Kijang Super, Generasi Emas Kijang Toyota yang Laris Manis

Generasi emas Kijang Toyota merujuk pada generasi ketiga mobil Kijang yang berjulukan Kijang Super atau Kijang Kotak. Varian yang diproduksi pada tahun 1986 ini menandai perubahan strategi pemasaran Kijang dari mobil niaga ke mobil penumpang seutuhnya. Sederet seri Kijang paling laris lahir pada periode ini.

Seturut slogan Toyota Kijang dekade 1990-an, Kijang Super ‘memang tiada duanya’. Dibandingkan generasi pendahulunya, varian pengganti Kijang Doyok ini sudah tidak lagi memiliki desain bodi dengan garis tajam dan keras. Sebaliknya, ia mengusung bentuk yang lebih halus dan modern sehingga tampilannya jauh lebih menarik. Tidak sedikit orang memuji peningkatan kualitas Kijang generasi ketiga yang bebas dempul setara sedan.

Peluang pemasaran Kijang sebagai komoditas ekspor baru tercapai pada periode ini. Tidak heran jika Kijang Super lantas digadang-gadang sebagai unit Kijang paling laris di masanya.

 

 

Mencetak Sejarah

Julukan generasi emas Kijang Toyota tentu bukan tanpa latar belakang. Sepanjang 10 tahun masa produksinya, Kijang Super telah mencetak sejumlah sejarah. Tidak kurang dari 500 ribu unit telah terjual sejak tahun 1986 hingga sebelum akhirnya “disuntik mati” pada 1996.

Kijang Super juga diklaim menjadi varian Kijang pertama yang mempelopori sejumlah teknologi baru. Peningkatan itu meliputi penggunaan power steering dan transmisi otomatis yang terdapat pada beberapa seri.

 

 

Kijang Mulai Diekspor

Setelah mencicipi singgasana unit Kijang paling laris di dalam negeri selama satu tahun, generasi emas Kijang Toyota perlahan berubah menjadi komoditi ekspor di tahun 1987. Tujuan pertamanya waktu itu adalah Brunei Darussalam dengan volume ekspor perdana sebanyak 50 unit per bulan.

Kijang sebagai komoditi ekspor kemudian mengalami peningkatan volume seiring tahun. Kelahiran Kijang Grand Extra sebagai penyempurnaan Kijang Generasi Ketiga di tahun 1992 membuat Kijang semakin menguasai pasar. Terlebih varian baru ini diklaim memiliki masa pakai lebih panjang dan seri yang lebih beragam.

Tahun 1995, Kijang Grand Extra turut ambil bagian dalam pawai Kemerdekaan RI ke-50 bertajuk ‘Kijang Lintas Nusa’. Pawai keliling Indonesia itu menandai akhir dari masa produksi generasi emas Kijang Toyota. Pada tahun berikutnya, Kijang segera beralih ke generasi empat.

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...
Inilah Penampakan Bus Tayo Asal Sukoharjo yang Viral Di Media Sosial

Inilah Penampakan Bus Tayo Asal Sukoharjo yang Viral Di Media Sosial

Tayo adalah tokoh utama di serial animasi Korea Selatan "Tayo The Little Bus". Film kartun ini kemudian di-dubbing ke bahasa Indonesia dan tidak butuh waktu lama langsung menjadi tontonan favorit anak-anak disini. Tayo berwujud bis Hyundai Super Aero City, yang memiliki dua mata sebagai pengganti… Baca selengkapnya...
Fatal Akibatnya Jika Motor KLX Tidak Dirawat

Fatal Akibatnya Jika Motor KLX Tidak Dirawat!

Motor KLX memang menjadi primadona bagi banyak orang, terlebih bagi para pecinta olahraga trail. Tentu hal ini yang membuat motor KLX memang wajib untuk di miliki. Salah satu motor KLX yang begitu banyak di pilih adalah KLX 150 tipe adventure. Dari segi bodi motor pun tentu saja tinggi dan ramping,… Baca selengkapnya...

Cara Hemat Untuk Meningkatkan Performa Jeep CJ7 Diesel

Bagaimana caranya menggunakan mobil dengan mesin kecil tetapi mampu mengeluarkan tenaga besar sesuai kebutuhan seperti jeep CJ7 bermesin isuzu c240 diesel buatan 1982?. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup menerapkan ramuan gardan sebagai berikut: Baca selengkapnya...

Simca 1000 / Mille, Mobil Italia Hasil Produksi Perancis

Selain Peugeot, Citroen dan Renault, masih ada lagi satu merk mobil asal Perancis yang sempat dipasarkan secara remi di Indonesia yaitu Simca, singkatan dari bahasa Prancis: Société Industrielle de Mécanique et Carrosserie Automobile. Simca adalah perusahaan mobil Prancis, yang didirikan pada… Baca selengkapnya...