TRANSLATE

en English

Cara Menghemat Bensin Kendaraan Bermotor

Memiliki kendaraan motor memang menjadi sebuah kebutuhan saat ini. Dengan motor maka kita bisa pergi kemanapun. Bahkan dengan menggunakan motor maka bisa mendapatkan pekerjaan, contohnya sebagai ojek online. Namun apakah Anda sudah merawat motor dengan baik agar tetap tahan lama dan nyaman ketika dipakai? Banyak orang yang hanya melakukan perawatan pada umumnya tanpa memperhatikan hal lainnya. Padahal ada beberapa hal penting lain yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dari segi bahan bakar yang digunakan. Bahan bakar atau bensin memang menjadi komponen penting untuk kendaraan.

 

Cara Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Di masa pandemic ini tentunya kita diharuskan untuk bisa berhemat. Nah, salah satu hal yang perlu dihemat juga adalah bahan bakar atau bensin kendaraan bermotor. Salah satu upaya menghemat bensin saat ini adalah banyaknya produsen kendaraan yang menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Dimana kendaraan ini akan lebih irit dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Meskipun begitu, kita tetap harus menjaga bahan bakar atau bensin di motor tetap ada. Jangan sampai benar-benar kehabisan bensin, karena hal ini akan berdampak pada mesin kendaraan nantinya.

Untuk Anda yang ingin menghemat bensin kendaraan bermotor, tapi masih bingung caranya. Maka bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Memperhatikan Batas Kecepatan Laju Kendaraan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat bensin adalah memperhatikan batas kecepatan laju kendaraan. Pastikan bisa mempertahankan laju kendaraan di batas kecepatan yang sudah ditentukan. Umumnya efisiensi bahan bakar kendaraan bisa menurun drastis jika kecepatan kendaraan ditambah. Oleh sebab itulah, jika ingin menghemat bensin maka bisa berkendara dengan kecepatan stabil dan konsisten.

Jangan Terlalu Lama Memanaskan Motor

Apabila Anda mempunyai kebiasaan memanaskan motor untuk waktu lama, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk satu ini. Jika hal ini diteruskan justru akan menguras bahan bakar motor dan menjadi terbuang sia-sia. Memanaskan motor 5 menit sebelum dipakai untuk berkendara sudah menjadi batas maksimal untuk sebuah kendaraan.

Memeriksa Tekanan Angin Ban

Kemudian pastikan untuk selalu memeriksa kondisi tekanan angin. Sebab hal ini memiliki pengaruh pada pemakaian BBM di mesin motor. Apabila tekanan angin berkurang, mesin motor harus bekerja lebih keras untuk bisa memutar roda. Untuk normalnya, tekanan ban motor depan adalah 29 psi, sedangkan untuk ban belakang adalah 33 psi. Oleh sebab itulah, Anda harus bisa memastikan secara berkala bahwa tekanan angin pada ban tepat supaya bisa menghemat pemakaian bahan bakar.

Perhatikan Ukuran Diameter Pelek Motor

Nyatanya belum banyak pemilik motor yang tahu jika ukuran diameter pelek mampu menghemat bahan bakar kendaraan bermotor. Kebanyakan motor memakai pelek roda dengan diameter 14 inci. Tetapi banyak orang mengganti dan memodifikasi pelek ini menjadi ukuran 17 inci. Penggantian pelek diameter ini akan membuat pemakaian bahan bakar motor menjadi lebih boros dibandingkan dengan menggunakan pelek pabrikan.

Ketahui Beban Maksimal Kendaraan

Dengan menjaga beban maksimal pada kendaraan nyatanya bisa menjadi salah satu cara dalam menghemat bahan bakar. Ketika kendaraan mempunyai beban berat, maka mesin akan bekerja keras. Hal ini nantinya membutuhkan bahan bakar lebih dari biasanya. Pun hal ini juga membuat lebih boros bahan bakar dan boros uang juga. Jadi akan lebih baik jika bisa membawa barang yang tidak melebihi batas kapasitas motor. Jadi motor nantinya bisa lebih hemat bahan bakar dan tidak boros.

Menggunakan Oktan Lebih Tinggi

Tips lain supaya bisa menghemat bahan bakar motor adalah dengan memilih oktan yang lebih tinggi. Bahan bakar mesin yang memiliki oktan tinggi bisa menghemat bahan bakar dan membuat mesin jadi tetap awet. Selain itu juga membuat pembakaran jadi lebih sempurna. Salah satu bahan bakar kendaraan yang memiliki oktan tinggi adalah pertamax. Dimana memiliki angka oktan minimal 92, dan tentunya direkomendasikan untuk kendaraan sehari-hari. Selain itu juga pertamax mempunyai kelebihan adanya formula PERTATEC untuk menjaga mesin tetap awet.

