Loading...
en

Misbah, Pakar Karburator Andalan Para Penggemar Mobil Klasik Di Bogor

Karburator adalah salah satu komponen yang terdapat pada mesin bensin, yang berfungsi mencampurkan udara dan bahan bakar dengan perbandingan tertentu, kemudian mengalirkannya kedalam silinder sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan kata lain, karburator inilah yang menyalurkan bensin pada intake manifold dengan volume ideal. Oleh sebab itu, salah satu bagian penting dari sebuah mobil ini harus sering diperhatikan agar tidak bermasalah ketika sedang dikendarai.

Beberapa gejala karburator bermasalah antara lain asap hitam, bau tajam, bensin boros, susah hidup, langsam tidak stabil dan sulit menyalakan mesin pada pagi hari. Jika mengalami hal seperti ini, silahkan bawa kendaraan anda ke bengkel milik Misbah dibilangan Batutulis Bogor. Ia memang piawai dalam soal karburator. Segala jenis urusan karburator biasa ditangani, mulai dari produk Jepang, Korea, Eropa, Amerika, baik  dalam kondisi standar ataupun modifikasi.

Ia juga sangat berpengalaman untuk menangani karburator mobil-mobil klasik berbagai merk yang notabene spare part-nya sulit didapat, hingga mencarikan karburator pengganti dengan spesifikasi sesuai dengan karakter mesinnya.

Keuntungan service karburator di bengkel milik Misbah ini umumnya tersedia spare part pengganti yang tentunya lebih ekonomis jika dibandingkan dengan membeli karburator kit, yang tidak semua terpakai.

Keahlian tersebut didapat oleh Misbah berdasarkan ilmu yang memang dipelajarinya, ditambah dengan pengalaman men-service aneka jenis karburator yang dilakukan lebih dari 25 tahun lalu. Track record-nya memang luar biasa, ia terbukti sukses menangani karburator double yang tergolong rumit milik mobil Mercedes Benz, BMW, Datsun SSS. Kemudian karburator mesin V8 Holden, Ford Mustang, Chevrolet Bel Air, dan lain sebagainya. 

Perkenalan Misbah pada dunia per-karburator-an memang sudah sangat lama. Dimulai pada awal tahun 90-an, saat bekerja di Bengkel Spesialis Karburator “Dua Sekawan” milik Agus di kawasan Pasar Ramayana Empang Bogor, yang kini telah berubah menjadi Bogor Trade Mall (BTM).

Pada tahun 2004, Misbah memutuskan untuk membuka bengkel sendiri di Pasar Bogor. Ditempat ini, lokasi parkir menjadi masalah utama karena berada disebuah pasar yang ramai. Hanya bertahan satu tahun saja, Misbah kemudian pindah ke sebuah lokasi di jalan Batutulis hingga saat ini.

Inti dari pekerjaan yang dilakukan oleh Misbah adalah mengembalikan karburator kepada kondisi idealnya,  agar berfungsi maksimal dalam pembakaran, hemat BBM, dan tarikan lebih nendang, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Melepas karburator dari mobil
  • Melepas semua komponen karburator hingga bagian terkecil
  • Memeriksa dan membersihkan semua bagian karburator, mulai dari lubang saluran udara, bensin, spuyer, setelan udara, klep dll.
  • Merakit kembali semua komponen
  • Memasang karburator sesuai posisi semula
  • Memeriksa sistem pengapian dengan melepas semua busi dan menyetel platina
  • Menyalakan mesin untuk menyesuaikan setelan udara, top delco, dll.
  • Uji coba kendaraan, bila masih kurang nyaman dilakukan penyetelan ulang.

 

Ditengah semakin berkembangnya teknologi kendaraan bermotor yang menggunakan sistem EFI atau Electronic Fuel Injection, bengkel karburator seperti milik Misbah akan semakin langka. Semoga bengkel ini akan tetap terus bertahan melayani pada penggemar mobil retro dan klasik yang masih membutuhkan jasanya.

---------------------------------------

 

Bengkel Karburator Misbah

Jl. Batutulis (NV. Sidik)

Bogor

Telp: 081617889839

 

-------------------------------------------

JADWAL EVENT OTOMOTIF:

"Mbanjar Negarane CB"
Event Mbanjar Negarane CB

25-26 Juli 2020 di Stadion Soemitro Kolopaking, Banjarnegara. Syarat dan ketentuan dapat dilihat di Aplikasi IAC Indonesia Automotive Community

Baca selengkapnya...

 
  • Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi

    Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi?

    Mobil pribadi menjadi solusi untuk bepergian di masa pandemi virus Corona, setelah kendaraan umum tidak beroperasi. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan kendaraan sendiri lebih aman. Virus Corona ternyata mudah masuk kedalam mobil pribadi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dibawa oleh pengemudi ataupun penumpang yang masuk kedalam mobil setelah beraktifitas.
  • Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    There are so many instagrammable cafes in Indonesia you can visit. Jogjakarta is one of the cities in Indonesia that full of cafes around. Most of them bring the unique concept for the customers including hobbies. It means, you can’t get the entertainment and meals only but you can hang out there while enjoying the beautiful interior design such as Brick Cafe in Jogja. If you love classic motor bikes, then you can visit and spend your time in this vintage cafe.

food truck 1

BISNIS FOOD TRUCK

Bisnis yang sedang booming di berbagai belahan dunia. Selain praktis karena mudah dipindah-pindahkan, juga bisa tampil menarik hingga bisa dengan mudah menarik konsumen untuk berbelanja. Bagaimana cara memulai bisnis ini, dan apa saja yang harus disiapkan? 

Baca Selengkapnya...