Loading...
en

Bintang Dijaman 'Old' Yang Tetap Menjadi Incaran Dimasa 'Now'

Mercedes Benz atau lebih tenar dengan sebutan Mercy adalah sebuah merk mobil mewah terkenal buatan Jerman. Harga mobil barunya selalu mahal, tak bahkan pada seri-seri yang tak lagi diproduksi atau sudah masuk jajaran bursa mobil klasik. Keunggulan mesin, disamping faktor keamanan dan kenyamanannya,  menjadikan mobil ini layak dibayar mahal. Terlebih dengan prestise merk Mercedes-Benz yang pastinya identik dengan mobil mewah.

Salah satu seri Mercedes-Benz yang hingga kini tetap diburu adalah Mercedes Benz W123. Bisa dikatakan bahwa mobil yang di Indonesia dikenal dengan sebutan Mercy Tiger itu adalah bintang di jaman old (pada eranya-red) dan tetap menjadi idaman di jaman now, di bursa mobil klasik.

Pada eranya, Mercy Tiger begitu dielukan. Namun, walau kini telah jauh dari masa keemasannya, mobil tersebut tak kurang peminat. Banyaknya komunitas pecinta Mercy Tiger menjadi salah satu bukti. Tingginya animo terhadap Mercy Tiger tidak lepas dari prestise yang disandangnya.

Sebutan Mercy Tiger yang melekat pada Mercedes-Benz W123 tidak terlepas dari sejarah penggunaannya pada eranya.  Mobil mewah  ini pertama masuk ke Indonesia pada 1977 silam. Saat itu, W123 menjadi kendaraaan warga negara Asing atau para pejabat kedutaan Asing di Jakarta. Oleh karena desainnya yang elegan, W123 lantas disebut dengan Mercy Macan yang merupakan singkatan dari Manis dan Cantik.

Selang beberapa tahun kemudian, para warga negara Asing tersebut pulang ke negara asalnya dan menjual W123 ke penjual mobil bekas. Mereka inilah yang mengganti nama Macan dengan Tiger  (Bahasa Inggris dari "Macan"), tujuannya agar lebih terkesan ke-Barat-baratan. Sejak saat itulah Mercedez-Benz W123 lebih dikenal dengan sebutan Mercy Tiger. Penyebutan ini juga terkesan lebih simple bagi kebanyakan lidah orang Indonesia daripada menyebut nama aslinya yang cukup panjang dan njlimet.

Desain Mercy Tiger sendiri dibuat Bruno Sacco yang merupakan perancang Daimler Benz. Ia memang meracik mobil mewah tersebut dengan mengutamankan desain yang abadi dan tetap elegan hingga beberapa puluh tahun kemudian. Formulanya terbukti hingga kini! Bicara soal desain Mercy Tiger memang cukup mewah. Paras si Tiger tidak hanya rupawan pada eranya saja.

Walaupun mobil-mobil  produk eropa terus bermunculan, desain mercy Tiger tetap tak ketinggalan jaman. Dirancang sebagai sedan dengan 4 pintu, W123 hadir dalam beberapa varian, seperti C123 untuk coupe, S123 untuk estate atau station wagon hingga F123 yang digunakan untuk keperluan ambulans dan lainnya. Untuk mesinnya, terdapat dua varian, yaitu tipe bensin dengan kapasitas 2000cc 4 silinder dan 3000cc bertipe diesel.

Secara keseluruhan seri ini hadir dalam 5 tipe yang keluar mulai dari tahun 1977 hingga 1986. Adapun tipe-tipe mobil mewah tersebut yang dijumpai di Indonesia antara lain 200, 230, 240D, 280 dan 280E. Khusus tipe 280D bermesin diesel sangat jarang dijumpai di Tanah Air, lagi pula jika ada harga jualnya sangat mahal.

