Eko Putro Sandjojo Dan Harley Davidson

Sekedar Alat Transportasi Dan Cadangan Kendaraan, Bukan Untuk Gagah-gagahan

Siapa yang tidak kenal dengan motor merk Harley Davidson? Penampilannya yang gagah dengan suara memekakkan telinga, tentu membuat orang berpaling tuk melihatnya.

Motor ini masuk ke Indonesia sesungguhnya sudah cukup lama, yaitu sejak tahun 1920-an. Awalnya dibawa oleh tentara Belanda untuk mengawasi perkebunan. Dari situlah warga Indonesia mulai mengenal motor Harley untuk pertama kalinya.

Pada awalnya, pemilik Harley Davidson adalah para pejuang yang mendapatkannya dari tentara Belanda yang kalah perang. Setelah kemerdekaan, motor ini banyak menjadi kegemaran para tokoh nasional. 

Model-model terbaru Harley Davidson pun terus diproduksi dan menjadi koleksi para petinggi negeri. Salah satunya adalah Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

eko 7
Berbeda dengan para pejabat yang lain, motor Harley Davidson bagi pria low profile kelahiran 21 Mei 1965 ini hanya sekedar alat transportasi bukan untuk gagah-gagahan.

Padahal jenis Harley Davidson yang dimiliki tergolong langka, yaitu edisi khusus untuk memperingati ulang tahun Harley Davidson yang ke 100.

Ia meminang motor Harley Davidson hanya karena senang dengan tampilannya dan sebagai cadangan kendaraan, jika harus menghadiri acara di wilayah yang macet. Oleh sebab itu, ia tidak mau mendaftar sebagai anggota komunitas motor besar ini.

Jujur saja, pesona motor ini memang luarbiasa. Model yang dirilis dengan label "limited edition" memang selalu menjadi legenda.  Semua berkat William S. Harley bersama dengan Arthur Davidson.

Mereka berdua adalah tim  pertama yang merancang dan memproduksi Harley Davidson di Amerika Serikat. Dan hebatnya, aura kreatifitas mereka tetap menyala pada generasi penerusnya.

Harley Davidson Motor Company, demikian nama perusahaan yang didirikan sejak tahun 1903 didaerah Milwaukee, Wisconcin, Amerika Serikat, adalah perusahaan otomotif dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah dunia.  Di tahun 2004 saja, pendapatannya mencapai 5.015 juta us dollar.

Model-model baru selalu diluncurkan dan selalu menjadi incaran para penggemarnya. Bahkan, motor ini dipuja sebagai kendaraan yang memiliki model paling unggul dibandingkan keluaran pabrik lainnya di setiap dekade.

Bukan hanya tampilannya  yang spektakular, Harley Davidson pun terkenal tangguh hampir disemua jenis medan diseluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, beberapa model motor ini menjadi standar angkatan perang, kepolisian ataupun para petugas yang membutuhkan kendaraan yang mumpuni.

Pada jaman dahulu, sulit sekali mendapatkan unit motor ini jika tidak dari tangan para kolektor yang ingin melepasnya. Kini, Harley semakin mudah didapatkan pun dalam kondisi baru, walau harganya hampir-hampir tidak terjangkau oleh orang kebanyakan.

Aktor komedian Indro Warkop menjadi salah satu pencetak sejarah motor Harley di Indonesia, karena telah membangun dealer yang menjual unit lengkap sparepart, yang diimpor langsung dari Amerika Serikat.

Demikian banyaknya jumlah penggemar motor Harley Davidson di Indonesia,  membuat harga motor ini tidak pernah mengalami penurunan secara drastis. Bahkan harga Harley Davidson produk lama, konon bisa mengalahkan model yang diproduksi belakangan.

Ketenaran motor ini hingga sekarang belum tertandingi, hingga tidak hanya pria tetapi juga banyak sekali wanita yang kepincut untuk memiliki dan mengendarainya.

Sumber:

Author

Abrianto

Artikel Terkait

Charles Goodnight - Pelopor Food Truck

Ingin memulai usaha kuliner?, Food Truck adalah salah satu pilihan tepat.

Truk Ford Model A (1928-1929)

Sejarah Truk Pengangkut Susu di Indonesia

Serba-serbi Chevy Bel Air

"Bagi pecinta mobil klasik, Chevy Bel Air bisa dipertimbangkan sebagai salah satu koleksi." 

Chevy Bel Air Kanada

"Eksistensi Chevy Bel Air generasi ketujuh yang berlangsung pada 1971 hingga 1975 bersamaan dengan munculnya Chevy Bel Air Kanada pada 1970 hingga 1976."

Produk Lainnya

"Bagi para penggemar mobil tua, Toyota Corolla generasi lama merupakan jenis mobil yang paling banyak diminati."
"Delapan tahun bergelut dengan model 1100 A, Fiat mencoba mendobrak pasar otomotif eropa dengan merilis model baru yang diberi nama 1100 B Berlina."
"Setelah bertahan di Generasi ketiga yang konon dianggap sebagai generasi terburuk dari Bel Air, di tahun 1959 General Motors melakukan pembenahan habis-habisan."