TRANSLATE

en English

Holden Gemini TD (1978–1979)

Holden Gemini Seri TD diperkenalkan pertama kali pada bulan April tahun 1978. Tampilannya sedikit berbeda dengan seri TC berkat pembaharuan pada beberapa komponen. Seperti penggunaan grille model baru  yang terbuat dari baja tahan karat, lampu depan persegi panjang (walaupun masih tersedia lampu model bulat pada model dasar), frame pada rangka pintu-jendela yang dibuat dari baja tahan karat tebal (thick stainless steel door window-frame mouldings).

Posisi pelat nomor belakang kini ditempatkan pada panel garnis. Rodanya berukuran 13 inci × 5 inci (33 cm × 13 cm) berikut velg model baru mirip hasil desain General Motor-Holden yang mirip dengan velg yang digunakan pada Sunbird SL/E (versi Torana yang dipasarkan mulai November 1976). Demikian juga dengan peralatan mekanisnya, seperti bagian suspensi yang telah menerapkan “radial tuned suspension".

Komponen diferensial (gardan), diganti dengan unit seperti yang digunakan pada Holden Torana UC; berupa bantalan roda meruncing seperti yang digunakan pada semua jenis mobil Holden yang berukuran  besar sejak pertengahan 1971. Gardan ini kemudian dipadupadankan dengan transmisi manual lima kecepatan.

Pada bulan April 1979, Holden Gemini Seri TD dilengkapi dengan rem belakang yang lebih mumpuni,  mengadopsi  trailing rear drum assemblies milik Holden Commodore produksi tahun 1978.

 

 

HOLDEN GEMINI TD WAGON DAN PANEL VAN 

Holden Gemini TD 19781979 wagon

Melalui seri TD inilah Holden Gemini mulai menyediakan model panel van dan wagon tiga pintu yang cetakan bodinya (bodywork pressings) berasal dari jajaran produk Vauxhall Chevette/Bedford Chevanne dari Inggris.

Panel Van, atau dikenal juga sebagai blind van, adalah produk kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang yang umum digunakan di Inggris. Istilah yang sama  juga digunakan pada mobil sedan pengangkut barang, yang diproduksi amerika. Kata van sendiri sebenarnya adalah singkatan dari kata karavan, yang memiliki arti sebagai kendaraan bertutup.

Secara umum pengertian panel van adalah, bodi kendaraan pengangkut barang berukuran kecil yang dibangun diatas sasis mobil penumpang. Pada panel Van, biasanya hanya tersedia satu atau sebaris kursi depan. Panel Van umumnyajuga tidak dilengkapi dengan jendela samping dibelakang pilar-B.

Karena menggunakan sasis yang diadopsi dari mobil penumpang, maka kapasitas angkut  Panel Van pastinya lebih kecil daripada panel truk atau panel kargo, yang keduanya memang dibuat menggunakan sasis truk. Namun, Panel van lebih lincah saat digunakan menyusuri berbagai sudut kota dibandingkan truk.

Secara tampilan, panel van modelnya  yang tidak jauh berbeda mobil penumpang yang menjadi platformnya. Seperti di  Amerika Utara,  yang desain awalnya memang banyak mengambil dari model mobil station wagon dua pintu.

Sedangkan Panel Van di Eropa sedikit berbeda, mengingat kondisi jalan yang lebih sempit, Panel Van-nya diproduksi menggunakan sasis dari mobil berukuran subkompak, bukan mobil penumpang berukuran besar seperti di Amerika.

Demikian juga untuk panel Van di Australia, dikembangkan dari 'ute', yaitu truk pickup kecil yang dibangun dengan menggunakan sasis mobil penumpang yang sering kali menggunakan jarak sumbu roda yang lebih panjang dari sasis station wagon. Sebagai contoh adalah Holden Ute.

 

 

HOLDEN GEMINI TD SL/E

Yang juga baru dari Holden Gemini Td adalah varian SL/E, yang interiornya yang sebagian besar mengambil dari seri TC "Sandpiper". 

Beberapa komponen yang digunakan antara lain: radio/kaset, roda kemudi palang empat, lapisan kayu pada dasbor , trim jok dari bahan velour (kain atau tekstil rajutan mewah yang mirip dengan beludru, dibuat dari poliester, spandeks, atau katun, atau campuran katun-poliester), karpet lantai, dan trim pintu dari bahan kayu (hardboard), berikut transmisi manual lima percepatan sebagai standar.

