Loading...
en

Volvo 700 Series, Tak Sekedar Nyaman Tapi Juga Aman

Tahun 1980an awal menjadi tonggak sejarah bagi Volvo untuk bergelut di pasar mobil mewah. Demi ambisi untuk bisa menguasai segmen tersebut, pabrikan ini kemudian meluncurkan Volvo 700 Series sebagai pengganti 200 Series yang dianggap sudah kuno. Berbeda dengan mobil mewah garapan BMW atau Mercy pada rentang waktu yang sama, Volvo 700 Series dibuat dengan desain yang terbilang konservatif.

Bentuk kotak pada berbagai model Volvo sebelumnya,  tak ditinggalkan di seri yang terbilang mewah tersebut. Lataran ciri khas tersebut,  banyak konsumen yang memberikan julukan sebagai sebagai batu bata atau brick. Kendati demikian, mobil rancangan Jan Wilsgaard ini diklaim memiliki tampilan mewah. Hal ini bisa dipahami mengingat 700 Series merupakan produk mewah pertama Volvo.

Volvo 700 Series dipasarkan dengan beberapa seri, seperti Volvo 740, Volvo 760. Volvo 740 merupakan seri termurah dari 700 Series. Seri ini dijual di Indonesia dalam dua varian, yaitu 740 GLE dan 740ti.   Untuk Volvo 740 GLE mengusung mesin Volvo B230F, sedangkan untuk versi 740ti mengusung mesin B230FT dengan turbocharger. Kedua mesin tersebut sama-sama mengusung 4 silinder SOHC 8 Valve injeksi. Namun, khusus B230FT sudah dilengkapi dengan turbocharger Mitsubishi TD04.

Menggunakan sistem penggerak roda belakang, Volvo 740GLE dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan Volvo 740 turbo memakai transmisi otomatis 4 percepatan saja.

Selain dua seri di atas, Volvo 700 Series yang juga sempat hadir di Indonesia antara lain seri Volvo 760, Volvo 740 wagon dan Volvo  740 limosin. Akan tetapi, seri-seri tersebut tak banyak dijumpai pada zamannya, dikarenakan masuk melalui jalur khusus dan bukan sebagai produk Volvo yang umum dijual.

Volvo 760 merupakan seri termewah dari seri mewah yang hadir di lini 700 Series. Mesinnya memiliki 6 silinder V6 PRV, tetapi ada pula yang mengusung 4 silinder. Seri 740 Wagon yang beredar juga biasanya merupakan bekas kendaraan kedutaan asing, di mana mereka biasanya mengimpor sendiri kendaraan tersebut untuk dinasnya.

Khusu untuk Volvo 740 Limosin ada varian yang memang dibuat versi limosinnya oleh perusahaan karoseri lokal khusus untuk pasar Indonesia yang kemudian diekspor, tetapi ada pula yang merupakan versi modifikasi pribadi.

Sebagai kendaraan mewah, Volvo 700 Series telah dibekali dengan fitur-fitur yang mewah di zamannya. Sebut saja AC, radio/tape dengan equalizer, power window, power steering dan central lock yang sudah menjadi standar pada mobil saat ini, dijumpai di seri ini. Fitur lainnya yang juga hadir adalah jam pada konsol meter bersebelahan dengan speedometer yang sebelahnya lagi terdapat tachometer, interior kulit, dan jok belakang dengan arm rest. Barangkali fitur itu kini sudah menjadi hal biasa dalam sebuah mobil, tetapi di zaman itu, ‘fitur ini mahal’.

Tak sekedar nyaman, Volvo 700 Series juga aman, berkat fitur keselamatan seperti sistem ABS untuk seri 740i. Hanya saja memang seri itu belum dilengkapi airbag.

Dengan berbagai kemewahan yang ditawarkan itu, tak mengherankan jika Volvo berhasil merebut hati para pejabat di era Orde Baru hingga kendaraan ini menjadi kendaraan para menteri era tersebut.

 

 ------------------------------------------

Tak Perlu Daftar ataupun Login, jadwal Kegiatan Komunitas Motor Trail di seluruh Indonesia, kini dapat dilihat dengan mudah melalui Aplikasi Android IAC

 ------------------------------------------

 
 
family gathering Bandung

Mengapa Family Gathering di Bandung Menjadi Acara Favorit Komunitas Otomotif?

Bandung memang memiliki daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Kota yang jadi ibukota Jawa Barat ini memiliki keunikannya sendiri. Selain banyak ragam keindahan alam yang tersaji juga terkenal dengan kesejukan udaranya. Kota yang dijuluki sebagai kota Kembang ini juga menjadi alternative family gathering Bandung. Mulai dari tempat wisata dengan tipikal pegunungan, perbukitan, tempat belanja, kafe hits, semuanya ada di Bandung. Salah satu Jalan di Bandung yang bernama Jl. Asia Afrika… Baca Selengkapnya...

The List of Classic Cars That Are Selected by Indonesian Celebrities

Having luxurious and expensive vehicles is common thing for celebrities because it can support their appearance in front of people and they have money to buy. However, some of Indonesian celebrities choose classic car instead of the latest version. Well, it is true that something classic has its own charm and some of them dare to spend much money to get the vintage and rare vehicles. Even one Indonesian celebrity doesn’t only have one but more of classic vehicles for collection.