TRANSLATE

en English

Honda CG110 dan CG125, Memang Motor Yang Tangguh Dan Mudah Dirawat

Ditulis oleh

Honda memiliki beberapa seri motor komuter di antaranya adalah Honda CG. Seluk beluk motor ini di Indonesia, muncul pada medio 1973 hingga 1982 untuk CG110, sementara CG125 pada 1976 hingga 1982. Produksi motor Honda ini sendiri berada di Jepang. Motor ini bahkan sangat populer di Eropa karena perawatan yang mudah dan murah. Bahkan, hingga tahun 2008 motor seri ini masih diproduksi.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa, lokasi produksi pun dipindahkan ke Turki. Selain Eropa, motor ini bahkan masih diproduksi di Pakistan dan Brazil hingga saat ini. Varian baru CG150 dan CG bermesin OHC (Honda CB) pun ditambahkan guna memenuhi standar emisi di negara yang bersangkutan.

Honda CG series menggunakan teknologi Over Head Valve (OHV). Ini merupakan sistem yang kem-nya berada di dekat kruk as, sementara push rod digunakan untuk menggerakkan mekanisme katup. Konstruksi dari teknologi ini cukup sederhana dan lebih ringkas. Sekalipun begitu, ketahanan yang dimilikinya bisa dibilang jempolan. Dengan konstruksi mesin yang sederhana, motor ini populer di Eropa dengan sebutan maintenance free.

Honda CG110 menggunakan mesin 1 silinder yang mempunyai kapasitas 108cc OHV dilengkapi dengan pendingin udara. Karburator dipakai untuk menyalurkan bensin pada motor ini. Sementara daya mesin ke rantai disalurkan dengan transmisi manual 4 percepatan plus kopling manual. Sementara itu, pada seri CG125 mesinnya masih sama persis, hanya kapasitasnya saja yang ditambah menjadi 124cc. Seri CG125 dapat meraih tenaga maksimal 11Hp pada 8500Rpm dan torsi 8.8Nm pada 7500Rpm.

Ketika pertama kali dirilis pada 1973, motor Honda CG110 mempunyai ciri khas yaitu kelistrikan 6V. Pengeremannya masih menggunakan rem teromol untuk depan dan belakang. Dan menurut para penggemarnya, ada beberapa kelemahan dan keunggulan Honda CG110,  jika dibandingkan dengan Honda CB100.

Selang beberapa tahun, muncullah CG125 yang sama persis dengan CG110. Sayangnya, CG125 dihentikan penjualannya pada 1982. Sementara CG110 masih berlanjut hingga beberapa tahun setelahnya dan mengalami facelift pada beberapa fitur seperti lampu sein dan spedometer yang berbentuk kotak. Jika dilihat sekilas, CG110 akan mirip dengan Honda GL100.

Menilik bagian luar, hampir tidak dapat ditemukan perbedaan berarti antara Honda CG110 dengan CG125. Hal ini karena dari sisi tampilan memang sangat mirip. Perbedaan yang mungkin cukup tampak adalah bagian kop silinder. Honda CG memiliki jok yang lebih tebal dan lebih panjang bila dibandingkan seri CB.


Secara ringkas, spesifikasi Honda CG110 dan CG125 adalah sebagai berikut:

Jenis : Sepeda motor
Tipe : CG110 dan CG125
Mesin : Single Cyl OHV 109cc, Single Cyl OHV 124cc
Bore x Stroke : 52.0 x 49.5 mm (CG110); 56,5 x 49.5 mm (CG125)
Transmisi : Manual 4 Speed
Sistem Bahan Bakar : Karburator

Sementara itu, Honda CG series memiliki kelebihan pada sisi mesin yang terkenal akan daya tahan dan reliabilitas yang tangguh. Sayangnya mesin OHV pada CG series ini terkenal lebih berisik. Hal ini akan membuat berkendara terasa tidak halus jika dibandingkan dengan motor yang bermesin OHC pada Honda CB. Ditambah lagi penggunaan OHC yang memang belum cukup populer pada masa motor ini dipasarkan.

Hal ini sedikit banyak berpengaruh pada performa pasar yang kurang begitu laris untuk CG series jika dibandingkan dengan Honda CB. Hal ini berakibat pada sedikitnya sparepart untuk Honda CG yang beredar. Bahkan motor Honda CG yang beredar malah ada yang menggunakan mesin OHC dengan mengubah jeroan mesin.

MOBIL NEGARA EROPA

Citroen FAF, Dirancang Saat Styling Dianggap Tidak Penting

Citroën adalah produsen otomotif besar asal Prancis, dan merupakan salah satu anak usaha dari PSA Peugeot Citroën sejak tahun 1976. Sejak 2021 Citroën menjadi satu anak perusahaan dari Stellantis. Didirikan pada tahun 1919 oleh André-Gustave Citroën, Citroën adalah produsen mobil massal pertama di luar Amerika Serikat dan merupakan penggagas dari konsep penjualan mobil sekaligus tempat perbaikannya dalam satu lokasi. Hanya dalam waktu delapan tahun, Citroën berhasil menjadi produsen mobil… Baca selengkapnya...
  • 65

    Dijual Mini Rover Matic

    Dengan spesifikasi sbb : Mini morris rover Transmisi matic automatic responsif Ac dingin menggigil jgn lupa pake jaket Kapasitas mesin 1.300cc kering no rembes2 Surat bpkb morris Head lamp P700 Jok kotak2 beludru rapih bersih Velg ring 12 original mini, ban tebel2 Panel kayu from mini spares Spidometer, RPM, bensin, temperatur on macet2an di Jakarta aman no over heat2an All electrical on, lampu rem, mundur, sein. Wiper on Ok agan2 saya cuma buka di 348 juta dan masih bisa nego tipis sambil…

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Cara Hemat Untuk Meningkatkan Performa Jeep CJ7 Diesel

Bagaimana caranya menggunakan mobil dengan mesin kecil tetapi mampu mengeluarkan tenaga besar sesuai kebutuhan seperti jeep CJ7 bermesin isuzu c240 diesel buatan 1982?. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup menerapkan ramuan gardan sebagai berikut: Baca selengkapnya...

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 56

    Jual Holden FC Tahun 1958

    Rare item, kondisi siap Restorasi! Pernak pernik lengkap. Full papers bpkb + stnkb (Vin plate number ada). Mesin asli. Kondisi bahan Utuh. Lokasi Jakarta Selatan. Nego dilokasi!

MOBIL BUATAN JEPANG

kijang doyok

Pernah Jadi Mobil Sejuta Umat, Toyota Kijang Doyok Kini Banyak Dicari lagi

Mobil kijang menyimpan banyak cerita dari sejak awal pembuatannya. Tak main-main, jejak eksistensinya telah bertahan selama 6 generasi. Jauh sebelum kemunculan varian MPV terkini seperti Innova dan All New Innova, tentunya banyak yang tak bisa melupakan generasi sepuh dari kijang seperti generasi pertama dan kedua. Penamaan kijang sendiri merupakan abreviasi dari Kerja sama Indonesia-Jepang. Pemberian nama tersebut dicetuskan oleh Muhammad Jusuf Kalla sewaktu mengadakan pertemuan dengan pihak… Baca selengkapnya...
  • 122

    Dijual Toyota Hardtop Tahun 1980

    Dijual Toyota Land Cruiser FJ40 Hardtop Tahun 1980 Bodi dan mesin dalam kondisi baik siap pakai Surat-surat lengkap, atas nama sendiri, pajak panjang sampai bulan september 2024 Velg racing besi, Ban masih tebal.