TRANSLATE

Kijang Kapsul Diesel 1997 Pilihan Mobil Tahan Banjir

Musim hujan menjadi salah satu mimpi buruk bagi para pengendara mobil tua. Genangan air bisa menimbulkan banyak masalah seperti munculnya karat, mogok atau korsleting listrik. Namun, kesulitan tersebut ternyata bukan kendala bagi Toyota Kijang Kapsul Diesel 1997 yang punya julukan mobil tahan banjir.

Kijang Kapsul merupakan varian Toyota Kijang Generasi Keempat lansiran tahun 1997. Sejak pertama kali diluncurkan, generasi Kijang yang punya sekitar 20 seri ini dikagumi berkat desain bodinya yang jangkung dan tidak lekang oleh waktu. Tidak heran jika penerus Kijang Super ini termasuk jajaran mobil Kijang tua paling dicari.

Zaman telah beralih tapi Kijang Kapsul Diesel 1997 tetap berada di puncak daftar Kijang tua paling dicari. Percaya atau tidak, mobil tua ini sempat menjadi barang langka karena peminatnya jauh melebihi jumlah mobil. Predikatnya sebagai mobil tahan banjir bukan satu-satunya alasan varian ini terus diburu.

 

 

Dulu Tak Laku, Sekarang Diburu

Kijang Kapsul Diesel 1997 merupakan salah satu mobil tua yang masih ekses hingga sekarang. Saat pertama kali diluncurkan, ia sudah memiliki tujuh varian yang terbagi ke dalam tiga model: SSX, LX, dan LSX. Sementara, mesin dieselnya berkode 2L dipinjam dari Toyota HiAce generasi kedua.

Di zamannya, Kijang Kapsul Diesel 1997 terlibat persaingan sengit dengan Isuzu Panther yang sudah lebih dulu terkenal dengan mesin penenggak solar. Akibatnya, salah satu varian minibus bernama Kijang Kapsul SSX sempat kurang diminati.

Menariknya, Kijang Kapsul SSX bermesin diesel tiba-tiba mendulang nama sekitar tahun 2018. Varian ini sempat dianggap gaib oleh kalangan pecinta Kijang karena jarang yang memilikinya. Harganya bisa melompat hingga Rp 160 juta dari harga normal Kijang Kapsul bekas yang berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 70 juta.

 

 

Mobil Tahan Banjir Terbaik

Bukan tanpa alasan Kijang Kapsul SSX memiliki banyak peminat. Salah satu varian terbaik dari Kijang Kapsul Diesel 1997 ini dianggap punya ketahanan mesin di atas rata-rata. Berbekal mesin 4 silinder 2.400 cc, salah satu varian Kijang tua paling dicari ini tidak keok meski terendam genangan air. Sungguh pantas mendapat julukan mobil tahan banjir.