Motor Trail Yamaha YT115

Motor  trail memiliki kelebihan berupa ground cleareance atau ketinggian motor dengan tanah yang lumayan tinggi. Hal tersebut membuat motor trail bisa dengan mudah melewati berbagai kondisi jalan. Jaman tahun 1970 dan 198-an, Yamaha pernah mengeluarkan motor trail dengan nama Yamaha DT series. Untuk melanjutkannya, Yamaha kemudian mengeluarkan motor trail dengan nama Yamaha YT115.

Tidak hanya di Indonesia, motor trail  ini juga dipasarkan sampai ke wilayah Amerika Latin seperti Venezuela. Di Indonesia sendiri keberadaannya sebenarnya sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1988. Namun jarang yang mengetahui, karena keseluruhan bentuknya sepintas mirip seperti Yamaha RX-Special.

Yang membedakannya hanya pada ukuran shock depan yang lebih panjang, serta spakbor tinggi khas motor trail. Selain itu, stripping dan emblemnya juga jelas menunjukkan motor ini adalah YT115 dari tulisannya. Demikian juga dengan mesin yang digunakan, sama persis dengan Yamaha RX-Special, yaitu mesin 1 silinder 2 tak berkapasitas murni 113cc dengan pendingin udara.

Mesin tersebut cocok digunakan untuk motor trail karena torsinya yang cukup besar. Tenaga maksimum yang bisa diraih mesin dengan karburator mikuni vm22 ini adalah 15,3Hp pada 8500Rpm dan torsi maksimum 13,2Nm pada 8000Rpm. Apalagi berat motor secara keseluruhan hanya 95 Kg, membuat motor ini terasa begitu bertenaga di segala medan. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang digunakan transmisi manual 5 percepatan tipe kopling basah.

Namun jangan komplain tentang fiturnya , masih sangat sederhana, khas motor tahun  90an. Pada konsol depannya, hanya ada speedometer yang tertulis angka sampai maksimal 140km/jam, odometer, indikator oli samping, indikator sein kanan dan kiri yang terpisah, indikator gigi netral dan indikator hi beam serta tempat kunci kontak dibagian kanan speedometer. Dengan pengapian CDI serta kelistrikan 12V ini hanya memiliki kick stater untuk menyalakan motor.

Roda depan berukuran 19 inch sementara bagian belakangnya 18 inch dengan velg jari-jari serta rem teromol di depan dan belakang. Tangki BBM motor ini sanggup menampung bensin sebanyak 9 liter sementara tangki oli samping berukuran  1,2 liter.

Motor trail Yamaha YT115 resmi dijual sampai tahun 2004,  walaupun ada yang produksi  tahun 2007, karena Yamaha Indonesia masih membuat motor ini terutama untuk pesanan khusus. Kebanyakan motor ini berada di tangan instansi pemerintahan seperti dinas kehutanan, TNI sampai jadi motor operasional sewaktu tanggap bencana tsunami Aceh 2004 silam. Motor Trail  ini juga dipakai di wilayah perkebunan di pulau Sumatera dan Kalimantan.

Walaupun  bodinya ringan dan ukuran mesin yang jauh lebih besar dan bertenaga dibandingkan kompetitornya seperti Honda Win, tidak membuat motor ini laris dipasaran. Motor trail Yamaha YT115 yang berada ditangan masyarakat umum, jumlahnya sangat sedikit. Meski kini  banyak yang cari karena  sparepartnya  mudah didapat, karena sama dengan Yamaha RXS. Ini mungkin menjadi kelebihan motor ini, selain tenaganya yang besar.

Namun beberapa partnya mulai jarang didapat dan lumayan mahal, mungkin karena didesain sebagai motor trail, tentunya ada sebagian partnya part dirancang sedikit berbeda dan lebih kuat. Misalnya saja pada arm belakangnya, Yamaha menambahkan semacam plat tambahan di lengan ayun belakang yang otomatis membuat kontruksi rangka lebih kuat dibandingkan Yamaha RXS dan RX King.

Baca juga: Honda CG110 dan CG125, Awet Dan Tahan Lama. Klik Disini...

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

Corolla DX KE70, Mobil Bandel Dengan Harga Terjangkau

Saat ini kegemaran terhadap mobil-mobil jenis retro kian merebak. Tak hanya di kalangan orang tua saja, tetapi kegemaran ini juga ikut menjangkiti kalangan anak muda. Salah satu jenis kendaraan retro yang kini masih setia diburu adalah Toyota Corolla KE70, atau lebih sering disebut sebagai Corolla… Baca selengkapnya...
Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi

Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi?

Mobil pribadi menjadi solusi untuk bepergian di masa pandemi virus Corona, setelah kendaraan umum tidak beroperasi. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan kendaraan sendiri lebih aman. Virus Corona ternyata… Baca selengkapnya...

Citroën DS, Dsain Mobil Paling Indah Sepanjang Masa

Citroën DS adalah seri mobil yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Prancis Citroën, dari tahun 1955 sampai 1975. Nama DS sendiri apabila dibaca menggunakan bahasa Perancis akan terdengar seperti kata déesse yang berarti dewi. Mobil ini terkenal karena aerodinamis, desain bodi futuristik… Baca selengkapnya...

Terbukti Handal, Peugeot 405 1987 Tetap Diproduksi Di Luar Perancis

Peugeot 405 adalah mobil keluarga, yang dirilis oleh produsen mobil Prancis Peugeot pada Juli 1987. Sekitar 2,5 juta kendaraan sedan dan station wagon telah terjual di seluruh dunia, baik untuk Left Hand Drive (LHD) atau Right Hand Drive (RHD), menunjuk kepada letak posisi kemudinya dikiri atau… Baca selengkapnya...