Loading...
en

Perbedaan Trail Adventure dan Supermoto

Para penggemar KLX 150 maupun CRF 150, seringkali bingung memilih "style" untuk motornya, antara model supermoto atau trail adventure. Padahal permasalahannya hanya pada pemilihan ban saja. Syle adventure "seat" nya lebih tinggi dan menggunakan ban khusus untuk cross, sedangkan supermoto setelan "seat"nya lebih rendah dan menggunakan ban aspal.

Mana yang lebih baik? Sebenarnya tergantung kepada penggunaannya.

 

1. SUPERMOTO

Jika lebih sering di jalan beraspal dengan mobilitas cukup tinggi, lebih cocok supermoto. Dengan ukuran gear idealnya 14/38 atau 14/39, agar lebih nyaman. Style Supermoto juga lebih hemat bahan bakar. Dalam jangka waktu 2 tahun dengan ukuran mobilitas yang sama-sama tinggi, kondisi ban Supermoto masih layak dipakai dan bisa bertahan lebih lama.

 

2. TRAIL ADVENTURE

Cocok diterapkan untuk yang hanya dipakai untuk menerabas. Gear yang dipakai adalah gear tipe lebih besar, umumnya, menggunakan 14/52.

Kemudian jenis ban yang digunakan adalah tipe cross yang didesain untuk jalan tanah, untuk bagian depan pakai ring 21 dan belakang 18. Jika dipaksakan untuk jalan aspal, sangat berbahaya karena daya cengkeram ban cross di aspal sangat rendah. Apalagi saat kondisi jalan aspal setelah hujan, terasa lebih licin dan motor bisa tiba-tiba oleng atau tidak stabil.

Kerugian lain yang harus diperhitungkan jika style adventure digunakan di jalan aspal adalah penggunaan bahan bakar yang lebih boros dibandingkan dengan style Supermoto. Termasuk juga daya tahan ban, dalam jangka waktu yang sama misalnya 2 tahun kemungkinan sudah halus dan perlu diganti.

Harga ban jenis cross memang lumayan mahal, bisa mencapai Rp 800-an ribu hingga jutaan untuk bagian depan dan belakang, tergantung merek yang yang pilih.

 

Sumber: idntimes.com

 

Karoseri Bak Truk Untuk Angkut Sapi

Karoseri Bak Truk Rp60.000.000 Per Unit

Baca Selengkapnya...