Loading...
en

Tips Untuk Mengasuransikan Mobil Klasik

Pemilik mobil klasik pasti rata-rata adalah para kolektor yang amat sangat sayang dan juga peduli dengan kendaraannya. Ada kepuasan tersendiri kalau bisa merawatnya dengan baik. Nah, untuk itulah asuransi mobil menjadi penting. Asuransi akan mengurangi kemungkinan kerugian yang tak terduga. Akan tetapi ternyata masih banyak pemilik mobil klasik yang tak mengetahui cara untuk mengasuransikannya,  termasuk juga jenis asuransi yang bakal digunakan yakni Comprehensive dan juga Total Loss Only. Apa bedanya?

 

1. ComprehensiveAsuransi ini menjamin risiko kerugian atau kerusakan sebagian atau partial loss dan juga keseluruhan atau total loss yang mana diakibatkan semua risiko sepanjang tak dikecualikan dalam polis. Walau biaya preminya bisa dikatakan lumayan tinggi, sebagian besar customers pasalnya suka memilih asuransi jenis ini karena jaminan ganti ruginya yang besar, sebagian atau bahkan keseluruhan atas kerusakan yang terjadi. Misalnya saat terjadi kecelakaan di jalan raya, pencurian, kebakaran, dan lainnya.

2. Total Loss OnlyAsuransi ini cuma melakukan pergantian klaim kalau mobil anda mengalami kerusakan lebih dari 75% karena bencana alam atau permasalahan lainnya. Kalau kerusakan kurang dari 75%, maka penyedia layanan asuransi tak akan membayar kerugian anda.

 

 

TIPS MEMILIH ASURANSI MOBIL KLASIK

Agar anda tak salah pilih asuransi mobil, berikut kami berikan tips memilih asuransi yang cocok bagi mobil tua/klasik anda.

a. Pahami jenis asuransinya Comprehensive (All Risk) atau Total Loss Only (TLO);  terutama yang berhubungan dengan biaya dan klaim. 

b. Bandingkanlah layanan dari maisng-masing penyedia jasa asuransi mobil:

  • Nilai premi yang perlu dibayarkan dengan proteksi yang anda terima nantinya.
  • Keuntungan dan kerugian tipe asuransi yang ditawarkan dibandingkan dengan fitur dan proses klaimnya.
  • Serta jumlah customer dan juga cabang yang dimiliki penyedia layanan asuransi mobil. Kalau customer dan cabangnya banyak, manajemen keuangan dan layanannnya makin baik juga.

c. Cermati faktor penyebab besarnya nilai premi; seperti tahun mobil anda, harga mobil dan jenis plat.

 

 

CARA MENJADI PESERTA ASURANSI MOBIL KLASIK

  • Meminta penawaran. jika sudah mendapatkannya, mintalah penjelasan selengkap-lengkapnya.
  • Lengkapi data dan dokumen yang diperlukan, misalnya Formulir Penutupan Asuransi Kendaraan Bermotor atau dikenal dengan SPPAKB, fotokopi STNK, KTP/SIM, KITAP/KITAS (untuk WNA).
  • Petugas akan mensurvey kendaraan anda sebelum diasuransikan.
  • Setelah semua proses selesai, maka polis asuransi anda sudah siap, akan dicetak dan dikirim ke alamat anda.
  • Membayar premi, umumnya dilakukan via transfer dengan VA (Virtual Account).

 

Demikian hal-hal yang perlu anda ketahui tentang asuransi mobil klasik. Semoga bermanfaat

-------------------------------------------

JADWAL EVENT OTOMOTIF:

"Mbanjar Negarane CB"
Event Mbanjar Negarane CB

25-26 Juli 2020 di Stadion Soemitro Kolopaking, Banjarnegara. Syarat dan ketentuan dapat dilihat di Aplikasi IAC Indonesia Automotive Community

Baca selengkapnya...

 
  • Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi

    Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi?

    Mobil pribadi menjadi solusi untuk bepergian di masa pandemi virus Corona, setelah kendaraan umum tidak beroperasi. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan kendaraan sendiri lebih aman. Virus Corona ternyata mudah masuk kedalam mobil pribadi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dibawa oleh pengemudi ataupun penumpang yang masuk kedalam mobil setelah beraktifitas.
  • Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    There are so many instagrammable cafes in Indonesia you can visit. Jogjakarta is one of the cities in Indonesia that full of cafes around. Most of them bring the unique concept for the customers including hobbies. It means, you can’t get the entertainment and meals only but you can hang out there while enjoying the beautiful interior design such as Brick Cafe in Jogja. If you love classic motor bikes, then you can visit and spend your time in this vintage cafe.

food truck 1

BISNIS FOOD TRUCK

Bisnis yang sedang booming di berbagai belahan dunia. Selain praktis karena mudah dipindah-pindahkan, juga bisa tampil menarik hingga bisa dengan mudah menarik konsumen untuk berbelanja. Bagaimana cara memulai bisnis ini, dan apa saja yang harus disiapkan? 

Baca Selengkapnya...