Motor Trail Listrik Jadi Andalan TNI Untuk Operasi Senyap

Sepeda motor listrik lambat laun akan mejadi tren, mengingat isu lingkungan yang semakin santer serta harga bahan bakar yang terus melambung. Di beberapa kawasan dunia sudah menuju ke sana, meski terus dalam proses.

Banyak kelebihan dari sepeda motor listrik, meski ada juga beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan sepeda motor bermesin konvensional. Info lebih lanjut silahkan simak penjelasannya pada beberapa poin dibawah ini:

  • Sumber tenaganya murni dari baterai tipe lithium-ion dengan kapasitas beragam menggunakan satuan KWh. Semakin besar KWh semakin jauh pula jarak yang bisa ditempuh.
  • Untuk mengisi ulang baterai umumnya bisa menggunakan listrik rumah 220 volt biasa.
  • Lama pengisian baterai tergantung pada kapasitasnya, umumnya antara 4-8 jam (dari kosong sampai penuh)
  • Jarak tempuh tergantung pada kapasitas baterai. Semakin besar baterai semakin lama waktu tempuh dan semakin jauh jarak yang bisa dijelajahi. Rata-rata untuk sepeda motor listrik premium minimal 150-300 km.
  • Usia baterai tergantung pemakaian.
  • Minim perawatan, karena sepeda motor listrik tak butuh cairan. Satu-satunya cairan yang ada padanya adalah minyak rem. Penggantian timing belt pun dilakukan di atas 15.000 km.
  • Torsi langsung terasa saat pertama kali handel gas diputar. Sangat bertenaga di semua putaran, kapan pun dibutuhkan.
  • Tidak disarankan untuk menerjang banjir . Tapi cukup aman melewati genangan air biasa , karena pabrik sudah memproteksi sistem kelistrikan untuk tahan hujan dan saat dicuci sekali pun.
  • Di Indonesia, sepeda motor listrik sudah ada peraturan baku dari pemerintah. Di STNK kolom CC akan diisi ”elektrik”. Sepeda motor ini tidak kena luxury tax, tapi cuma impor duty.
  • Praktis tidak ada suara, bunyi-bunyian hanya berasa dari sistem penggerak seperti rantai atau belt, bisa juga dari ban. 

Poin yang terakhir inilah yang menjadi dasar dari motor trail listrik yang diberi nama E-Tactical. Tidak adanya suara membuat motor trail listrik ini sangat ideal untuk digunakan pada operasi senyap dan pengawalan militer.

Motor trail listrik ini diproduksi oleh PT LEN (Persero), perusahaan elektronika, yang juga membuat produk  panel surya , defence, dan alkom (alat komunikasi). Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto merespon baik produk ini. Sebagai kelanjutannya, PT LEN tengah bekerjasama dengan beberapa perusahaan BUMN lainnya untuk menjadi holding di Industri pertahanan.

Setelah menyelesaikan riset dan pengembangan teknologinya, motor trail listrik ini akan segera diproduksi. Wujud dari E-Tactical yang nanti akan digunakan oleh Militer, tidak akan jauh berbeda dari prototipenya yang dibuat dalam 2 versi  yaitu E-Tactical, motor listriknya 3.000 Watt, baterainya 72V 40Ah, jarak tempuhnya di 100 km, dan kecepatan maksimalnya di kisaran 90 sampai 100 km/jam

Dan motor pengawalan, hadir dengan bodi serba hitam dan spek kaki-kaki yang tampak mewah, menggunakan baterai berkapastias 96V 50Ah dan diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 10.000 Watt. Motor ini diklaim juga dapat berlari hingga 180 km/jam.

Baca juga: Honda CG110 dan CG125, Awet Dan Tahan Lama. Klik Disini...

Kelemahan Utama Jimny Jangkrik di Segmen Kendaraan Off Road

Jimny LJ80 merupakan salah satu varian SUV terpopuler lansiran Suzuki. Sohor dengan nama Jimny Jangkrik, Jip retro dari era 1970-an ini masih diburu oleh para kolektor maupun masyarakat umum. Sayangnya, kelemahan utama Jimny Jangkrik justru semakin terlihat seiring kemajuan teknologi di segmen… Baca selengkapnya...

GAZ / UAZ 69, Kendaraan Tempur Yang Bisa Menggunakan Bahan Bakar Dari Minuman Beralkohol

Kendaraan 4WD ternyata memiliki peranan dalam kemenangan sekutu di perang dunia kedua. Salah satunya kendaraan 4WD tersebut adalah buatan Amerika Serikat yang bernama Willys. Rancang bangun mobil ini kemudian diadopsi oleh banyak negara salah satunya Uni Soviet. Negara ini yang kemudian membuat… Baca selengkapnya...

Corolla DX, Mobil Retro yang Masih Tangguh Berpacu di Sirkuit

Meski tergolong mobil retro yang masih enak untuk dikendarai dan banyak ditemui di jalanan, namun menjadi pemandangan yang menarik sekaligus langka tatkala menyaksikan Corolla DX dipacu di sirkuit dan beradu kecepatan dengan mobil-mobil baru lainnya. Menjadi lebih menarik lagi, karena Corolla DX… Baca selengkapnya...

Pilihan Mesin Diesel Untuk Toyota Land Cruiser

Mesin asli Toyota Land Cruiser FJ40 adalah 6 silinder in-line yang berkapasitas 4.230 cc dan masih mengandalkan karburator juga sistim platina kondensor. Karena dirasa sudah kurang mumpuni dan boros bensin, maka banyak yang menggantinya dengan mesin diesel. Baca selengkapnya...

Mercy Mini Adalah Satu-satunya Model Generasi Baru Pada Jamannya

Mercedes-Benz W114/W115 adalah model sedan menengah untuk Mercedes, diposisikan di bawah S-Class. Ketika diperkenalkan pada tahun 1968, Mercedes Benz merilis sedan dalam dua kelas ukuran (W114/W115 dan S-Class) dan memasarkan W114/115 sebagai Model Generasi Baru. Walaupun pada akhirnya menjadi… Baca selengkapnya...