TRANSLATE

en English

Yamaha YT115, Motor Dual Purpose Era 80-an

Ditulis oleh

Yamaha YT115 adalah motor dual purpose yang diproduksi pada awal  di tahun 1980-an. Sekilas, tampilannya mirip Yamaha RX-Special namun dengan gaya berbeda. Yang paling terlihat  jelas adalah pada bagian suspensi dan spakbornya. Fork depannya tampak lebih panjang jika dibandingkan dengan  Yamaha RX-Special, berikut  pemasangan fender denga posisi tinggi khas motor trail.

Yamaha YT115 hadir pada saat sejumlah motor semi trail dan motor trail  ramai dipasarkan di Indonesia. Seperti Honda Win 100 A Semi Trail, Kawasaki KLX250S, hingga Suzuki TS 100 Series, pada era tahun tahun 1980 sampai dengan 1990.

Melihat persaingan yang begitu ketat, pabrikan Yamaha kemudian mempersenjatai YT115 dengan mesin 2 tak silinder tunggal berkapasitas 115cc yang sama persis dengan mesin RX-Special, yang sudah terlebih dahulu terkenal karena tenaganya yang sangat besar.

Mesin  tersebut juga dilengkapi dengan karburator Mikuni VM 22 SC, pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition), kelistrikan 12V serta  transmisi manual 5-percepatan tipe kopling basah. Perpaduan tersebut menghasilkan tenaga 15,5 hp pada 8.500rpm dan torsi 13,2 Nm pada 8.000rpm.

Dimensi  Yamaha YT115, juga dirancang khusus dengan panjang 1.950mm, lebar 745mm, dan tinggi 1.035mm, ketinggian joknya 780mm untuk menyesuaikan dengan postur orang Indonesia.

Bobot  Yamaha YT115 dibuat ringan hanya 95 kilogram. Ditambah lagi dengan groundclearance yang cukup tinggi, membuat motor ini sangat memang cocok untuk menjelajah trek off-road.

Upaya tersebut ternyata berhasil Yamaha YT115  lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya

 

 

FITUR YAMAHA YT115

Namun demikian, keunggulannya tenaganya  ternyata tak sebanding dengan fiturnya, yang  terbilang sederhana seperti layaknya motor keluaran tahun 1980-an.

Pada konsol depannya hanya terdapat speedometer analog, odometer, indikator oli sampung, indikator sein, indikator gigi, dan indikator hi beam. Untuk menyalakan mesinnya juga hanya tersedia kick starter, tanpa starter elektrik.

 

 

PRODUKSI  YAMAHA YT115

Entah mengapa, produksi Yamaha  YT115 ihentikan pada tahun 2004. Tidak berhenti total karena  pabrikan masih memproduksi motor ini khusus untuk melayani kebutuhan kendaraan instansi pemerintah. Jadi tidak heran jika sekarang motor ini banyak yang dijual atau dilelang masih menggunakan pelat merah.

Meski Yamaha YT115 sudah tidak diproduksi lagi, tapi motor ini masih banyak dijual di e-commerce. Misalnya di OLX, YT115 dijual di daerah Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur dengan kisaran harga Rp 7,5 sampai dengan Rp 15 juta, tergantung dari kondisinya. 

Mengenai perawatan dan ketersediaan sparepart masih cukup mudah, mungkin karena memiliki basis mesin yang sama dengan RX-Special. Dengan demikian sparepartnya masih bisa menggunakan milik RX-Special.

MOBIL NEGARA EROPA

Simca 1000 / Mille, Mobil Italia Hasil Produksi Perancis

Selain Peugeot, Citroen dan Renault, masih ada lagi satu merk mobil asal Perancis yang sempat dipasarkan secara remi di Indonesia yaitu Simca, singkatan dari bahasa Prancis: Société Industrielle de Mécanique et Carrosserie Automobile. Simca adalah perusahaan mobil Prancis, yang didirikan pada November 1934 dibawah kendali Fiat. Namun, pada tahun 1970, Simca menjadi anak perusahaan dan merek Chrysler Eropa, mengakhiri kiprahnya sebagai perusahaan independen. Baca selengkapnya...

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Exploring Merapi Mountain in Willys Jeep

When you are planning to explore Mount Bromo, you will see a lot of Toyota Land Cruiser of Hardtop type offered to you. This car is perfect for difficult terrain like those found in Bromo. However, if it is Mount Merapi that you are visiting, you will see a lot of Willys Jeep. Willys Jeep is another classic car widely used in Indonesia, especially in Mount Merapi National Park. Baca selengkapnya...
  • 89

    Dijual Chevrolet Biscayne Sedan Tahun 1968

    Stir kiri built up amerika Surat lengkap Pajak hidup Mesin original 6silinder 4000cc kondisi hidup normal Interior banyak ori nya: doortrim ori, jok ori tp dicover. Panel2 hidup, speedometer jalan, odo : 48rb miles on going Kelistrikan normal, lampu2 hidup Body sudah restorasi. Kerok total, kaca2 dilepas, yg keropos sdh di las. Cat sikkens baru 1 tahun. Velg Baru US Mags R17, ban continental tebal semua Overall mobil kondisi jalan normal. Tahun 2023 kemarin sdh sempet dipakai touring aman,…

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 57

    Jual Holden FC Tahun 1958

    Rare item, kondisi siap Restorasi! Pernak pernik lengkap. Full papers bpkb + stnkb (Vin plate number ada). Mesin asli. Kondisi bahan Utuh. Lokasi Jakarta Selatan. Nego dilokasi!

MOBIL BUATAN JEPANG

DX, Toyota Corolla Lama Yang Tidak Pernah Bikin Susah Penggunanya

Saat ini kegemaran terhadap mobil-mobil jenis retro kian merebak. Tak hanya di kalangan orang tua saja, tetapi kegemaran ini juga ikut menjangkiti kalangan anak muda. Salah satu jenis kendaraan retro yang kini masih setia diburu adalah Toyota Corolla KE70, atau lebih sering disebut sebagai Corolla DX. Baca selengkapnya...
  • 69

    FOR SALE! Nissan Sentra B13 Japan Edition (JDM)

    Atau nama lainnya Nissan Sunny 1500 Super Saloon SV 60th Anniversary thn 1994 Surat lengkap STNK & BPKB (Tax off 2023 / 1x) Mesin dan gearbox sudah refresh Lampu" semua original Nissan ichiko Japan Bodykit full set nissan sunny GTS2 original (Rare item) Full exhaust system Audio full system SQL (Sound quality loud) Head unit nakamichi TD35z + CD changer nakamichi mf31 ori japan dan beberapa audio berkelas pendukung lainnya. bergaya 90s ( Bisa Bluetooth ) Strutbar depan & belakang Peredam mobil…