Perbedaan dari tipe-tipe tersebut terdapat pada mesin dan fitur-fitur yang melengkapinya. Seri 200 misalnya, menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 2000cc dan karburator. Mesin dari seri ini terdapat 2 pilihan, yaitu M115 dan M102. Seri yang disebut pertama sama dengan mesin Mercedes Benz Mini dan dibuat antara tahun 1977-1981. Bentuk dari mesin tersebut menyerupai nisan di makam di sekitar sproket camshaft, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai mesin kuburan.

Lain halnya dengan mesin M102 yang berujuk mesin miring sebagai pembeda dengan mesin kuburan. Varian mesin ini sama dengan Mercedes-Benz Boxer produksi tahun 1981-1985. Selanjutnya, untuk Mercedes Benz 230 menggunakan mesin 4 silinder 2300 cc karburator dengan tipe M115 utnuk model buatan sebelum tahun 1981. Varian 230 juga hadir dalam 230 yang menggunakan teknologi fuel injection dan bermesin M102 dengan kapasitas 2300cc. Tipe injeksi yang digunakan adalah sistem jetronic yang hanya bisa mengatur ABS dan AC.

Lini mobil mewah Mercy Tiger ditempati oleh seri 280 dan 280E. Keduanya menggunakan mesin 6 silinder dan berkapasitas 2800cc dan memiliki kode M110. Tipe 280 masih menggunakan karburator, tetapi untuk tipe 280E sudah menggunakan injeksi jetronic. Sebagai lini atas, Mercy 280 dan 280E dilengkapi dengan fitur eksterior dan interior yang lebih lengkap dan mewah dibandingkan seri 200 dan 230. 

Tipe ini pun dilengkapi dengan sistem audio menggunakan radio tape merk Blaupunkt lengkap dengan equalizer cobra. Terobosan tersebut terbilang canggih pada zamannya. Meski hanya menggunakan sedikit speaker, tetapi audio dari mobil mewah tersebut cukup cethar membahana!

Tak hanya itu, untuk mobil keluaran saat itu, kedua seri Mercy itu sudah dilengkapi dengan power windows dengan air pressure system. Kecanggihan tak hanya di dalam kabin, melainkan juga di luar kabin. Di bagian bokong mobil tersebut pun dilengkapi dengan lampu kabut.

Demikian, sekelumit tentang Mercy Tiger, si bintang di jaman old yang menjadi rebutan di jaman now. Bagaimana, apakah Anda juga tertarik meminang mobil mewah ini?

 

 

Mudik Lebaran Semakin Asyik dengan Kendaraan Klasik

Mudik Lebaran Semakin Asyik dengan Kendaraan Klasik

Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang pilihan paling nyaman. Selain hemat, Anda tidak perlu berdesakan di kendaraan umum dan bebas membawa barang apapun yang diinginkan. Waktunya pun menyesuaikan, jika lelah, Anda bisa beristirahat terlebih dahulu. Tidak heran jika beberapa dekade belakangan, mudik menggunakan kendaraan pribadi menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang.

Daftar Grup/Komunitas Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super merupakan nama populer generasi ke-3 yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 1986. Mobil ini hadir menggantikan generasi kedua (1981-1986) yang dikenal dengan panggilan "Toyota Kijang Doyok". Nama ini muncul gara-gara saat diluncurkan diberi nama "Super Kijang". Toyota Kijang Super ini diberi kode bodi KF40 (sasis pendek) dan KF50 (sasis panjang). Perbedaan antara Toyota Kijang Super sasis panjang dan pendek ini sekitar 20 cm.

Kulineran Di Mobil, Mengulang Trend 50 Tahun Yang Lalu

Kondisi yang terjadi saat pandemi ini memang merepotkan dunia kuliner, baik para penyedia ataupun…

Touring Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya Juga

Pada saat memasuki usia senja, umumnya kita seringkali dilanda kesepian. Juga dengan berbagai…

Menang Kontes Modifikasi Mobil Berkat Kotoran Sapi

Semua yang tercipta di bumi memang terdapat manfaatnya masing-masing, bahkan hal yang terkadang…