Toyota Kijang Doyok, Cikal Bakal Mobil Keluarga Indonesia

Bagi sebagian orang, Toyota Kijang Doyok barangkali terdengar seperti sebuah kendaraan yang populer berkat cerita film jadul. Julukannya saja mirip nama pelawak Doyok yang masyhur di era 1980-1990an. Di balik keunikan namanya, mobil ini memang benar-benar pernah dijual dan merupakan cikal bakal mobil keluarga Indonesia.

Membicarakan mobil keluarga di abad 21 tentu akan sulit untuk tidak menyebut berbagai varian mobil Toyota Kijang. Mobil-mobil lansiran prinsipal asal Jepang ini memang selalu menjadi topik hangat di segmen minivan. Sebut saja Toyota Kijang Innova atau Toyota Avanza.

Ditelusuri dari sejarahnya, Kijang Doyok yang memiliki nama resmi Kijang KF20 ternyata punya peran besar sebagai cikal bakal mobil keluarga Indonesia.

 

 

Mobil Sejuta Umat pada Zamannya

Toyota Kijang Doyok merupakan Kijang Generasi Kedua yang mengaspal perdana tahun 1981. Sebagai generasi kedua, varian ini dipersiapkan sebagai penerus Kijang Buaya. Berbeda dengan Buaya yang hadir sebagai kendaraan pikap, Doyok memiliki konsep minivan dengan kabin tertutup.

Sebagai penerus Kijang Buaya, Toyota Kijang Doyok masih mewarisi tampak muka generasi sebelumnya. Dominasi garis lurus dan sudut yang tajam dapat ditemui pada keduanya. Perbedaannya terdapat pada penyempurnaan detail pada model pintu full door dengan kaca jendela. Selain itu, Kijang Generasi Kedua ini sudah dilengkapi pelapisan anti karat dan warna catnya lebih berkilau.

Di masanya, Toyota Kijang Doyok sempat populer sebagai kendaraan pribadi. Kabarnya, penerus Kijang Buaya ini memiliki 16 seri yang terjual tidak kurang dari 100 ribu unit dalam kurun waktu 5 tahun. Peminatnya datang dari berbagai kalangan. Tidak heran jika orang-orang menjulukinya mobil sejuta umat pada zamannya.

 

 

Mirip Tokoh Kartun

Sebagai penerus Kijang Buaya, Doyok punya latar belakang nama yang unik. Varian dengan nama resmi KF20 ini mendapat julukan Doyok dari masyarakat lantaran sering muncul di lembaran bergambar Harian Pos Kota. Tidak sedikit pula yang menyamakan sosoknya yang kerempek dan kotak dengan tokoh kartun Doyok yang populer sejak tahun 1977.

Melihat pengaruhnya yang begitu besar terhadap masyarakat, tidak salah jika menyebut Toyota Kijang Doyok sebagai cikal bakal mobil keluarga Indonesia.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Inilah Helm Retro Yang Banyak Dipalsu

Bukan sekadar desainnya saja, merek aslinya pun ditempel agar lebih meyakinkan. Hal itulah yang terjadi pada jenis helm yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada saat sidak ke Pasar Anyar Tangerang atau sunday morning ride (sunmori) di Bandung pada Akhir tahun 2018 yang lalu. Jokowi… Baca selengkapnya...

Renault 4 GTL Mobil Polisi Yang Tangguh Sebagai Mobil Reli

Jika kita jeli menonton film-film barat, kita bisa jadi sering melihat mobil eropa antik ini berseliweran di jalan-jalan sebagai mobil polisi. Mobil itu tak lain adalah Renaut 4 GTL. Kini, mobil tipe hatchback ini memang menjadi salah satu mobil legendaris yang sudah mulai langka. Renault 4 (atau… Baca selengkapnya...

This is The Indonesian Combat Car Used by Security Forces of The United Nations

The development of technology in Indonesia might not be as fast as other advanced countries in the world such as United States. Indonesia also doesn’t have national cars which are produced in massive amount. However, when it comes to the skill in making so many types of vehicles, don’t… Baca selengkapnya...
asuransi mobil

Tips Untuk Mengasuransikan Mobil Klasik

Pemilik mobil klasik pasti rata-rata adalah para kolektor yang amat sangat sayang dan juga peduli dengan kendaraannya. Ada kepuasan tersendiri kalau bisa merawatnya dengan baik. Nah, untuk itulah asuransi mobil menjadi penting. Asuransi akan mengurangi kemungkinan kerugian yang tak terduga. Akan… Baca selengkapnya...