Pilih Oli Berkualitas

Ketika motor menggunakan oli yang berkualitas, maka bisa menjamin gesekan antar komponen jadi lebih minim. Dengan begitu mesin akan bekerja secara lebih optimal. Pastikan untuk memilih oli yang berkualitas dan sesuai spesifikasi motor. Pemilihan oli ini tentunya juga harus disesuaikan dengan standar pabrikan supaya lebih baik ketika mesin bekerja.

Mengecek Busi Berkala

Selain itu jangan lupa untuk mengecek kualitas busi pada sepeda motor. Jika kondisi busi motor sudah tidak layak dipakai, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab pembakaran bensin kurang maksimal. Apabila proses pembakaran bensin kurang maksimal, hal ini akan membuat bahan bakar yang dipakai semakin banyak. Yang mana hal ini akan berimbas pada pengeluaran untuk pembelian bahan bakar. Kondisi busi yang tidak normal juga akan membuat mesin menjadi cepat rusak.

Service Rutin ke Bengkel Resmi

Yang terakhir adalah dengan secara berkala melakukan service motor ke bengkel resmi. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi mesin dan performa motor. Filter dan karburator juga bisa menjadi alasan mengapa bahan bakar menjadi boros dan membuat kantong jebol. Atau memang ada komponen mesin lain yang perlu diganti supaya tidak membuat semakin boros bensin.

Baca juga: Honda CG110 dan CG125, Awet Dan Tahan Lama. Klik Disini...

MOBIL NEGARA EROPA

Peugeot Lima Nol Empat, Memang Mobil Kuat

Rasanya cukup berlebihan jika harus menyebut suatu kendaraan roda empat sebagai mahakarya terbaik yang pernah diciptakan, mengingat sampai saat ini tak terhitung ada begitu banyak unit mobil dari merek-merek ternama yang pernah dirilis. Walaupun memang ada, tentunya julukan tersebut harus disertai dengan berbagai prestasi dan reputasi yang diraihnya selama tahun-tahun produksinya. Baca selengkapnya...

MOBIL AMERIKA DI INDONESIA

Cara Pasang Turbo Pada Jeep CJ7 Diesel, Agar Powernya Meningkat Namun Tetap Irit

Banyak yang berpedapat bahwa penambahan perangkat turbo pada Jeep CJ7 Diesel bermesin isuzu seri C 240 A tidak dapat bertahan lama karena akan mudah rontok, patah cranksaft, pecah piston, bengkok stang piston dan sebagainya. Menurut pemilik web jeep99.blogspot.com, yang telah memiliki pengalaman memasang turbo pada jeep CJ7 diesel buatan 1982 dengan nomor polisi DD 266 AY, hal tersebut tidak benar. Baca selengkapnya...
  • 28

    Forsale Jeep M151 MUTT A2

    Tahun 1974 . Full restorasi seperti baru. Type paling tinggi, ada heater ( type arctic) dan pod colokan jumper/ las. Surat lengkap bawan mobil tax On. Mesin ori water proof, 24 volt. Kaki kaki independen suspension empuk seperti sedan ( per keong). Cat baru repainting army green dop ( kerok angkat body). Baut baru semua. Engine Grill cover ori USA baru. Busi dan kabel busi baru. Coil dan bendix baru. Antene military ori ( pecut, antene samping lengkap). Mobil Ganteng, Siap dimahar open 400 nego…

MOBIL BENUA AUSTRALIA

Holden Statesman HQ dan HJ, Mobil Sedan Mewah Era-70an

Bicara soal mobil sedan mewah klasik, Holden tak bisa ditinggalkan. Mobil ini sempat meramaikan pasar sedan di Indonesia pada dekade tahun 1970an. Varian yang paling terkenal pada masa itu adalah Holden Statesman. Dimensi bodinya terbilang besar dan panjang yang menandai mobil ini masuk kelas mobil sedan mewah. Sebagai kasta terttinggi dilininya, tak mengherankan jika mobil ini pun dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris. Baca selengkapnya...
  • 27

    (SALE) Holden VL Calais 1989

    M/T 5speed Full Registered Paper (BPKN & STNK) Pajak Hidup Plat B KM: 90,XXX (Slowly Going) Lokasi: Jawa Timur OPTIONS: Fresh Paint, Fully Restored Bolt on roll cage 4 sparco racing seats all brand new Interior roof lining All new black carpets Dash blacked out Sparco wheel New distributor, coil and ECU

MOBIL BUATAN JEPANG

Toyota Starlet Lisse, Hatchback Klasik Untuk Perempuan Aktif

Saat ini, apabila membicarakan mobil jenis hatchback kesukaan kaum hawa, siapapun pasti akan menunjuk Honda Brio atau Honda Jazz. Akan tetapi, 30 tahun yang lalu, anda akan mendapat mobil yang berbeda, yaitu Toyota Starlet Lisse Baca selengkapnya...
  • 33

    Dijual Nissan Patrol KTT 1992

    4x4 Aktif. Mesin super halus . Surat lengkap . Detail croom . Bemper .spion dan Velg. Ban tebal . 225 Jt Nego di tempat ( Jual Cepat).