TRANSLATE

en English

Mercy Mini, Julukan Orang Indonesia Untuk Mercedes Benz W114/W115

Ditulis oleh

Mercy Mini,  adalah sebutan orang Indonesia untuk mobil produk Mercedes Benz yaitu model W114 dan W115. disebut mini, karena ukuran bodinya relatif lebih kecil, jika  dibandingkan  Mercedes Benz lain seperti seri W108 'Kebo'.  Mercy Mini diperkenalkan pertama kali tahun 1968, sebagai  mobil jenis (saloon) dan coupé berukuran sedang,  yang kelasnya diposisikan di bawah S- Class. 

Meski dimensinya lebih kecil dari mercy generasi pendahulunya, kabinnya tetap dapat memuat lima orang penumpang tanpa berdesak-desakan.

 

RANCANG BANGUN MOBIL MERCY MINI

Dikutip dari en.wikipedia.org, Mercy Mini dirancang oleh Paul Bracq, seorang tokoh otomotif yang berpengalaman menangani mobil perancis, sebelum menjadi kepala desainer di Mercedes-Benz. Sebagai informasi tambahan,  Paul Bracq juga mendesain model mercedes Benz lain,  yang diproduksi antara tahun 1957 hingga 1967, termasuk Grosser Mercedes Benz 600 yang legendaris. Berkat kepiawaiannya, Paul Bracq  juga pernah ditunjuk menjadi penanggungjawab desain mobil merk BMW (1970–1974 ) dan Peugeot (1974–1996).

Khusus untuk rancangan Mercy Mini, Paul Bracq menggunakan  gaya  three-box styling (desain tiga kotak). Sebuah istilah yang umum digunakan untuk mendesain  mobil  coupé, sedan/saloon, notchback, atau hatchback.  Jika digambarkan, gaya  three-box styling memang terdiri dari tiga kompartemen (kotak terpisah)  yaitu: mesin, penumpang, dan kargo. Kotak pertama terdiri dari mesin yang berada di bawah kap, berikut ruangan di sekitarnya. Kemudian yang dimkasud kotak kedua adalah  area tempat duduk penumpang. Sedangkan kotak ketiga adalah area kargo atau bagasi.

Proyek pembuatan Mercy Mini awalnya ditujukan untuk  menggantikan Mercedes Benz W110, yang di Indonesia populer dengan sebutan Mercy Batman, karena menggunakan fintail/sirip seperti mobil yang digunakan jagoan dalam Film Batman. Mercy mini kemudian diproduksi dalam beberapa varian yang disebut dengan Mercedes Benz W114 dan W115. 

Untuk membedakannya, dapat dilihat pada nameplates yang berkaitan erat dengan ukuran mesinnya. Jika tertera angka 230, 250, dan 280, dapat dipastikan sebagai varian Mercy Mini W114 yang menggunakan mesin bensin enam silinder.

Sedangkan Mobil Mercy Mini W115 menggunakan mesin bensin empat silinder, dipasarkan sebagai tipe 200, 220, 230, dan 240, termasuk  mercy mini pertama yang menggunakan  mesin diesel 5 silinder berkode OM617. Nameplatenya diberi kode tambahan huruf  ‘D’, sebagai ciri khasnya.

 

 

MERCY MINI MOBIL GENERASI BARU

Ketika diperkenalkan pada tahun 1968, Mercy Mini W114/115 digadang-gadang sebagai model generasi baru. Meski pada akhirnya memang  menjadi satu-satunya model pada era tersebut. Pada kenyataannya,  bukan hanya modelnya, tapi juga suspensinya pun tergolong baru, yaitu  menggunakan lengan belakang semi-trailing dan ujung depan ball-joint.

Nantinya, karena terbukti nyaman dan tangguh,  suspensi Mercy Mini  digunakan di hampir semua model mobil penumpang Mercedes Benz. Mulai dari W108/109 S-Class dari 280S/8, 280SE/8 dan 300SEL/8 (dan W113 230SL, 250SL dan 280SL "Pagoda") termasuk S-Class berikutnya, yaitu W116. Penggunaan model suspensi  tersebut, berakhir pada saat  pengembangan suspensi belakang multi-link pada tahun 1980-an.

 

 

KODE UNIK MOBIL MERCY MINI

Mercedes Benz menggunakan kode  '/8' pada pelat ID mobil Mercy Mini W114/115, untuk menunjukkan tahun peluncurannya yaitu pada tahun 1968. Kode tersebut juga memunculkan julukan '/8' atau 'slash delapan’, atau alam Bahasa  Jerman adalah  Strich Acht, diterjemahkan secara longgar ke dalam bahasa Inggris sebagai stroke eight.

