Loading...
en

Begini Lho Spesifikasi Honda Accord Elegance SM

Mobilretroklasik.com kembali akan mengajak Anda mengulik mobil lawas. Kali ini, giliran sedan Honda era 1970an akhir yang akan ‘dibedah’. Adalah Honda Accord Elegance SM yang akan diulik spesikasinya kali ini. Honda Accord Elegance SM hadir di Indonesia pada 1978. Kehadirannya di Tanah Air cukup menjadi angin segar setelah sebelumnya Honda di Indonesia hanya menghadirkan sedan tanpa buntut alias hatchback.

Mengusung kode SM, sedan itu sempat mendapat julukan Accord Elegance. Hal ini lantaran stiker ‘elegance’ yang melekat di belakang kaca mobil tersebut. Namun, apakah kata itu menyiratkan kelas yang mewah dan elegan?

Jawabannya sama sekali tidak! Pasalnya, Honda Accord Elegance SM yang hadir di negeri ini kala itu, di negeri asalnya, yaitu Jepang merupakan tipe terbawah dengan trim level GF. Tidak ada fitur spesial yang diusung mobil ini. Meski demikian, bukan berarti pula mobil ini ‘buruk’. Untuk ukuran di zamannya, mobil itu sudah cukup standard.

Di ranah dalam kabin, dibekali fasilitas 2 sabuk pengaman depan untuk memberi keamanan bagi pengendara dan penumpang. Mobil ini masih belum dibekali dengan Power Window dan Power Steering. Untuk versi awal mobil ini, setirnya memiliki palang 4 dan versi pembaharuannya mengusung setir palang 3.

Dari segi bodi, sekilas memang tampak menawan di zamannya. Mobil ini memiliki dua moncong depan dan belakang khas mobil sedan mewah. Di kalangan masyarakat Jawa bentuk ini mirip dengan cara membungkus tape ketela dengan daun pisang di mana terdapat dua sisi moncong persis seperti kap depan dan belakang pada mobil sedan.

Honda Accord Elegance SM keluaran pertama tampil ikonik dengan lampu depan berbentuk bulat berjumlah 4 unit. Spion mobil ini mengusung model tanduk dan tertempel di fender depan. Bagian ‘bokong’ mobil ini dilengkapi dengan bemper pendek dan lampu belakang yang berbentuk polos rata. Model ini dipasarkan antara 1978 hingga 1979.

Lalu, untuk Honda Accord Elegance SM keluaran 1979 memiliki lampu belakang model belimbing dan dilengkapi dengan karet bemper panjang dan lampu plafon yang membesar ditengah atas spion. Model ini melenggang di pasaran hingga awal pertengahan 1981 sebelum akhirnya muncul pembaharuannya seiring kemunculan Accord SY pada 1982.

Bergeser ke sisi ‘dapur pacu’. Honda Accord Elegance SM menyunggi mesin 4 silinder Honda seri E tepatnya EL. Mesinnya yang berkapasitas 1600 cc itu mengusung 4 silinder segaris SOHC 8 valve berkapasitas 1600cc dengan karburator 2 barrel. ‘Produksi’ tenaganya mencapai 78Hp pada 5000Rpm dan torsi 125Nm pada 3000Rpm.

Honda Accord Elegance SM mengandalkan transmisi manual 5 percepatan untuk menyetorkan tenaganya dengan roda penggerak depan. Meski demikian, ada pula modal Honda Accord Elegance SM yang menggunakan transmisi matik. Hanya saja, jumlah yang mengusung model transmisi otomatis itu sangat sedikit. Umumnya model itu masuk melalui kedutaan Asing.

Keunggulan Honda Accord Elegance SM ini terletak pada pengendalian yang presisi dan nyaman. Hal ini ditengarai berkat suspensi macpherson strut depan dan belakang independen yang dimilikinya. Namun, mobil ini juga kelemahan pada bodinya yang rentan berkarat dan keropos. Bagi yang hendak ‘memelihara’ mobil ini sebaiknya sudah harus ‘pikir-pikir’ soal velg-nya. Hal ini lantaran mobil tersebut menggunakan velg PCD 4x120 yang agak jarang untuk mobil seangkatannya.