motor trail sama dengan motor-motor lainnya. Namun memang butuh tenaga ekstra untuk menyingkirkan tanah basah yang melekat di sekitar rantai.

Sebaiknya  jika sudah selesai  dipakai event trail adventure, rantai dan gir harus segera dibersihkan menggunakan air bersih. Pastikan tanah yang menempel benar-benar hilang, bersih, dan tak ada sisa.

Untuk memastikan seluruh bagian rantai bersih, pemilik motor trail bisa menggunakan sikat gigi. Namun, perlu diperhatikan, proses penyikatan harus dilakukan dengan lembut dan penuh kehati-hatian. Kemudian tunggu sampai agak kering, beri chain cleaner, dan ditutup pakai chain lube.

Ingat, jangan pernah membersihkan rantai pakai bensin atau air sabun, dengan harapan kotoran-kotoran di sekitarnya mudah rontok. Padahal, kebiasaan tersebut bisa membahayakan kendaraan karena kandungannya bisa membahayakan bagian-bagian dari motor trail.

Baca juga: Honda CG110 dan CG125, Awet Dan Tahan Lama. Klik Disini...

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Dicibir “Kaleng Krupuk”, Toyota Kijang Generasi Pertama Sukses Membetot Banyak Peminat

Siapa yang tidak kenal mobil Kijang keluaran Toyota. Sejak pertama kali mengaspal di jalanan ibu kota puluhan tahun silam, Toyota Kijang Generasi Pertama langsung menjadi buah bibir. Kala itu masyarakat lebih suka menyebutnya Kijang Buaya alih-alih nama resminya Toyota KF10. Baca selengkapnya...

Kijang Kapsul Diesel 1997 Pilihan Mobil Tahan Banjir

Musim hujan menjadi salah satu mimpi buruk bagi para pengendara mobil tua. Genangan air bisa menimbulkan banyak masalah seperti munculnya karat, mogok atau korsleting listrik. Namun, kesulitan tersebut ternyata bukan kendala bagi Toyota Kijang Kapsul Diesel 1997 yang punya julukan mobil tahan… Baca selengkapnya...

Citroën DS, Dsain Mobil Paling Indah Sepanjang Masa

Citroën DS adalah seri mobil yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Prancis Citroën, dari tahun 1955 sampai 1975. Nama DS sendiri apabila dibaca menggunakan bahasa Perancis akan terdengar seperti kata déesse yang berarti dewi. Mobil ini terkenal karena aerodinamis, desain bodi futuristik… Baca selengkapnya...

Tampilan Mobil Klasik Semakin Menawan Ketika Jadi 'Kanvas' Lukisan

Lukisan adalah sebuah karya seni yang pembuatannya dilakukan dengan cara memulaskan cat menggunkaan kuas, pisau palet dan lain sebagainya. Cat yang digunakan terdiri dari berbagai warna dan gradasi, dengan komposisi dan kedalaman tertentu yang berasal dari pelarut, pengikat atau pengencernya. Baca selengkapnya...