Kaca spion Holden Gemini TD varian Sedan dan Coupe menggunakan kode warna yang mirip dengan Sunbird SL/E dan HZ Sandman (edisi khusus dari Holden berukuran besar).

 

Pada awal tahun 1979, varian SL/E digantikan oleh SL/X yang spesifikasinya sedikit lebih rendah, tetapi harganya lebih kompetitif. Sedangkan untuk varian panel van, tersedia  paket "Gypsy" edisi terbatas dengan tambahan fitur dan stiker yang menarik. Pada tahun 1979 juga, kaca belakang berpemanas menjadi standar pada semua model sedan, panel van dan wagon. Sisipan kain kotak-kotak nilon tersedia pada SL dan wagon. Sedangkan AC tersedia sebagai aksesori opsional.

MOBIL NEGARA EROPA

Citroen DS, Mobil Eropa Terindah Sepanjang Masa

Diperkenalkan untuk pertama kalinya pada bulan Oktober 1955 lewat ajang “Paris Motor Show”, Citroen DS langsung menarik perhatian penggemar otomotif dari seluruh dunia. Tak heran, hanya dalam waktu satu hari, mobil eropa ini sudah terjual sebanyak 12.000 unit. Angka penjualan tersebut terus mengalami peningkatan. Dalam kurun waktu 20 tahun masa produksi, tepatnya disepanjang tahun 1955–1975, mobil yang dibuat dengan empat varian, yaitu: DS19, DS20, DS21 dan DS23 ini pun terjual sebanyak… Baca selengkapnya...
  • 64

    Dijual VW Kombi Kumis Tahun 1969

    Mobil VW Asli Setir Kiri Surat-surat Asli Komplit Sehat terawatt, No PR Mobil hobi siap kontes, siap diajak touring, buat investasi. Pencinta VW sejati pasti tau semakin tua, semakin menggila harganya. Apalagi mobil VW yang siap pakai + komplit jelas surat-suratnya. Harga 300.000.0000. Lokasi mobil: Sidoarjo, Jatim

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

LUV, Sebenarnya Bukan Pikap Produk Asli Chevrolet

Kata ‘LUV’ pada Chevrolet LUV, sebuah merk mobil model pikap yang dipasarkan di era 70-an hingga 90-an, adalah kepanjangan dari ‘Light Utility Vehicle’. Namun tahukah anda jika pikap ini bukan sepenuhnya produk resmi Chevrolet, melainkan hasil rebadge dari merk lain. Baca selengkapnya...
  • 89

    Dijual Chevrolet Biscayne Sedan Tahun 1968

    Stir kiri built up amerika Surat lengkap Pajak hidup Mesin original 6silinder 4000cc kondisi hidup normal Interior banyak ori nya: doortrim ori, jok ori tp dicover. Panel2 hidup, speedometer jalan, odo : 48rb miles on going Kelistrikan normal, lampu2 hidup Body sudah restorasi. Kerok total, kaca2 dilepas, yg keropos sdh di las. Cat sikkens baru 1 tahun. Velg Baru US Mags R17, ban continental tebal semua Overall mobil kondisi jalan normal. Tahun 2023 kemarin sdh sempet dipakai touring aman,…

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 50

    Dijual Holden Belmont HJ Tahun 1975

    Manual Surat lengkap akur pajak panjang, Mesin sehat no over heat Cek sepuasnya bawa mekanik, banyak part yang sudah ganti baru, Open 135jt nego atau TT/BT kingo / premier yang kondisi setara. Lokasi Temanggung Jateng.

MOBIL BUATAN JEPANG

Dimulai dari FJ40, Toyota Land Cruiser Cetak Sejarah Penjualan 10 Juta Unit

Toyota merayakan tonggak sejarah besar pada salah satu model kendaraan sport utility vehicle (SUV) terlarisnya, Land Cruiser. Mobil ikonik yang dikenal di Indonesia dengan nama Hardtop (pada era 1970-1980) ini telah melampaui rekor penjualan 10 juta unit hingga 31 Agustus 2019. Baca selengkapnya...
  • 62

    Dijual Corolla Great 1992 CBU Automatic AE 101

    Warna silver Mesin 4A-FE sehat normal kering AC dingin mengigil Kaca film 20% Matic normal smooth Kaki kaki senyap Velg kaleng bawaan mazda rare ban 75% Body mulus kinclong Interior full ori bersih wangi Electrik normal fungsi Audio on bt Crossbar Head lamp celong lampu ori ada SS kumplit pajak on Keseluruhan mobil aman sehat siap nongkrong kalcer kalceran ceria Lokasi bandung: