Loading...
en

Perbedaan Trail Adventure dan Supermoto

Para penggemar KLX 150 maupun CRF 150, seringkali bingung memilih "style" untuk motornya, antara model supermoto atau trail adventure. Padahal permasalahannya hanya pada pemilihan ban saja. Syle adventure "seat" nya lebih tinggi dan menggunakan ban khusus untuk cross, sedangkan supermoto setelan "seat"nya lebih rendah dan menggunakan ban aspal.

Mana yang lebih baik? Sebenarnya tergantung kepada penggunaannya.

 

1. SUPERMOTO

Jika lebih sering di jalan beraspal dengan mobilitas cukup tinggi, lebih cocok supermoto. Dengan ukuran gear idealnya 14/38 atau 14/39, agar lebih nyaman. Style Supermoto juga lebih hemat bahan bakar. Dalam jangka waktu 2 tahun dengan ukuran mobilitas yang sama-sama tinggi, kondisi ban Supermoto masih layak dipakai dan bisa bertahan lebih lama.

 

2. TRAIL ADVENTURE

Cocok diterapkan untuk yang hanya dipakai untuk menerabas. Gear yang dipakai adalah gear tipe lebih besar, umumnya, menggunakan 14/52.

Kemudian jenis ban yang digunakan adalah tipe cross yang didesain untuk jalan tanah, untuk bagian depan pakai ring 21 dan belakang 18. Jika dipaksakan untuk jalan aspal, sangat berbahaya karena daya cengkeram ban cross di aspal sangat rendah. Apalagi saat kondisi jalan aspal setelah hujan, terasa lebih licin dan motor bisa tiba-tiba oleng atau tidak stabil.

Kerugian lain yang harus diperhitungkan jika style adventure digunakan di jalan aspal adalah penggunaan bahan bakar yang lebih boros dibandingkan dengan style Supermoto. Termasuk juga daya tahan ban, dalam jangka waktu yang sama misalnya 2 tahun kemungkinan sudah halus dan perlu diganti.

Harga ban jenis cross memang lumayan mahal, bisa mencapai Rp 800-an ribu hingga jutaan untuk bagian depan dan belakang, tergantung merek yang yang pilih.

 

Sumber: idntimes.com

 

 ------------------------------------------

Tak Perlu Daftar ataupun Login, jadwal Kegiatan Komunitas Motor Trail di seluruh Indonesia, kini dapat dilihat dengan mudah melalui Aplikasi Android IAC

 ------------------------------------------

 
 
promo gratisUntuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19, kami akan mempromosikan semua jenis produk anda di website ini secara GRATIS!  Caranya, kirimkan data lengkap seperti nama produk, info singkat, foto, harga, cara order (WA, bukalapak, shopee, tokopedia, dll berikut link-nya) kepada kami via WA ke 0811112227. 

 

rekor muri ppmki

Sukses Pamerkan 1500 Kendaraan Klasik, PPMKI Bali Sabet Rekor MURI

Rekor MURI kembali dipecahkan. Kali ini bersumber dari sektor otomotif. Adalah Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI) Provinsi Bali yang sukses menorehkan rekor tersebut berkat keberhasilannya memamerkan 1500 kendaraan klasik. Pameran terbesar yang pertama kali digelar di Pulau Dewata tersebut diselenggarakan untuk menyambut Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2019. Baca Selengkapnya...

Classic Cars And Traditional Culinary

Classic cars always adsorb people‚Äôs attentions on the street. The meaning itself can be very tricky. It is because the definition of classic cars can be different for everyone. The criteria of being classic is not so clear or established. In the old time, when the cars were first published, they might be the most modern cars. One of the criteria may be revealed that classic cars must be old. In recent time, for there is evolution of the models, we might say that the old cars have eccentric…