Jenis-Jenis Motor Klasik

Komunitas motor klasik –Motor memang menjadi salah satu kendaraan yang memiliki peminat cukup banyak sampai sekarang. Jadi tidak heran jika di jalanan kita akan menjumpai lebih banyak kendaraan sepeda motor. Bentuknya yang ramping serta ringan ketika dikendarai menjadi salah satu alasan banyak orang memilih sepeda motor. Selain itu dengan menggunakan sepeda motor. Maka bisa menyalip dengan lebih mudah dan menemukan jalan tikus untuk lebih cepat sampai ke lokasi. Hal ini membuat beberapa orang mulai membuat komunitas sepeda motor. Dimana komunitas ini dibentuk dengan tujuan mempererat silaturahmi, berbagi pengalaman, hobi dan lainnya. Komunitas motor di Indonesia ini dihiasi oleh berbagai motor jadul sampai motor modifikasi.

11 Motor Klasik yang Dibuat Menjadi Komunitas Motor Klasik

Meskipun zaman sekarang sudah semakin canggih dan modern, namun banyak yang gemar dengan motor gaya klasik atau retro. Motor retro memiliki desain klasik dan tidak lekang zaman. Orang-orang yang berminat pada motor retro biasanya datang dari kalangan dewasa. Dimana mereka ingin bernostalgia dengan memakai sepeda motor klasik layaknya zaman dulu. Di Indonesia, sepeda motor klasik atau retro keluaran terbaru sudah banyak muncul. Yang mana dilengkapi dengan fitur canggih, bahkan beberapa sudah mengusung teknologi canggih. Jadi tidak akan heran apabila harga motor klasik ini bisa mencapai di atas rata-rata.

Nah berikut ini beberapa sepeda motor klasik yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.

  1. Honda Super Cub 125

Pabrik Honda tidak hanya membuat jenis motor sport saja. Namun juga bisa memproduksi motor klasik lain, misalnya Honda Super Cub. Sepeda motor ini hadir dengan mengusung mesin 125 ccc injeksi SOHC dengan menggunakan pendingin udara. Dari segi transmisi sendiri menggunakan 4 tak. Untuk sepeda klasik satu ini memiliki cukup banyak peminat meskipun dihargai mahal, yakni sekitar 30 juta lebih.

  1. Honda CB1100EX

Satu lagi koleksi motor klasik dari Honda. Untuk Honda CB1100EX merupakan versi terbaru dari Honda CB terdahulu yang sempat menjadi motor klasik paling keren. Pasar retro yang masih cukup baik membuat Honda memutuskan menggarap kembali motor ini menjadi versi terbaru. Dimana Honda CB1100EX sudah dibekali dengan fitur modern dan lebih canggih dibandingkan dengan versi terdahulu.

  1. Honda Rebel CMX500

Motor klasik yang satu ini mempunyai model MoGe (motor gedhe), dimana kental dengan nuansa cruiser dan retro. Honda Rebel CMX500 ini dibekali mesin paralel twin dengan kapasitas 471 cc dan bisa menghasilkan tenaga 47.2 dk di putaran 8500 rpm dan torsi 45.8 Nm. Untuk velg motor ini menggunakan velg palang kipas ring 16. Dibalut ban merek Dunlop ukuran 130/9 do di bagian depan dan 150/80 di bagian belakang.

  1. Cleveland Cyclewerks

Dari segi tampilannya, motor ini memang mempunyai nuansa klasik yang kental. Produsen motor ini sendiri membekali dengan mesin kapasitas 25 cc 4 tak. Hadir dengan desain klasik membuat Cleveland Cyclewerks ini dijadikan basis untuk dijadikan motor custom. Dari segi harga, Cleveland Cyclewerks ini di banderol dengan harga 50 jutaan.

  1. Cleveland Misfit

Kemudian ada Cleveland Misfit yang termasuk motor retro dengan desain hampir sama dengan Cleveland Cyclewerks. Untuk mesin yang diusung sendiri pun sama, yakni 250 cc 4 tak. Dari segi harga, Cleveland Misfit juga di banderol dengan harga sama seperti Cleveland Cyclewerks, yakni 50 jutaan.

  1. Triumph Street Twin

Selanjutnya ada Triumph Street Twin yang merupakan sepeda motor klasik dari produsen kenamaan dunia. Sepeda motor klasik satu ini mempunyai tampilan body yang membuat kita ingat sepeda motor di tahun 70-an di Inggris. Sebab memang di Inggris sepeda motornya memang kental akan nuansa klasiknya. Untuk sepeda motor klasik Triumph Street Twin ini mempunyai kapasitas 900 cc dan bisa mengeluarkan tenaga gahar. Jadi tidak heran, apabila banyak yang mencari motor satu ini.

