TRANSLATE

Citroën ID, Versi Ekonomis Dari Mobil Paling Berpengaruh Di Dunia Abad Ini

Citroën ID sesungguhnya adalah Citroën DS, yang disederhanakan agar harganya bisa lebih murah. Salah satunya adalah sistem rem hidrolisnya,  pada Citroën ID tidak diberi rem hidrolis bertekanan. Pedalnya menggunakan pedal normal, tanpa power steering hidrolis. Transmisinya juga manual standar dengan kabel sling bukannya sistem hidrolis seperti Citroën DS. Tapi Citroën ID yang diproduksi pada tahun 1961, sudah dilengkapi dengan rem hidrolis dan power steering hidrolis seperti Citroën DS.

Citroën sebenarnya sudah memiliki Citroën 2CV untuk mobil murah dan Citroën H untuk mobil komersil. Namun karena Citroën DS sukses menarik konsumen, ada banyak permintaan Citroën DS yang harganya sedikit lebih terjangkau. Akhirnya, pada tahun 1957, Citroen memproduksi Citroën ID Nama ID sendiri bila dibaca menggunakan bahasa Perancis akan terdengar seperti kata yang maknanya adalah ide.

Sama seperti DS, Citroën ID juga tersedia dalam beberapa varian. Tipe terbawah adalah ID19 yang memakai mesin dari Traction Avant 1900cc, lalu ada ID19 Luxe yang sedikit lebih mewah, dan terakhir ada ID19 Comfort yang paling mewah dimana interiornya mirip dengan Citroën DS19. Untuk pilihan bodinya sendiri masih mirip dengan Citroën DS dengan pilihan sedan 4 pintu dan station wagon 5 pintu.