TRANSLATE

en English

Tips Merawat Mobil Saat Hujan

Komunitas mobil terbesar di Indonesia – Ketika musim hujan tiba, sudah menjadi sebuah pertanda bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan ekstra. Tentunya Anda tidak ingin mobil tiba-tiba macet ketika di jalanan hujan bukan? Oleh sebab itulah, sebagai pemilik mobil, Anda harus bisa merawat dengan tepat supaya tidak mudah rusak. Apabila mobil terus menerus digunakan pada jalanan yang tergenang air, hal ini tentunya tidak akan baik. Genangan air yang dilewati oleh ban bisa masuk ke bagian-bagian mesin di bawah mobil. Jika tidak segera dibersihkan, hal ini akan menimbulkan korosi dan membuat bagian mobil menjadi rusak.

10 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Air hujan memiliki sifat asam, jadi tidak heran jika air hujan bisa memberikan dampak yang buruk pada mobil. Misalnya memicu timbul jamur, karat, menurunnya kualitas cat body mobil, sampai pengelupasan lapisan pelindung cat mobil. Tentunya Anda tidak ingin mobil kesayangan menjadi seperti ini bukan? Oleh sebab itulah Anda harus memberikan perawatan yang baik setelah mobil dipakai berhujan-hujan. Nah berikut ini beberapa tips merawat mobil saat mobil hujan.

  1. Langsung Mengeringkan Mobil

Untuk hal pertama yang bisa dilakukan ketika membawa mobil saat hujan adalah dengan mengeringkan saat sudah sampai rumah. Jangan sampai membuat air hujan kering sendiri. Hal ini malah bisa membuat mobil cepat rusak, lebih tepatnya pada bagian pelindung cat mobil. Seperti yang diketahui bahwa air hujan mengandung asam dan garam yang bisa merusak lapisan mobil dan komponen lainnya. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika langsung mencuci mobil menggunakan sampo khusus sampai bersih jika terkena hujan.

  1. Membersihkan Kaca Depan Mobil

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah membersihkan kaca mobil bagian depan dengan rutin. Ini dimaksudkan supaya kaca depan mobil jernih dan bersih. Sesaat setelah dipakai atau terkena hujan, kaca bagian depan bisa dilap dan menyalakan AC dengan suhu tidak terlalu dingin. Dengan kaca bagian depan yang jernih akan membantu penglihatan ketika dipakai saat hujan. Untuk caranya bisa dengan mengoleskan sedikit sampo pada kanebo yang lembab, kemudian lap dengan gerakan searah.

  1. Memeriksa Komponen Mesin

Komponen mesin menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja ketika mobil sudah menerjang hujan. Air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin lewat celah. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi kita untuk bisa memeriksa dan memastikan bahwa mesin terhindar dari air hujan.

  1. Membersihkan Karpet Mobil

Setelah sampai di rumah, pastikan untuk membersihkan karpet yang ada di dalam mobil. Ini dimaksudkan supaya karpet tidak bau dan tidak berjamur. Biasanya jamur dan bau tidak sedap pada karpet mobil biasanya terjadi karena pengguna masuk ke mobil ketika musim hujan. Yang mana membuat karpet basah, kotor dan lembab. Untuk mencegah hal ini maka bisa meletakkan karpet tambahan untuk melapisi lantai mobil supaya tidak mudah kotor. Juga jangan lupa untuk mencuci karpet mobil secara rutin. Anda bisa mencuci setidaknya 1 kali dalam seminggu.

  1. Menyemprot Mobil dengan Cairan Silicon

Cairan silikon adalah pelumas semprot yang digunakan khusus untuk karet. Yang mana berguna untuk melembapkan dan melicinkan karet kaca serta pintu mobil. Menyemprot mobil dengan menggunakan cairan silicon, maka karet kaca mobil jadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Ketika karet kaca sering kena hujan dan panas, akan membuat cepat rusak. Terlebih air hujan tidak hanya bisa merusak bagian eksterior mobil, namun juga interior.

  1. Mengecek Kondisi Ban & Rem

Pada musim hujan, kondisi jalan pada umumnya lebih licin. Jadi akan membuat ban cenderung mencengkeram lebih kuat dari biasanya. Nah karena hal inilah, kita harus mengecek kondisi rem dan ban. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi ban dan rem sudah sesuai standar atau belum untuk berkendara. Dengan begitu, ketika berkendara akan membuat lebih aman karena ban dan rem sudah dicek sebelumnya.

  1. Membersihkan Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki pada mobil juga sangat penting untuk dibersihkan ketika musim hujan. Jika kaki-kaki pada mobil berbunyi, ini dikarenakan mobil melewati genang air hujan dan lumpur. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika membersihkan kaki-kaki mobil dengan menyeluruh dengan menggunakan air bertekanan tinggi dan sampo mobil.

  1. Periksa Karet Wiper Mobil

Selanjutnya adalah memeriksa bagian wiper mobil. Wiper mobil sendiri mempunyai fungsi sebagai alat pembersih kaca depan dari debu dan hujan. Caranya adalah dengan mengganti karet wiper mobil setiap 6 – 12 bulan sekalli. Jika tidak melakukan penggantian, maka bisa menggunakan produk rain repellent untuk menjaga karet wiper mobil tetap tahan lama. Rain repellent adalah cairan yang memberikan lapisan khusus pada kaca mobil.

