Solusi Masalah Stir Keras dan Berat Pada Mitsubishi Lancer SL

Mengingat usia Mitsubishi Lancer SL  sudah lebih dari 20 tahun, agar stirnya tetap ringan dan nyaman pada saat digunakan , maka penggunanya wajib memperhatikan kinerja balljoint dan worm stir.

Yang disebut Ball joint adalah sebuah komponen yang menciptakan kenyamanan dalam sistem kemudi. Letaknya ada di antara steering knuckle dan juga arm. Baik itu di lower arm maupun upper arm.

Pemasangannya memanfaatkan baut dan dalam satu roda biasanya terdapat dua buah ball joint. Bentuknya sendiri mirip dengan tie rod dan bisa mengalami aus jika digunakan terus menerus.

Fungsi ball joint adalah sebagai penghubung antara arm dengan knuckle roda dan juga bekerja menjadi sumbu roda ketika ingin belok ke kanan dan kiri. Sedangkan Fungsi ball joint pada suspensi adalah untuk menerima beban pada kendaraan secara vertikal atau lateral.

Oleh karena itu ketika berbelok beban tersebut akan diatasi dan stir pun akan terasa ringan. Sistem kerjanya mirip  sendi putar pada lengan manusia sehingga dapat  berputar secara bebas dan menyesuaikan pergerakan roda saat berjalan dan berbelok.

Sedangkan Worm Steer atau istilahnya borem,  adalah sebuah unit gear pada sistem kemudi yg mengubah gerakan memutar pada setir menjadi gerakan geser/belok kanan-kiri pada ban.

Jika gigi gerigi di dalam unit ini sudah kurang bagus (aus parah),  maka setir tidak dapat dikendalikan, bisa diputar tapi tidak bisa berbelok.

Untuk mendeteksi kerusakan pada worm steer adalah dengan cara mengemudikan  kendaraan di jalan yang rata, kemudian belokkan stirnya. Jika terasa ada speling atau jeda (tidak langsung berbelok), maka dipastikan ada kerusakan pada bagian worm steer.  Cara lain adalah dengan memutar-mutar stir pada saat mobil sedang berhenti.

Jika stir terasa mantul atau berat berarti worm stir dalam kondisi normal. Sebaliknya, jika terasa ada speling/jarak dan mengeluarkan bunyi yg tidak biasa, kemungkinan besar worm stir sudah rusak. Maka worm stir harus diganti baru, karena part worm stir pada Mitsubishi Lancer SL tergolong susah didapatkan di pasaran.

 

Sumber:

  • gridoto.com
  • suzuki.co.id
  • touringonline.wordpress.com

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...
rekor muri ppmki

Sukses Pamerkan 1500 Kendaraan Klasik, PPMKI Bali Sabet Rekor MURI

Rekor MURI kembali dipecahkan. Kali ini bersumber dari sektor otomotif. Adalah Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI) Provinsi Bali yang sukses menorehkan rekor tersebut berkat keberhasilannya memamerkan 1500 kendaraan klasik. Pameran terbesar yang pertama kali digelar di Pulau Dewata… Baca selengkapnya...

Mobil Klasik Toyota Populer yang Tetap Dicari Kolektor

Mobil klasik Toyota – Meskipun dikatakan tua, namun mobil-mobil retro memiliki penggemarnya tersendiri. Bahkan saat ini ada banyak komunitas mobil antik yang tersebar di seluruh Indonesia. Umumnya komunitas-komunitas ini pun sering mengadakan gathering atau kopi darat (kopdar) untuk berbagai… Baca selengkapnya...

Mercy Tiger, Bintang Jaman 'Old' Yang Masih Jadi Incaran Dimasa 'Now'

Mercedes Benz atau lebih tenar dengan sebutan Mercy adalah sebuah merk mobil mewah terkenal buatan Jerman. Harga mobil barunya selalu mahal, tak bahkan pada seri-seri yang tak lagi diproduksi atau sudah masuk jajaran bursa mobil klasik. Keunggulan mesin, disamping faktor keamanan dan kenyamanannya,… Baca selengkapnya...

Mobil Subaru Buatan Mana? Mengapa Tidak Populer Di Indonesia?

Baru-baru ini, banyak yang menanyakan mobil Subaru buatan mana? Bagi kaum milenial yang tidak mengikuti sejarah mobil, pertanyaan tersebut memanglah wajar, mengingat bahwa merk Subaru sudah lama tidak berjualan mobil di Indonesia. Penyebabnya adalah pelanggaran regulasi tentang kendaraan bemotor. Baca selengkapnya...