 

 

MOBIL MERCY MINI COUPE

Selain varian sedan, pabrikan Mercedes BEnz juga merancang Mercy Mini varian Coupe yang diperkenalkan  pertama kali pada tahun 1969. Perbedaan yang paling terlihat adalah penggunaan  kap mesin yang ukurannya lebih Panjang.  Untuk menunjang tampilannya yang sporty,  tersedia  2 pilihan kapasitas mesin yaitu 2,5 atau 2,8 liter, yang sudah pasti memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan model sedannya.

Pemasaran Mercy Mini Coupe terbilang sukses, mungkin karena harga jualnya yang dibanderol lebih murah jiika dibandingkan dengan model 280 SL berbasis W113 buatan tahun 1971, berikut generasi penerusnya yaitu roadster dan coupé Mercedes SL R107/C107 (1971–1989) 3,5 atau 4,5 liter V8.

Meskipun tergolong  'hard-top', namun atap Mercy Mini Coupe berbeda dengan SL yang sepenuhnya dapat dikonversi. Meski demikian, desain tanpa pilar pada Mercy Mini memungkinkan semua kaca jendelanya dapat diturunkan untuk menikmati udara segar saat berkendara.

 

 

PENJUALAN MOBIL MERCY MINI

Dari tahun 1969 hingga 1976, mobil Mercy Mini varian saloon terjual sebanyak  1.852.008 unit. Sedangkan varian coupenya mencatat angka 67.048 unit, terdiri dari 280C dan 280CE (paling mahal) sebanyak 24.669 unit dan 250C dan 250CE (yang harganya lebih murah) laku hingga 42.379 unit.

Selain Saloon dan coupe, ada juga Mercy Mini varian Pick-up tetapi hanya  dipasarkan di Argentina pada tahun  1970-an saja yaitu Mercedes-Benz 220D. Penjualannya  juga terbukti cukup baik.

 

 

FACELIFT MOBIL MERCY MINI

Dengan tujuan untuk memperluas pasar, pada tahun 1973 dilakukan facelift pada mobil Mercy Mini W114. Facelift adalah penyegaran terhadap bentuk suatu mobil, baik pada interior maupun eksteriornya, hanya saja hal ini tidak dilakukan secara keseluruhan

Facelift atau penyegaran pada mobil mercy mini  w114 memang hanya pada beberapa bagian saja yaitu:

  • Garis kap mesin yang lebih rendah,
  • Gril yang lebih lebar
  • Bumper depan tunggal untuk menggantikan bumper ganda
  • Posisi lampu depan lebih rendah
  • Penyempurnaan pada  pilar A untuk menjaga kaca jendela samping tetap bersih,
  • Menghilangkan kaca angin di pintu depan
  • Mengganti lampu belakang model baru yang berusuk/bergelombang  untuk meminimalkan kotoran/lumpur dari jalanan menempel di permukaaan lampu.
  • Kaca spion samping yang lebih berukuran lebih  besar dan lebih lebar.
  • Pada bagian tnteriornya, tingkat keamanan juga disempurnakan dengan sabuk pengaman yang dapat menggulung sendiri secara otomatis
  • Stir model baru yang empuk dengan desain empat lubang.

Fitur yang diusung Mercy Mini versi Facelift ini masih tetap sama yaitu tetap serba manual. Yang terlihat berbeda hanyalah dashboardnya yang menggunakan model center console, dimana semua tombol dipusatkan ditengah sehingga memudahkan pengoperasiannya.

 

 

TANGGUH DAN TAHAN LAMA

Di seluruh dunia, Mercy Mini dikenal sebagai mobil yang tahan banting. Sebagai buktinya, pada tahun 2004 yang lalu, ada seorang pengemudi taksi dari Yunani yang Bernama Gregorios Sachinidis, menyumbangkan Mercedes-Benz 240D tahun 1976 miliknya ke Koleksi Museum Mercedes-Benz, Mercy Mini tersebut memiliki  angka pada odometer yang menunjukkan  jarak tempuh hingga 4,6 juta kilometer (2,9 juta mil),  Mercy Mini tersebut akhirnya dinobatkan sebagai produk Mercedes-Benz dengan rekor jarak tempuh terjauh di seluruh dunia. Luar biasa!

