Loading...
en

Fatal Akibatnya Jika Motor KLX Tidak Dirawat!

Motor KLX memang menjadi primadona bagi banyak orang, terlebih bagi para pecinta olahraga trail. Tentu hal ini yang membuat motor KLX memang wajib untuk di miliki. Salah satu motor KLX yang begitu banyak di pilih adalah KLX 150 tipe adventure. Dari segi bodi motor pun tentu saja tinggi dan ramping, hal ini membuat banyak pecinta motor trail memilih motor trail tipe ini. Sebagai pemilik motor pun selayaknya harus merawat motornya secara baik. Mengapa demikian? Karena jika motor kita tidak terawat dengan baik tentu saja akan berakibat fatal.

Beberapa akibat jika motor KLX tidak di rawat dengan baik dan benar:

 

1.Mesin motor tersendat tersendat bahkan mati mendadak

Permasalahan awalnya adalah akibat pengapian pada mesin ini tidak sempurna. Nah untuk memastikan jika mesin ini bisa berfungsi dengan baik, maka cara yang bisa di lakukan ialah melakukan pengecekan pada bagian koil yang berada di bagian rangka depan sebelah kanan. Anda wajib memastikan jika mesin motor KLX bagian koil ini tidak ada air, lumpur, kotoran atau bahkan dengan soket yang kendur.

 

2.Shock unitrack akan terasa keras

Masalah yang sering muncul dari pengendara motor KLX adalah dengan shock bagian belakang yang terasa lebih keras. Nah tahukah anda apa penyebab dari kerusakan ini? Salah satu penyebabnya adalah unitrack yang sudah berkarat bahkan kotor. Maka dari itu melakukan perawatan atau service motor KLX secara berkala memang penting di lakukan. Tidak hanya pada bagian belakang saja, namun juga pada bagian lainnya pastikan masih berfungsi dengan baik.

 

3.Sering kejadian persneling macet

Tidak dapat melakukan oper gigi tentu saja akan membuat kita bingung apalagi saat kita jauh dari rumah dan bengkel. Hal ini yang membuat anda harus berhati—hati saat berkendara. Nah salah satu masalahnya tetap karena anda kurang melakukan perawatan pada motor KLX. Penyebabnya bisa terjadi karena per “U” pada motor anda sudah mengalami kerusakan atau patah. Walaupun memang harganya tidak terlalu mahal untuk mengganti, namun jika anda sudah pergi jauh dan tidak menemukan bengkel tentu saja akan merepotkan anda, apalagi pemasangan memang lebih repot.

 

4.Setang terasa berat

Salah satu faktor yang mengakibatkan motor KLX mengalami kejadian di atas adalah karena komstir yang terlalu kencang. Namun juga ada faktor lain yang mengakibatkan hal ini terjadi yaitu karena komstir sudah jelek atau berkarat. Jika saja komstir anda terlalu kencang maka anda pun cukup mengendurkan saja, namun bila komstir anda sudah rusak, tentu anda harus menggantinya dengan yang baru.

 

 

TIPS MERAWAT MOTOR KLX

 

  • Selalu periksa tingkat ketegangan rantai, seperti jika rantai anda kendur maka sesegera mungkin untuk dikencengin agar laju kendaraan anda bisa lebih maksimal.
  • Jika anda sudah selesai bepergian dengan motor KLX terlebih setelah melakukan olahraga trail atau off road maka sesegera mungkin anda langsung membersihkannya.
  • Pastikan jika anda melakukan pelumasan rantai dan gear dengan pelumas khusus.
  • Melakukan service secara berkala untuk memastikan jika kondisi motor anda dalam keadaan aman dan nyaman.

 

Nah itulah beberapa tips mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga Motor KLX agar tetap aman dan tidak berakibat fatal. Karena jika sudah ada kerusakan maka akan membahayakan kita saat berkendara juga. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

-------------------------------------------

JADWAL EVENT OTOMOTIF:

"Mbanjar Negarane CB"
Event Mbanjar Negarane CB

25-26 Juli 2020 di Stadion Soemitro Kolopaking, Banjarnegara. Syarat dan ketentuan dapat dilihat di Aplikasi IAC Indonesia Automotive Community

Baca selengkapnya...

 
  • Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi

    Mungkinkah Tertular Virus Corona Dari Dalam Mobil Pribadi?

    Mobil pribadi menjadi solusi untuk bepergian di masa pandemi virus Corona, setelah kendaraan umum tidak beroperasi. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan kendaraan sendiri lebih aman. Virus Corona ternyata mudah masuk kedalam mobil pribadi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dibawa oleh pengemudi ataupun penumpang yang masuk kedalam mobil setelah beraktifitas.
  • Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    Enjoy The Ambience of Classic Motor Bikes at Brick Cafe in Jogja

    There are so many instagrammable cafes in Indonesia you can visit. Jogjakarta is one of the cities in Indonesia that full of cafes around. Most of them bring the unique concept for the customers including hobbies. It means, you can’t get the entertainment and meals only but you can hang out there while enjoying the beautiful interior design such as Brick Cafe in Jogja. If you love classic motor bikes, then you can visit and spend your time in this vintage cafe.

food truck 1

BISNIS FOOD TRUCK

Bisnis yang sedang booming di berbagai belahan dunia. Selain praktis karena mudah dipindah-pindahkan, juga bisa tampil menarik hingga bisa dengan mudah menarik konsumen untuk berbelanja. Bagaimana cara memulai bisnis ini, dan apa saja yang harus disiapkan? 

Baca Selengkapnya...