Motor Trail Suzuki TS125

Motor trail adalah motor yang kerap dipakai di balap Motocross ataupun Supercross. Motor trail juga kerap ditemui versi jalan rayanya, lengkap dengan jok untuk rider dan pembonceng, berikut foot stepnya. Motor trail mulai marak di indonesia sekitar tahun 1970-an, melaui beberapa  merk, antara lain: Yamaha DT, Honda XL atau Binter KE dan Suzuki TS125.

Khusus untuk motor trail Suzuki TS125, mulai dijual pada tahun 1976 hingga tahun 1977 , dengan memiliki ciri berupa penggunaan shockbreaker belakang ganda seperti umumnya motor trail pada jaman itu.

Walaupun kedepannya motor trail banyak dibutuhkan, namun entah mengapa , hanya Suzuki yang menghidupkan kembali seri motor trailnya melalui Suzuki TS125ER pada tahun 1993. Karena tidak ada pesaing,  generasi baru Suzuki TS125 ini langsung digandrungi berbagai kalangan penyuka motor trail di Indonesia pada era 90an dan 2000an awal.

Desai  motor trail Suzuki TS baru ini mengalami sediki penyesuaikan. Yang paling mudah terlihat adalah penggunaan lampu depan kotak. Termasuk spionnya yang juga berbentuk kotak. Uniknya,desain konsol speedometernya malah berbentuk bulat.Perubahan lainnya adalah pada bagian belakang, yaitu pada bentuk spakbor serta lampu belakang

Untuk bagian mesin,masih memakai mesin dengan konfigurasi 1 silinder 2 tak berkapasitas 125cc pendingin udara yang mumpuni sebagai motor trail.

Dengan karburator Mikuni VM24 serta sistem pelumasan CCI atau Crankcase Cylinder Injection ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 13 Hp dan torsi 13,2 Nm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, digunakan transmisi manual kopling manual 5 percepatan.

Shockbreaker depannya panjang dan dilengkapi dengan suspensi belakang model monoshock yang membuatnya memiliki jarak ketinggian dengan tanah 235mm.

Konsol meternya cukup lengkap, berupa speedometer, takometer, trip meter, odometer, indikator sein tunggal, indikator high beam, indikator netral dan indikator oli samping saja.

Walaupun untuk sistem pengeremannya, masih mengandalkan rem teromol dan untuk velg nya hanya tersedia model jari-jari saja.

Motor trail Suzuki TS125 juga sudah dilengkapi dengan cover pelindung shockbreaker depan serta pelindung knalpot untuk melindungi betis pembonceng dari panasnya knalpot yang silencernya berada tepat dibawah jok. Selain itu, terdapat juga rak barang pada bagian belakang motor.

Pada jamannya, motor trail Suzuki TS125 cuku populer, utamanya  dikalangan aparatur negara. Mulai dari kepolisian, polisi hutan, kementerian perhutanan, sampai TNI mengandalkan motor trail ini untuk operasionalnya

Saat ini, Suzuki TS 125 ER  sudah cukup langka, karena pada tahun 2006, motor trail Suzuki TS125 yang menjadi motor 2 tak terakhir yang diproduksi oleh  Suzuki di Indonesia

Dibaca 2102 kali Terakhir diubah pada Kamis, 03 Maret 2022 06:16

Chevrolet Hengkang dari Indonesia, Bagaimana Nasib Mobilnya?

Ketika sebuah Agen Pemegang Merek (APM) hengkang dari Indonesia, satu hal yang dikhawatirkan adalah ketersediaan onderdilnya. Mengingat spare part mobil sudah menjadi kebutuhan wajib, terutama komponen fast moving yang harus diganti rutin. Chevrolet adalah salah satu merek mobil yang menghentikan… Baca selengkapnya...