MOBIL NEGARA EROPA

mercedes benz s class w140

Mercedes Benz S-Class W140, Mobil Pejabat Negara

Bicara soal mobil retro, merek Mercedes sama sekali tak bisa dikesampingkan. Apalagi mengingat posisinya sebagai mobil beken yang tak lekang oleh waktu. Salah satu seri Mercedes yang termasuk spesial adalah Mercedes Benz S-Class W140 yang menjadi mobil pejabat negara. Seperti apa keistimewaan dan siapa saja yang berhak menaiki mobil tersebut di eranya? Berikut ini mobilretroklasik.com akan berbagi informasi tentang Mercedes Benz S-Class W140, mobil istimewa di Indonesia pada eranya. Baca selengkapnya...
  • 65

    Dijual Mini Rover Matic

    Dengan spesifikasi sbb : Mini morris rover Transmisi matic automatic responsif Ac dingin menggigil jgn lupa pake jaket Kapasitas mesin 1.300cc kering no rembes2 Surat bpkb morris Head lamp P700 Jok kotak2 beludru rapih bersih Velg ring 12 original mini, ban tebel2 Panel kayu from mini spares Spidometer, RPM, bensin, temperatur on macet2an di Jakarta aman no over heat2an All electrical on, lampu rem, mundur, sein. Wiper on Ok agan2 saya cuma buka di 348 juta dan masih bisa nego tipis sambil…

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Cara Pasang Turbo Pada Jeep CJ7 Diesel, Agar Powernya Meningkat Namun Tetap Irit

Banyak yang berpedapat bahwa penambahan perangkat turbo pada Jeep CJ7 Diesel bermesin isuzu seri C 240 A tidak dapat bertahan lama karena akan mudah rontok, patah cranksaft, pecah piston, bengkok stang piston dan sebagainya. Menurut pemilik web jeep99.blogspot.com, yang telah memiliki pengalaman memasang turbo pada jeep CJ7 diesel buatan 1982 dengan nomor polisi DD 266 AY, hal tersebut tidak benar. Baca selengkapnya...
  • 83

    Dijual Jeep CJ 5 Tahun 1966

    Other body style Barang hobby, Rare items, mobil sehat Jarak yang sudah ditempuh 60.000 kilometer, Kilometer asli 62880 Tangan Pertama, exterior dan interior full ori LHD (Stir Kiri) 4 cylinder, 2200cc, 4wd Plat D (tax inactive 2010), Bpkb & stnk komplit Ban Extragrip Baru Canvas Baru Oli Baru Sistim pengereman bagus Temperatur normal Lokasi di Jakarta

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Gemini TD (1978–1979)

Holden Gemini Seri TD diperkenalkan pertama kali pada bulan April tahun 1978. Tampilannya sedikit berbeda dengan seri TC berkat pembaharuan pada beberapa komponen. Seperti penggunaan grille model baru yang terbuat dari baja tahan karat, lampu depan persegi panjang (walaupun masih tersedia lampu model bulat pada model dasar), frame pada rangka pintu-jendela yang dibuat dari baja tahan karat tebal (thick stainless steel door window-frame mouldings). Baca selengkapnya...
  • 82

    (SALE) Holden VL Calais 1989

    M/T 5speed Full Registered Paper (BPKN & STNK) Pajak Hidup Plat B KM: 90,XXX (Slowly Going) Lokasi: Jawa Timur OPTIONS: Fresh Paint, Fully Restored Bolt on roll cage 4 sparco racing seats all brand new Interior roof lining All new black carpets Dash blacked out Sparco wheel New distributor, coil and ECU

MOBIL BUATAN JEPANG

Land Cruiser Toyota FJ55, Mobil SUV Pertama Toyota

Setelah sukses dengan mobil serba guna seri J40 yang bertahan cukup lama di pasaran hingga dua dekade, Toyota kembali menghadirkan seri teranyar Land Cruiser andalan mereka. Diluncurkan pertama kali tahun 1967, dirakit di ARACO Yoshiwara Aichi, hingga berakhir masa produksinya tahun 1980. Land Cruiser Toyota FJ55 ini khusus dikembangkan hanya sebagai mobil SUV sejati dan tidak ada versi pick-upnya. Baca selengkapnya...
  • 91

    Forsale! Toyota Lift Back 1.6 Ae92 1988

    Mesin sehat kenceng & bertenaga Kelistrikan 0k Radiator aman no overheat AC dingin Cat mulus body no kropos List kaca &k aret body ok Interior original fabric Lampu full original koito Japan Velg enkei spoke f ori Japan Kaki kaki aman 4 ban pcs tebal Pajak panjang on Mobil siap gas diajak kencan dalam luar kota