  1. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Melakukan pemeriksaan mesin dan interior memang menjadi hal wajib ketika musim hujan. Namun jangan lupa untuk memanaskan mobil secara berkala. Jika Anda tidak ingin menggunakan mobil dalam waktu lama saat hujan. Ada baiknya tetap memanaskan mobil setiap hari. Ini dimaksudkan supaya kondisi mesin mobil tetap terjaga.

  1. Memarkir di Tempat Tertutup

Yang terakhir adalah dengan memarkir mobil ditempat tertutup. Hal ini dimaksudkan supaya mobil terhindar dari debu dan air hujan. Jadi nantinya mobil tidak akan kotor setelah dibersihkan dari air hujan. Jika memang garasi yang dimiliki cukup terbuka, akan lebih baik jika melindungi dengan cover. Dengan begitu tidak akan ada cipratan air hujan dan paparan matahari.

MOBIL NEGARA EROPA

Citroën ID, Versi Ekonomis Dari Mobil Paling Berpengaruh Di Dunia Abad Ini

Citroën ID sesungguhnya adalah Citroën DS, yang disederhanakan agar harganya bisa lebih murah. Salah satunya adalah sistem rem hidrolisnya, pada Citroën ID tidak diberi rem hidrolis bertekanan. Pedalnya menggunakan pedal normal, tanpa power steering hidrolis. Transmisinya juga manual standar dengan kabel sling bukannya sistem hidrolis seperti Citroën DS. Tapi Citroën ID yang diproduksi pada tahun 1961, sudah dilengkapi dengan rem hidrolis dan power steering hidrolis seperti Citroën DS. Baca selengkapnya...
  • 121

    Dijual Mercy Tiger 280 Tahun 1980

    Bensin, mesin botmal dan fresh (baru overhoul) Surat lengkap BPKB dan STNK, Pajak Off Bemper US Ban baru (4pcs) AC Dingin Jok Terrakota Interior + bagasi OK

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Ford Model "A", Truk Buatan Amerika Pertama Yang Masuk Indonesia

Truk Ford pada jamannya juga dikenal di Indonesia. Keberadaan truk ini berawal ketika susu kental manis di bawah merek Friesche Vlag diimpor oleh Cooperatve Condensfabriek Friesland mulai dipasarkan disini. Cooperative Condensfabriek Friesland kemudian berubah menjadi Royal Friesland Campina, pada tahun 1922. Sweetened Condensed Milk ini sejak awal memang direncanakan untuk dijual oleh mitra bisnisnya di Indonesia, dengan merk "Soesoe Tjap Bendera". Baca selengkapnya...
  • 31

    Dijual Jeep CJ 5 Tahun 1966

    Other body style Barang hobby, Rare items, mobil sehat Jarak yang sudah ditempuh 60.000 kilometer, Kilometer asli 62880 Tangan Pertama, exterior dan interior full ori LHD (Stir Kiri) 4 cylinder, 2200cc, 4wd Plat D (tax inactive 2010), Bpkb & stnk komplit Ban Extragrip Baru Canvas Baru Oli Baru Sistim pengereman bagus Temperatur normal Lokasi di Jakarta

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 47

    Dijual Holden WB

    Transmisi 3 Matic ori responsif Mesin 6cyl sehat Ac Power Stering Air Suspensi Interior rapi Spion Camera Surat BPKB Lokasi di Tangerang

MOBIL BUATAN JEPANG

Honda Civic Wonder, Digandrungi Karena Desain Bodinya Yang Trendi

Jajaran mobil keluaran Honda boleh dibilang selalu sukses memikat banyak orang. Selain tampilan bodinya yang modis, roda empat peranakan Honda memang dikenal irit bahan bakar dan memiliki suspensi yang nyaman. Civic merupakan seri keluaran Honda yang sempat meramaikan tren otomotif Indonesia sejak awal tahun 70-an hingga sekarang. Salah satu tipe yang masih memukau diantaranya adalah tipe Honda Civic Wonder. Keberadaannya sempat meramaikan jalanan pada awal 1983 lalu. Baca selengkapnya...
  • 74

    Dijual Toyota Soluna XLi Tahun 2000

    Toyota Soluna XLi thn 2000 warna Biru Metalik Full Ori Low Km - Ac super dingin - Pajak Hidup Panjang setahun kedepan. Surat Lengkap+Faktur+NIK - CL/PW/PS - Semua Lampu ON, Lampu interior exterior bagasi ON - RT bawaan pabrik - Ban Ke-4 (empat)nya Tebal/Velg'14 Ori nya - Mesin kering. Low km utk tahun 2000 baru 11x.xxx rb. - Kaki kaki Ok - Interior Seger Bersih Wangi Rapi Orisinil Bludru bawaan pabrik . Karpet dasar bawaan pabrik. - Exterior Seger Body Kaleng. Orisinil Cat - Khusus Pemakai.…