TRANSLATE

en English

11 Aliran Motor Custom Terbaik

Ditulis oleh

Saat ini kita bisa melihat ada banyak motor custom di jalan-jalan, café, restaurant dan tempat-tempat ramai lainnya. Motor custom ini tidak hanya dimiliki oleh para bikers tulen saja. Namun para bikers pemula pun mulai ikut-ikutan untuk custom motor. Alasannya karena tertarik dengan modifikasi motor yang unik dan menarik ini. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa anggaran untuk custom motor sendiri bisa dipakai untuk membeli 2 – 3 motor baru. Tetapi kepuasan memang memiliki harga mahal. Untuk orang yang tidak takut mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar tentu tidak akan masalah.

 

 

Aliran Custom Motor yang Perlu Diketahui

Sebelumnya, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu custom motor. Custom motor sendiri merupakan kegiatan modifikasi motor pabrikan supaya sesuai selera pemiliknya. Ini bertujuan untuk membuat motor tersebut menjadi lebih unik dan berkarakter. Bahkan trend satu ini disambut baik oleh pabrik dengan meluncurkan motor yang memiliki aura custom kental. Sebut saja Kawasaki dengan seri W175. Untuk style motor custom sendiri pun ada banyak macamnya. Mulai dari type minimalis sampai modifikasi total.

Untuk Anda yang ingin memodifikasi motor ini ada baiknya untuk memahami aliran atau style motor terlebih dahulu. Simak beberapa aliran custom motor berikut untuk menambah inspirasimu.

 

 

1.Café Racer

Merupakan aliran yang populer di dunia motor custom saat ini. Untuk gaya ini mengadopsi gaya dari motor balap zaman dulu. Ciri khas dari style café racer adalah penggunaan stang tipe jepit menunduk. Memiliki jok rata – single seater, tangki BBM ramping memanjang, hornet di bagian belakang, dan menggunakan fairing. Style Café Racer sendiri dioptimalkan untuk kebutuhan kecepatan, kesederhanaan dibandingkan dengan kenyamanan ketika berkendara. Memiliki gaya berkendara yang menunduk, tentunya akan kurang nyaman ketika dipakai berkendara jarak jauh atau touring.

 

 

2.Bobber

Style custom motor ini muncul sekitar tahun 1920-an di Amerika. Pada awalnya style ini hanya dipakai untuk motor gede Harley Davidson. Tetapi saat ini aliran Bobber bisa dipakai untuk tipe motor dan merek apa pun. Ciri khas dari style Bobber ini adalah melepas fender depan, memperpendek wheelbase, stang rendah, ban donut depan belakang, serta melepas aksesoris yang berlebihan. Dudukan pada motor pun diganti model single seater untuk membuat ground clearance lebih rendah.

 

 

3.Street Club

Aliran yang satu ini lebih banyak di dominasi motor bebek tahun 70 – 90-an dari pabrik Honda. Misalnya Honda C Series, Astrea Grand, Astrea Prima, dan Impressa. Street club ini mempunyai ciri khusus yakni di bagian buritan dibuat terondol (tidak memakai spakbor). Kemudian memakai stang tipe flat bar atau semi hanger, ini dimaksudkan supaya membuat motor jadi lebih simpel. Selain itu gaya aliran ini pun sering dikombinasikan dengan pemakaian ban donut untuk membuat tampilan motor lebih bersisi.

 

 

4.Moped

Adalah akronim dari motor berpedal, yang mana dirancang untuk sarana transportasi sederhana. Namun saat ini sudah berkembang, jadi memiliki penampilan seperti skuter dan motor bebek. Di beberapa negara, kendaraan roda tiga dan roda empat terkadang digolongkan sebagai moped. Moped sendiri kebanyakan dimodifikasi menjadi café racer look dan dibuat berbeda. Yakni dengan menggunakan ban tidak terlalu lebar untuk membuat mesin tidak berat dan nyaman ketika manuver.

 

 

5.Jap Style

Jika Anda ingin memiliki motor custom yang nyaman untuk dipakai sehari-hari, maka Jap Style menjadi pilihannya. Untuk membuat Jap Style ini sendiri tidak banyak bagian yang perlu dimodifikasi. Membuat modifikasi Jap Style ini hanya perlu memotong rangka bagian belakang untuk dudukan spakbor dan stoplamp kecil. Selanjutnya mengganti ban ke ban lebih besar dan lebar, membentuk tangki bensin lebih kecil yang membuat lebih simple. Selanjutnya adalah membuat proporsi wheelbase lebih pendek dibandingkan body.

 

 

6.Chopper

Ciri khas dari motor Chopper adalah mempunyai stang tinggi, fork panjang, jok rendah dan memakai rangka yang di desain khusus kemiringannya. Selain itu diameter roda depan lebih besar dibandingkan dengan roda belakang. Serta memakai ban lebar, sehingga kesannya sangat kontras. Untuk aliran ini banyak didominasi motor Harley Davidson. Namun saat ini banyak motor pabrikan Asia yang bisa dibuat menjadi motor custom Chopper.

 

 

7.Bratstyle

Bratstyle sendiri merupakan sebuah nama bengkel modifikasi yang berada di Tokyo, Jepang. Bengkel ini dimiliki oleh Go Takamine. Dimana motor-motor custom yang dibuat oleh Go Takamine ini memiliki karakter tersendiri. Yang mana orang-orang melihatnya jadi langsung tahu kalau motor tersebut buatan dari Bratstyle. Jika dilihat sekilas Bratstyle ini mirip Bobber, yang mana kesederhanaan menjadi fisolofinya. Untuk motor custom ini memakai ban gendut motif klasik di bagian depan dan belakang, tangki chopper dan stang semi hanger. Dari segi rangka tidak rigid alis memakai suspensi dan jok lebih panjang. Dengan begitu bisa dipakai untuk berboncengan.

 

 

8.Sinner & Socal

Aliran motor custom yang satu ini mempunyai banyak penggemar di Amerika Serikat. Untuk aliran ini sendiri pun sebenarnya adalah pengembangan dari Chopper yang dimodifikasi pada bagian stang menjadi Z-bar, U-bar, atau T-bar. Ban yang digunakan pada aliran ini pun kecil dan menjadikan lebih unik serta berbeda dibandingkan dengan chopper.

 

 

9.Scrambler

Anda suka berkendara di alam bebas dan berpetualang di jalan yang kondisinya jelek? Maka motor custom scrambler ini bisa dijadikan salah satu aliran motor custom untuk dipertimbangkan. Gaya motor Scrambler sendiri menggunakan ban motif kotak, knalpot pada samping body, dan menggunakan ground clearance tinggi. Ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam manuver dalam segala medan.

 

 

10.Street Tracker

Mempunyai tampilan seperti motor trail jadul. Seperti Honda XL, Yamaha DT, Suzuki TS dan lainnya. Tracker sendiri merupakan kombinasi dari gaya motor trail enduro dengan motor jalanan. Dengan begitu motor gaya street tracker ini bisa dipakai dual purpose

 

 

11. Flat Tracker

Untuk aliran ini muncul di sebuah seri balapan yang bernama Flat Tracker. Untuk gaya sendiri hampir serupa dengan street tracker, namun menggunakan buntut runcing dan tangki lebih kecil.

 

 

MOBIL NEGARA EROPA

Butuh Mobil Tangguh Untuk Ikut Touring, Pakailah Mercy Mini!

Sebagian orang mungkin menganggap mercy lawas tidak lebih dari barang tua yang rewel dan tidak praktis. Namun, ada juga yang justru menggandrungi mercy klasik karena ketangguhannya, seperti beberapa penggemarnya yang tergabung dalam Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), dan Mercedes-Benz Classic Club Indonesia (MCCI). Baca selengkapnya...

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Chevrolet Luv, Dari Sejarah Hingga Solusi Permasalahan Yang Kerap Dialami Penggunanya

Setiap merek mobil, pasti memiliki satu seri yang hampir selalu menjadi legenda. Demikian juga dengan Chevrolet, ada satu seri yang tak lekang oleh jaman yaitu Chevrolet LUV. Karena kehandalannya, mobil ini pernah menjadi andalan para pekerja dijamannya. Baca selengkapnya...
  • 83

    Dijual Jeep CJ 5 Tahun 1966

    Other body style Barang hobby, Rare items, mobil sehat Jarak yang sudah ditempuh 60.000 kilometer, Kilometer asli 62880 Tangan Pertama, exterior dan interior full ori LHD (Stir Kiri) 4 cylinder, 2200cc, 4wd Plat D (tax inactive 2010), Bpkb & stnk komplit Ban Extragrip Baru Canvas Baru Oli Baru Sistim pengereman bagus Temperatur normal Lokasi di Jakarta

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 140

    Dijual Holden Premier HQ 1972

    AC,PS HIDER 123 AUDIO 202 ENGINE AUTOMETIC TH180 INTERIOR FULL MBTEHC POWER WINDOW SURAT LENGKAP TEMBUS PAJAK HIDUP ATAS NAMA SENDIRI PLAT AG KEDIRI VELG RIDLER R15 7-8 BAN BARU INDIKATOR SPIDO ON SMUA AKI BARU HARGA 155 NEGGO SAMPAI JADI

MOBIL BUATAN JEPANG

Sisi Menarik Toyota Starlet Kotak yang Bikin Luluh Pecinta Otomotif

Pecinta otomotif yang sempat merasakan pergaulan muda-mudi perkotaan era tahun 1980-an dan 1990-an pasti fasih saat harus merinci berbagai sisi menarik Toyota Starlet Kotak. Di zamannya, hatchback klasik berjulukan Starko ini memang sempat menjadi incaran kawula muda. Baca selengkapnya...
  • 122

    Dijual Toyota Hardtop Tahun 1980

    Dijual Toyota Land Cruiser FJ40 Hardtop Tahun 1980 Bodi dan mesin dalam kondisi baik siap pakai Surat-surat lengkap, atas nama sendiri, pajak panjang sampai bulan september 2024 Velg racing besi, Ban masih tebal.