Old Datsun Indonesia Kumpulannya Para Penggemar Mobil Datsun Lama

Beberapa tahun belakangan ini, Datsun menjadi merek yang mulai banyak diperhitungkan oleh sejumlah pengendara roda empat di Tanah Air. Tak hanya produksi keluaran terbaru saja yang digemari, tetapi juga mobil-mobil keluaran lama (70 dan 80-an). Tak heran karenanya saat ini, ada begitu banyak komunitas pecinta Datsun retro yang terbentuk di berbagai daerah. Salah satunya yang paling terkenal adalah Old Datsun Indonesia (ODI).

Dibentuk pada tahun 2010-an, tujuan pendirian ODI sendiri memang dimaksudkan untuk mempersatukan para penggemar mobil Datsun retro dari penjuru daerah. Terakhir kali jumlah anggotanya bahkan sudah mencapai 50 orang lebih seperti yang dilansir oleh Otosia.com (15/05/2019). 

Para anggota yang bergabung tergabung dalam komunitas ini biasanya memiliki kegemaran terhadap produksi Datsun di bawah tahun 80-an, seperti Bluebird, Fairlady, Cherry, Honey Bee, dan masih banyak lagi.

Meski tema dasar komunitas ini adalah datsun lawas, bukan berarti setiap anggota yang bergabung di dalamnya wajib memiliki jenis mobil tersebut. Siapa saja boleh bergabung asalkan memiliki kecintaan yang cukup besar terhadap jenis roda empat tersebut.

ODI sendiri juga sering menginisiasi berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Datsun lama, dimulai dari workshop, kontes, balap reli, touring, hingga gathering. Tak hanya acara-acara bertajuk lawas saja yang diikuti, komunitas ini juga kerap hadir dalam sejumlah penyelenggaraan bertema Datsun lainnya bersama dengan sejumlah komunitas Datsun keluaran terkini.

Tentunya ada banyak keuntungan yang didapat jika bergabung di dalamnya. Para anggota bisa saling bertukar informasi seperti tips, perawatan, penanganan dari ahli, hingga penjualan sparepart.

Namun yang terpenting dari semua itu, kegiatan kumpul komunitas ini dapat memperat tali silahturahmi antar anggotanya. Apabila tertarik dengan komunitas mobil ini, Anda bisa coba membuka laman instagram mereka di “@Old.Datsun.Indonesia”.