Loading...
en

Volvo 700 Series, Tak Sekedar Nyaman Tapi Juga Aman

Tahun 1980an awal menjadi tonggak sejarah bagi Volvo untuk bergelut di pasar mobil mewah. Demi ambisi untuk bisa menguasai segmen tersebut, pabrikan ini kemudian meluncurkan Volvo 700 Series sebagai pengganti 200 Series yang dianggap sudah kuno. Berbeda dengan mobil mewah garapan BMW atau Mercy pada rentang waktu yang sama, Volvo 700 Series dibuat dengan desain yang terbilang konservatif.

Bentuk kotak pada berbagai model Volvo sebelumnya,  tak ditinggalkan di seri yang terbilang mewah tersebut. Lataran ciri khas tersebut,  banyak konsumen yang memberikan julukan sebagai sebagai batu bata atau brick. Kendati demikian, mobil rancangan Jan Wilsgaard ini diklaim memiliki tampilan mewah. Hal ini bisa dipahami mengingat 700 Series merupakan produk mewah pertama Volvo.

Volvo 700 Series dipasarkan dengan beberapa seri, seperti Volvo 740, Volvo 760. Volvo 740 merupakan seri termurah dari 700 Series. Seri ini dijual di Indonesia dalam dua varian, yaitu 740 GLE dan 740ti.   Untuk Volvo 740 GLE mengusung mesin Volvo B230F, sedangkan untuk versi 740ti mengusung mesin B230FT dengan turbocharger. Kedua mesin tersebut sama-sama mengusung 4 silinder SOHC 8 Valve injeksi. Namun, khusus B230FT sudah dilengkapi dengan turbocharger Mitsubishi TD04.

Menggunakan sistem penggerak roda belakang, Volvo 740GLE dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan Volvo 740 turbo memakai transmisi otomatis 4 percepatan saja.

Selain dua seri di atas, Volvo 700 Series yang juga sempat hadir di Indonesia antara lain seri Volvo 760, Volvo 740 wagon dan Volvo  740 limosin. Akan tetapi, seri-seri tersebut tak banyak dijumpai pada zamannya, dikarenakan masuk melalui jalur khusus dan bukan sebagai produk Volvo yang umum dijual.

Volvo 760 merupakan seri termewah dari seri mewah yang hadir di lini 700 Series. Mesinnya memiliki 6 silinder V6 PRV, tetapi ada pula yang mengusung 4 silinder. Seri 740 Wagon yang beredar juga biasanya merupakan bekas kendaraan kedutaan asing, di mana mereka biasanya mengimpor sendiri kendaraan tersebut untuk dinasnya.

Khusu untuk Volvo 740 Limosin ada varian yang memang dibuat versi limosinnya oleh perusahaan karoseri lokal khusus untuk pasar Indonesia yang kemudian diekspor, tetapi ada pula yang merupakan versi modifikasi pribadi.

Sebagai kendaraan mewah, Volvo 700 Series telah dibekali dengan fitur-fitur yang mewah di zamannya. Sebut saja AC, radio/tape dengan equalizer, power window, power steering dan central lock yang sudah menjadi standar pada mobil saat ini, dijumpai di seri ini. Fitur lainnya yang juga hadir adalah jam pada konsol meter bersebelahan dengan speedometer yang sebelahnya lagi terdapat tachometer, interior kulit, dan jok belakang dengan arm rest. Barangkali fitur itu kini sudah menjadi hal biasa dalam sebuah mobil, tetapi di zaman itu, ‘fitur ini mahal’.

Tak sekedar nyaman, Volvo 700 Series juga aman, berkat fitur keselamatan seperti sistem ABS untuk seri 740i. Hanya saja memang seri itu belum dilengkapi airbag.

Dengan berbagai kemewahan yang ditawarkan itu, tak mengherankan jika Volvo berhasil merebut hati para pejabat di era Orde Baru hingga kendaraan ini menjadi kendaraan para menteri era tersebut.

Tentang Motor

Mari Mengenal Keunikan Honda Benly S110

Nama Honda di Indonesia sudah tak asing lagi. Selain memproduksi mobil pabrikan Jepang yang satu ini juga masyur sebagai pembesut banyak varian motor, mulai dari motor ‘laki’, yang memiliki tangki bensin depan, motor bebek, hingga yang beberapa tahun belakangn ngehits, yaitu motor matic, yang kerap diidentikan dengan motornya kaum hawa. Sebelum berbagai seri Honda beragam seperti saat ini, Honda sebenarnya sudah mulai hadir di Indonesia sejak lama, sejak 1960an. Read More...

Horror Story Behind The Classic Car

Classic car are very identical to the word old. The reason is because most the cars that categorized as classic were launched long before we were born. For example, there are some people say that the cars were released close to the world tragic event, World War. The age of the cars generally is more than 50 years. It's such a gold age. And in that long time, it is impossible for the just to have few experiences on the street. Read More...

Promo Perlengkapan Mobil & Motor