Loading...
en

Tips Mengelola Keuangan Agar Pengurus Komunitas Otomotif Tidak sering Nombok

Dalam tiap perkembangan organisasi dan komunitas, soal manajemen keuangannya juga mesti diperhatikan. Karena manajemen keuangan amat sangat berpengaruh pada langkah komunitas dan organisasi itu berjalan maju nantinya. Dengan manajemen keuangan yang baik, maka komunitas bisa memiliki potensi berkembang yang besar dan pesat juga. Disamping tingkat kepercayaan anggotanya soal keuangan jadi terjaga dengan baik, pastinya mengelola keuangan komunitas dengan baik bisa menghindarkan pengurusnya dari tombok. Lalu bagaimana cara mengelola keuangan yang baik bagi komunitas itu? Nah, kami akan membagikannya pada anda di bawah ini.

 

CARA MENGELOLA KEUANGAN KAS KOMUNITAS AGAR TAK ADA PENGURUS YANG TOMBOK

Perhatikan beberapa tips cara mengelola keuangan komunitas supaya tak ada lagi pengurus yang harus menalangi biaya keperluan komunitas.

 

1. Tentukanlah tujuan dari komunitas itu

Hal mendasar dari membuat keuangan komunitas lebih terarah lagi dengan cara menentukan tujuan yang jelas apa yang menjadi proyek komunitas itu. Tentunya, dari konsep menajemen keuangan yang mana adalah suatu proses dalam pengaturan aktifitas atau pun suatu kegiatan keuangan di dalam komunitas, yang termasuk didalamnya adalah kegiatan perencanaan, analisa dan juga pengendalian oleh orang yang secara khusus ditunjuk untuk mengatur keuangan. Apabila tujuannya sudah jelas, pasti untuk program, rencana, analisa dan yang lainnya bakal makin mudah untuk dibuat.

 

2. Pilih kegiatan komunitas yang tepat

Cara kedua dalam mengelola keuangan kas komunitas agar para pengurusnya tak tombok adalah menentukan kegiatan komunitas yang tepat, setelah tujuan kegiatan komunitas telah ditentukan. Coba cari kegiatan yang tepat supaya bisa mencapai tujuan itu. Dengan kegiatan yang tepat sasaran, pasti juga akan memperkecil pengeluaran keuangan organisasi ke depannya lagi. Sehingga tiap pengeluaran keuangan organisasi pun akan terhindari dari kegiatan yang tak memiliki potensi untuk mencapai tujuan kegiatan komunitas itu. Dan cara mengelola keuangan kas ini sudah terbukti ampuh, lho.

 

3. Carilah sumber pemasukan yang pasti bagi komunitas

Tentu saja di dalam kegiatan komunitas harus ada sumber pemasukan untuk bisa menjalankan tujuan organisasi itu. Biasanya sumber yang didapatkan bisa lewat kumpulan dana dari tiap anggota tiap bulannya atau pun menjalankan usaha yang dikelola komunitas tersebut. tentukan lah dan carilah sumber yang pasti untuk pemasukan. Dan itu akan memudahkan merencanakan keuangan organisasi. Jadi, jumlah sumber pemasukan yang sangat jelas ini bakal dijadikan tolok ukur guna mengetahui pengeluaran tiap kegiatan yang bakal dilakukan.

 

4. Tentukanlah pengeluaran yang tepat untuk tiap kegiatan yang dilakukan

Kemudian anda juga harus menentukan pengeluaran yang tepat sasaran bagi tiap kegiatan yang bakal dilakukan. Apabila tiap kegiatan komunitas otomotif anda tepat sasaran dan sumber pemasukan sudah jelas, anda harus melakukan eksekusi tiap kegiatan yang bakal dilakukan. Tentukan lah berapa besar pengeluaran yang bakal dikeluarkan. Dan usahakan perhitungan anda itu sudah dirinci secara tepat supaya tak terjadi pemborosan keuangan komunitas dalam melakukan berbagai macam kegiatan organisasi yang telah direncanakan sebelumnya.

 

5. Catatlah keuangan komunitas dengan rapi

Dengan mencatatat tiap pengeluaran dan juga pemasukan dengan rapi, maka itu akan memudahkan pemantauan tiap perputaran arus keuangan komunitas itu. Apabila belum mampu membuatnya dengan rapi, anda bisa gunakan aplikasi gratis dari PlayStore.

 

Demikian lah cara mengelola keuangan kas komunitas bagi anda yang ingin para pengurusnya tak tombok.

-------------------------------------------

JADWAL EVENT OTOMOTIF:

"Mbanjar Negarane CB"
Event Mbanjar Negarane CB

25-26 Juli 2020 di Stadion Soemitro Kolopaking, Banjarnegara. Syarat dan ketentuan dapat dilihat di Aplikasi IAC Indonesia Automotive Community

Baca selengkapnya...

 
  • Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi

    Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi?

    Mobil pribadi menjadi solusi untuk bepergian di masa pandemi virus Corona, setelah kendaraan umum tidak beroperasi. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan kendaraan sendiri lebih aman. Virus Corona ternyata mudah masuk kedalam mobil pribadi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dibawa oleh pengemudi ataupun penumpang yang masuk kedalam mobil setelah beraktifitas.
  • Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    There are so many instagrammable cafes in Indonesia you can visit. Jogjakarta is one of the cities in Indonesia that full of cafes around. Most of them bring the unique concept for the customers including hobbies. It means, you can’t get the entertainment and meals only but you can hang out there while enjoying the beautiful interior design such as Brick Cafe in Jogja. If you love classic motor bikes, then you can visit and spend your time in this vintage cafe.

food truck 1

BISNIS FOOD TRUCK

Bisnis yang sedang booming di berbagai belahan dunia. Selain praktis karena mudah dipindah-pindahkan, juga bisa tampil menarik hingga bisa dengan mudah menarik konsumen untuk berbelanja. Bagaimana cara memulai bisnis ini, dan apa saja yang harus disiapkan? 

Baca Selengkapnya...