TRANSLATE

en English

Cara Modifikasi Suspensi Suzuki Jimny Agar Lebih Nyaman Dikendarai

Suzuki Jimny tergolong mobil dengan model Sport Utility Vehicle (SUV), yang didesain untuk melewati jalanan off road, heavy duty, bukan mobil yang mengedepankan kenyamanan. Namun banyak yang mengeluhkan bantingan duspensinya. Padahal jika dibandingkan SUV lain, bantingan dari suspensi standar Jimny sebenarnya tidak begitu keras. Alih-alih memodifikasi suspensi Jimny agar bisa lebih nyaman, banyak yang melakukannya dengan cara yang salah kaprah hingga malah menjadi lebih keras.

Memodifikasi suspensi dengan cara mem-press atau roll per agar mobil jadi tinggi, dengan harapan bisa lebih empuk, sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Padahal cara tersebut dapat membuat kacaunya kekakuan per/spring rate dan mengubah rasa asli dari Jimny. Selain itu juga dapat membuat fleksibilitas Jimny menjadi lebih buruk. Akibatnya bantingan mobil jadi keras, travel suspensinya kaku, tidak stabil, juga limbung.

Padahal jika melakukan modifikasi yang sesuai aturan  yaitu dengan menghitung semua perubahan yang akan dilakukan, suspensi Jimny bisa dibuat lebih nyaman dibandingkan standarnya.

Satu cara menaikan tinggi kendaraan yang benar adalah dengan menerapkan Spring Over Axle System (SPOA), yaitu memindahkan per daun dari bawah gardan, ke atas gardan mobil. Atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ‘pegas di atas gandar’, mengacu pada posisi pegas daun dalam kaitannya dengan poros roda.

Istilah pegas di atas gandar, banyak diterapkan pada kendaraan yang menggunakan  sistem suspensi penggerak empat roda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan  ground clearance. Caranya dengan membuat bantalan (dudukan) pegas/per yang baru di rumah gandar (gardan), agar  gandar bisa dipasang dengan posisi di bawah pegas daun. 

Sampai saat ini, SPOA dianggap sebagai metode termudah dan paling hemat biaya untuk menaikkan kendaraan dua hingga tiga ukuran standar, atau naik sebanyak 4-6,5 inci. SPOA dapat dilakukan dengan beberapa cara, selain membuat bantalan (dudukan) pegas/per yang baru . juga dapat dilakukan dengan memasang pegas tambahan yang disatukan dengan pegas asli, atau dengan melengkungkan kembali pegas aslinya. Pada kendaraan yang digunakan murni untuk off-road, umumnya mengkombinasikan  beberapa metode tersebut.

Secara umum, SPOA hanya dapat diterapkan pada kendaraan yang menggunakan pegas daun di gandar depan atau belakang. Untuk kendaraan yang menggunakan pegas koil (per keong)di bagian depan dan pegas daun di bagian belakang, cara  menyamai ketinggian pegas belakang yang sudah dinaikkan, biasanya diakali  dengan menggunakan pegas koil (per keong) yang lebih tinggi untuk ditempatkan pada suspensi di bagian depan.

Sedangkan pada mobil dengan  suspensi depan yang menggunakan batang torsi, untuk menyamai tinggi pada suspensi belakang yang menggunakan pegas atas gandar, batang torsi harus disetel ke ketinggian maksimalnya. Jika suspensi batang torsi tidak dapat disetel cukup tinggi, maka kit pengangkat aftermarket yang dirancang khusus untuk suspensi batang torsi dipasang di bagian depan kendaraan untuk mendapatkan ketinggian yang diperlukan agar sesuai dengan sistem pegas di atas poros belakang.

Praktisnya, untuk mendapatkan ketinggian tambahan, para pemilik  kendaraan mengganti pegas dengan ukuran yang lebih panjang. Namun untuk mendapatkan ketinggian maksimum, banyak yang lebih suka menggunakan kit pengangkat kendaraan aftermarket dapat dibeli di  toko perlengkapan mobil.

MOBIL NEGARA EROPA

Jika Dulu Harganya Kompetitif, Mobil Peugeot 604 SL Dipastikan Akan Merajai Pasar

Peugeot 604 SL merupakan salah satu mobil kuno yang sulit ditemui di Indonesia dan juga di seluruh penjuru dunia. Jika ditemui, kondisi mobil Peugeot 604 SL biasanya hancur dan ditelantarkan oleh pemiliknya atau menjadi koleksi dari para pecinta mobil Peugeot. Sedikitnya populasi dari mobil ini, karena selama masa produksi yakni dalam kurun waktu antara tahun 1975 sampai dengan tahun 1983, angka penjualan Peugeot 604 SL memang tergolong rendah. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Peugeot 504… Baca selengkapnya...

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Thames Trader, Primadona Mobil Truk Di Tahun Enam Lima

Truk atau masyarakat jaman dulu menyebutnya sebagai prahoto, adalah adalah jenis kendaraan yang berguna untuk mengangkut barang, dengan ukuran, bentuk dan tenaga yang lebih besar dibandingkan mobil penumpang. Truk juga sering disebut sebagai mobil barang. Baca selengkapnya...

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 26

    (SALE) Holden VL Calais 1989

    M/T 5speed Full Registered Paper (BPKN & STNK) Pajak Hidup Plat B KM: 90,XXX (Slowly Going) Lokasi: Jawa Timur OPTIONS: Fresh Paint, Fully Restored Bolt on roll cage 4 sparco racing seats all brand new Interior roof lining All new black carpets Dash blacked out Sparco wheel New distributor, coil and ECU

MOBIL BUATAN JEPANG

Rahasia Hidup Panjang Toyota Kijang Kapsul

Toyota Kijang Kapsul merupakan salah satu mobil tua yang banyak diincar oleh konsumen otomotif. Coba saja tengok ke jalanan, Anda pasti tidak akan kesulitan menemukan satu dari 20 seri Kijang lansiran tahun 1997 hingga 2004 ini. Baca selengkapnya...
  • 48

    Forsale! Toyota Lift Back 1.6 Ae92 1988

    Mesin sehat kenceng & bertenaga Kelistrikan 0k Radiator aman no overheat AC dingin Cat mulus body no kropos List kaca &k aret body ok Interior original fabric Lampu full original koito Japan Velg enkei spoke f ori Japan Kaki kaki aman 4 ban pcs tebal Pajak panjang on Mobil siap gas diajak kencan dalam luar kota