  1. Yamaha SR400

Tidak ingin ketinggalan dengan produsen motor lain, Yamaha mengeluarkan sepeda motor klasik yang bisa menarik para pecinta otomotif. Khususnya menarik mata penggemar motor klasik. Yamaha SR400 ini mempunyai tenaga gahar karena mempunyai mesin 399 cc SOHC dengan dua katup single cylinder. Untuk sepeda motor ini termasuk ke motor klasik entry level. Dari segi harga memang lebih mahal dibandingkan harga dari motor sport Yamaha R25 dan R15.

  1. Vespa Primavera

Untuk motor satu ini pastinya sudah tidak asing untuk komunitas motor klasik atau pecinta motor vespa. Vespa Primavera ini langsung laris di pasar otomotif dunia, khususnya di Indonesia. Ini karena sepeda motor Vespa Primavera hampir tidak mempunyai perbedaan signifikan dengan motor vespa versi jadul. Yang membedakan hanya dari segi transmisi yang sudah menggunakan transmisi otomatis.

  1. Vespa Sei Giorni 2018 Special Edition

Motor satu ini diproduksi untuk menghormati Vespa Sport Six Days Keluaran tahun 1951. Kemudian vespa ini juga diproduksi khusus saat kompetisi ‘Sei Giorni International di Varese’ selama 6 hari dan memenangkan 9 medali emas. Untuk vespa special edition ini hanya diproduksi sebanyak 300 unit dan menjadi salah satu vespa yang banyak diburu oleh kolektor motor klasik dunia.

  1. Benelli Imperialle 400

Tidak ingin kalah dengan produsen lain, Benelli juga turut menghadirkan motor klasik yang diberikan nama Benelli Imperialle 400. Yang mana motor ini dibekali mesin single SOHC 375 cc lengkap dengan fuel injection. Dimana mampu menghasilkan tenaga sebesar 19 hp di 5500 rpm dengan torsi 28 Nm di 3500 rpm. Selain itu motor ini pun dilengkapi 5-speed gearbox dan sudah lulus Euro 4.

  1. Moto Guzzi V7

Produsen asal Italia ini memang kerap menghadirkan motor dengan spesifikasi yang berkualitas dan kental akan nuansa klasik. Salah satunya adalah Moto Guzzi V7 yang menginspirasi dari desain motor di tahun 1921 silam. Untuk motor klasik ini dibekali spesifikasi dan fitur modern, jadi tidak mengherankan jika di banderol harga cukup mahal. Yakni 350 juta untuk satu unit.

 

Baca juga: Honda CG110 dan CG125, Awet Dan Tahan Lama. Klik Disini...

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...
kedai kopi di bogor

Kopdar dan Kongkow Komunitas Otomotif Lebih Nyaman di Kedai Kopi

Sebagai anak komunitas otomotif, pastinya anda pernah berpikiran untuk bisa kongkow-kongkow asik dengan teman-teman anda. Kalau anda yang diminta untuk mencari tempat untuk komunitas otomotif anda melakukan gathering, anda tak perlu khawatir. Apalagi kalau lokasi gathering-nya di Bogor, banyak… Baca selengkapnya...

Julukan Produk Mercedes Benz Klasik Di Indonesia

Sulitnya mengingat kombinasi angka dan huruf yang menandakan kode bodi dan generasi mobil produk Mercedes Benz, orang Indonesia kemudian menciptakan beberapa julukan unik, berdasarkan bentuknya hingga sejarahnya. Simak penjelasannya dibawah ini: Baca selengkapnya...

Enkei, Velg Motor Ring 17 Yang Kini Jadi Idola

Velg (Pelek) merupakan salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor karena menjadi komponen dari sebuah roda. Velg motor ada bermacam spesifikasi, sesuai perusahaan yang memproduksinya. Perusahaan tersebut tentu mempunyai merek untuk membranding barang produksinya. Salah satunya adalah Enkei.… Baca selengkapnya...

Mobil Apa Yang Layak Dikoleksi Sekaligus Bisa Sebagai Investasi?

Yang dimaksud dengan investasi adalah menanamkan modal untuk memperoleh keuntungan dimasa depan. Selain menambah jumlah harta investasi juga dapat membuat kondisi finansial menjadi jauh lebih baik. Ada berbagai jenis investasi mulai dari emas, saham, reksadana, properti, dan mobil antik. Obyek… Baca selengkapnya...