TRANSLATE

en English

Citroen GS, Mobil Kuno dengan Tingkat Keamanan & Kenyamanan yang Sulit Ditandingi

Pada zamannya, Citroen GS adalah mobil dengan harga terjangkau yang memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang setara dengan mobil mewah. Tidak heran jika para pemburu mobil klasik banyak mengincar mobil buatan Citroen yang satu ini. Apalagi harga bekasnya juga sangat murah. Sayangnya, sulit untuk mendapatkan GS dalam kondisi yang sempurna. Diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 1970, Citroen GS ditujukan untuk mengisi celah antara mobil murah yang diwakili 2CV dan Ami,  dengan mobil mewah yakni Citroen DS. Hal itu yang menyebabkan harga GS relatif terjangkau, tetapi  hadir dengan performa yang memuaskan, terlebih pada sisi keamanan dan kenyamanan.

Lantaran itulah mobil yang didesain Robert Opron ini memperoleh penghargaan untuk kategori desain aerodinamis, keamanan serta kenyamanan pada event Car of The Year 1971. Tingkat keamanan dan kenyamanan yang sulit ditandingi tersebut disebabkan karena penggunaan suspensi dengan sistem hidrolik yang membuat mobil dapat menjaga jarak secara konstan antara body mobil dengan jalan terlepas beratnya beban yang dimuat di dalam mobil.

Dengan sistem hidrolik ini ketinggian mobil dapat diatur secara mudah lewat sebuah tuas yang ditempatkan di sebelah kursi pengemudi. Fungsi dari tuas tersebut pada mobil-mobil terbaru selanjutnya diganti dengan tombol elektronik. Mudahnya pengaturan ketinggian mobil tentunya sangat membantu pengemudi saat melintasi jalan yang terjal, sungai yang dangkal atau ketika akan mengganti ban.

Kelebihan suspensi hidrolik tersebut rupanya menarik perhatian pabrikan yang lain. Tak heran, kemudian pada tahun 1965 teknologi buatan Citroen tersebut diadopsi oleh sejumlah produsen mobil untuk melahirkan Rolls-Royce Silver Shadow, Mercedes-Benz 300SEL 6.3, Mercedes-Benz 600 dan beberapa merek mobil lainnya.

Meski telah diluncurkan di Perancis pada tahun 1970, Citroen GS baru masuk ke pasar Indonesia sekitar tahun 1975-1990. Meski demikian, pada tahun 1980 produk GS dihentikan dan diganti dengan versi faceliftnya yang diberi nama Citroen GSA. Sementara penjualan GS di Indonesia, masih terus dilakukan sampai dengan tahun 1990.

Tentunya terdapat sejumlah perbedaan antara Citroen GS dengan versi faceliftnya. Perbedaan tersebut diantaranya terdapat pada bagian bumper, grill, tuas pintu, spion, lampu belakang, gearbox serta dashboard. Perbedaan tersebut tidak hanya antara GS dengan GSA saja, tetapi juga antara GS dan GSA yang dirakit di Perancis dengan GS dan GSA CKD (Completely Knock Down) atau kendaraan yang di rakit di dalam negeri (Indonesia).

Hal tersebut disebabkan karena pemegang ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Citroen di Indonesia, yaitu PT Alun melakukan banyak perubahan pada GS dan GSA yang dirakit dan dijual di Indonesia.

Beberapa perubahan pada Citroen GS CKD Indonesia yang membuatnya tidak sama dengan mobil sejenis yang diluncurkan di Perancis,  diantaranya adalah penggunaan bumper besi berbentuk membulat dengan lis bodi tebal, handle pintu besi membulat dan lis kaca berwarna  chrome pada bagian eksterior serta dashboard dengan model membulat serta panel meter analog yang berbentuk bulat pada bagian interior.

Citroen GS menggunakan mesin boxer 4 silinder berpendingin udara dengan kapasitas  1299cc yang ditandemkan dengan transmisi manual 4 percepatan sebagai penggerak roda depan. pada GSA kapasitas mesin tersebut diturunkan menjadi 1220cc, namun tetap dengan konfigurasi mesin yang sama. Hanya saja transmisinya dirubah menjadi transmisi manual 5 percepatan.

Terlepas dari tampilan dan performa mesin, Citroen GS menjadi salah satu mobil kuno yang banyak dicari disebabkan karena keamanan dan kenyamanannya saat dikendarai lewat sistem suspensi hydropneumatic yang dimilikinya.

MOBIL NEGARA EROPA

Mobil Mewah Peugeot 605, Berapa Perkiraan Harganya Saat Ini?

Dengan kisaran harga Rp. 30 juta untuk sebuah unit mobil dalam kondisi lumayan bagus, harga mobil mewah Peugeot 605 terbilang murah dibanding mobil retro yang dibuat pada tahun yang sama. Terlebih mobil yang memiliki dimensi panjang 4.763 mm, lebar 1.798 mm, tinggi 1.419 mm dan Wheelbase 2.799 mm ini memiliki kenyamanan yang lebih dibanding mobil-mobil sekelas buatan Jepang yang umurnya lebih muda. Baca selengkapnya...

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Cara Hemat Untuk Meningkatkan Performa Jeep CJ7 Diesel

Bagaimana caranya menggunakan mobil dengan mesin kecil tetapi mampu mengeluarkan tenaga besar sesuai kebutuhan seperti jeep CJ7 bermesin isuzu c240 diesel buatan 1982?. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup menerapkan ramuan gardan sebagai berikut: Baca selengkapnya...
  • 28

    Forsale Jeep M151 MUTT A2

    Tahun 1974 . Full restorasi seperti baru. Type paling tinggi, ada heater ( type arctic) dan pod colokan jumper/ las. Surat lengkap bawan mobil tax On. Mesin ori water proof, 24 volt. Kaki kaki independen suspension empuk seperti sedan ( per keong). Cat baru repainting army green dop ( kerok angkat body). Baut baru semua. Engine Grill cover ori USA baru. Busi dan kabel busi baru. Coil dan bendix baru. Antene military ori ( pecut, antene samping lengkap). Mobil Ganteng, Siap dimahar open 400 nego…

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 48

    Dijual Holden WB

    Transmisi 3 Matic ori responsif Mesin 6cyl sehat Ac Power Stering Air Suspensi Interior rapi Spion Camera Surat BPKB Lokasi di Tangerang

MOBIL BUATAN JEPANG

Daihatsu Charmant, Pelopor "Rebadge" Di Indonesia

Jauh sebelum produk mobil rebadge seperti Xenia-Avanza, Terios-Rush, dan Calya-Agya ada, rupanya Daihatsu dan Toyota pertama kali melakukan terobosan tersebut pada produk Daihatsu Charmant dan Corolla DX. Secara sederhana pengartian istilah rebadge sendiri adalah produk otomotif keluaran dua pabrik yang memiliki model, desain dan teknologi yang sama. Kemunculan keduanya menjadi pelopor jenis rebadge pertama di Tanah Air yang ikut menyemarakan jajaran produk sedan kompak di eranya. Baca selengkapnya...
  • 32

    Dijual Corolla Great 1992 CBU Automatic AE 101

    Warna silver Mesin 4A-FE sehat normal kering AC dingin mengigil Kaca film 20% Matic normal smooth Kaki kaki senyap Velg kaleng bawaan mazda rare ban 75% Body mulus kinclong Interior full ori bersih wangi Electrik normal fungsi Audio on bt Crossbar Head lamp celong lampu ori ada SS kumplit pajak on Keseluruhan mobil aman sehat siap nongkrong kalcer kalceran ceria Lokasi bandung: