Loading...
en

Tips Mengelola Keuangan Agar Pengurus Komunitas Otomotif Tidak sering Nombok

Dalam tiap perkembangan organisasi dan komunitas, soal manajemen keuangannya juga mesti diperhatikan. Karena manajemen keuangan amat sangat berpengaruh pada langkah komunitas dan organisasi itu berjalan maju nantinya. Dengan manajemen keuangan yang baik, maka komunitas bisa memiliki potensi berkembang yang besar dan pesat juga. Disamping tingkat kepercayaan anggotanya soal keuangan jadi terjaga dengan baik, pastinya mengelola keuangan komunitas dengan baik bisa menghindarkan pengurusnya dari tombok. Lalu bagaimana cara mengelola keuangan yang baik bagi komunitas itu? Nah, kami akan membagikannya pada anda di bawah ini.

 

CARA MENGELOLA KEUANGAN KAS KOMUNITAS AGAR TAK ADA PENGURUS YANG TOMBOK

Perhatikan beberapa tips cara mengelola keuangan komunitas supaya tak ada lagi pengurus yang harus menalangi biaya keperluan komunitas.

 

1. Tentukanlah tujuan dari komunitas itu

Hal mendasar dari membuat keuangan komunitas lebih terarah lagi dengan cara menentukan tujuan yang jelas apa yang menjadi proyek komunitas itu. Tentunya, dari konsep menajemen keuangan yang mana adalah suatu proses dalam pengaturan aktifitas atau pun suatu kegiatan keuangan di dalam komunitas, yang termasuk didalamnya adalah kegiatan perencanaan, analisa dan juga pengendalian oleh orang yang secara khusus ditunjuk untuk mengatur keuangan. Apabila tujuannya sudah jelas, pasti untuk program, rencana, analisa dan yang lainnya bakal makin mudah untuk dibuat.

 

2. Pilih kegiatan komunitas yang tepat

Cara kedua dalam mengelola keuangan kas komunitas agar para pengurusnya tak tombok adalah menentukan kegiatan komunitas yang tepat, setelah tujuan kegiatan komunitas telah ditentukan. Coba cari kegiatan yang tepat supaya bisa mencapai tujuan itu. Dengan kegiatan yang tepat sasaran, pasti juga akan memperkecil pengeluaran keuangan organisasi ke depannya lagi. Sehingga tiap pengeluaran keuangan organisasi pun akan terhindari dari kegiatan yang tak memiliki potensi untuk mencapai tujuan kegiatan komunitas itu. Dan cara mengelola keuangan kas ini sudah terbukti ampuh, lho.

 

3. Carilah sumber pemasukan yang pasti bagi komunitas

Tentu saja di dalam kegiatan komunitas harus ada sumber pemasukan untuk bisa menjalankan tujuan organisasi itu. Biasanya sumber yang didapatkan bisa lewat kumpulan dana dari tiap anggota tiap bulannya atau pun menjalankan usaha yang dikelola komunitas tersebut. tentukan lah dan carilah sumber yang pasti untuk pemasukan. Dan itu akan memudahkan merencanakan keuangan organisasi. Jadi, jumlah sumber pemasukan yang sangat jelas ini bakal dijadikan tolok ukur guna mengetahui pengeluaran tiap kegiatan yang bakal dilakukan.

 

4. Tentukanlah pengeluaran yang tepat untuk tiap kegiatan yang dilakukan

Kemudian anda juga harus menentukan pengeluaran yang tepat sasaran bagi tiap kegiatan yang bakal dilakukan. Apabila tiap kegiatan komunitas otomotif anda tepat sasaran dan sumber pemasukan sudah jelas, anda harus melakukan eksekusi tiap kegiatan yang bakal dilakukan. Tentukan lah berapa besar pengeluaran yang bakal dikeluarkan. Dan usahakan perhitungan anda itu sudah dirinci secara tepat supaya tak terjadi pemborosan keuangan komunitas dalam melakukan berbagai macam kegiatan organisasi yang telah direncanakan sebelumnya.

 

5. Catatlah keuangan komunitas dengan rapi

Dengan mencatatat tiap pengeluaran dan juga pemasukan dengan rapi, maka itu akan memudahkan pemantauan tiap perputaran arus keuangan komunitas itu. Apabila belum mampu membuatnya dengan rapi, anda bisa gunakan aplikasi gratis dari PlayStore.

 

Demikian lah cara mengelola keuangan kas komunitas bagi anda yang ingin para pengurusnya tak tombok.

 

 

kopdar

JADWAL KOPDAR BULAN INI

 

 

 
  • Siapa Menyangka, Jika Desainnya Terinspirasi Dari Botol Coca Cola

    Coca-Cola adalah merk minuman ringan berkarbonasi, yang berawal dari sebuah obat paten yang dibuat oleh ahli farmasi Amerika Serikat bernama John Pemberton pada akhir abad ke-19. Resep obat ini kemudian dibeli oleh Asa Griggs Candler, untuk diproduksi dan dipasarkan dalam bentuk konsentrat. Sebuah pabrik botol yang memegang kontrak eksklusif dengan Asa Griggs Candler, mengolah konsentrat tersebut menjadi minuman dengan cara dicampur air dan pemanis, kemudian dikemas dalam botol dan diberi nama…

Touring Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya Juga

Pada saat memasuki usia senja, umumnya kita seringkali dilanda kesepian. Juga dengan berbagai…

Kulineran Di Mobil, Mengulang Trend 50 Tahun Yang Lalu

Kondisi yang terjadi saat pandemi ini memang merepotkan dunia kuliner, baik para penyedia ataupun…

Dari Kancil Jadi Kebo, Hanya Ada Di Dunia Otomotif

Hewan dengan nama latin Tragulus kanchil, adalah sejenis ungulata berteracak genap bertubuh kecil…

Menang Kontes Modifikasi Mobil Berkat Kotoran Sapi

Semua yang tercipta di bumi memang terdapat manfaatnya masing-masing, bahkan hal yang terkadang…
ATV Vehicles Provide The Best Driving Experience While On Vacation

ATV Vehicles Provide The Best Driving Experience While On Vacation

Holiday becomes the right time to spend time with family or friends. Vacationing can be done anywhere, but vacationing to natural attractions is more fun. Enjoying the beautiful scenery and getting a fresh breeze will certainly provide its own tranquility. After spending a long time working in the city, it might be time for you to take a vacation to the natural attractions.