Desain Helm Motor Trail berbeda dengan Helm Motor Biasa, ini Alasannya...

Perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, dan masker sangat diperlukan untuk keselamatan berkendara. Khusus untuk helm, berfungsi untuk melindungi organ tubuh yang sangat vital yaitu bagian kepala apabila terjadi kecelakaan. Helm yang digunakan disarankan minimal sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Jika memiliki standar internasional akan lebih baik lagi.

Salah satu jenis helm adalah Helm Offroad, dengan tingkat keamanan seperti helm full face yang tergolong helm yang benar-benar melindungi bagian otak belakang, rahang, dan bagian wajah kita apabila terjadi kecelakaan. Biasanya helm full face ini dipakai oleh para pembalap motor dan juga bikers yang hobi melakukan perjalanan touring dengan jarak tempuh yang jauh. Namun tidak ada salahnya digunakan di dalam kota karena helm full face aman untuk meminimalisir risiko ketika mengalami kecelakaan.

Helm Offroad biasanya digunakan saat mengendarai motor trail, balapan motocross atau event  trail adventure. oleh sebab itu disebut juga dengan nama Helm motor trail. Desainnya  khusus dengan bentuk berbeda, yaitu bagian depan yang meruncing atau memiliki moncong. Bentuknya juga terlihat lebih besar,  tidak seperti helm  sepeda motor pada umumnya.

Ternyata desain tersebut bukan semata-mata hanya sebagai pembeda seperti tampilan tunggangannya. Bentuk Helm motor trail atau motorcross juga  tidak sepenuhnya bulat dan tidak tertutup kaca helm, itu disebabkan karateristik penggunaanya.

Saat berkendara di medan cukup menantang, para rider akan terasa menguras tenaga. Akibatnya mulut dan hidung akan lebih sering mengeluarkan udara panas yang menyebabkan kabut. Alhasil helm jenis ini dirancang lebih besar dan terbuka (tak menggunakan kaca), tujuannya agar sirkulasi udara menjadi lebih optimal dan tak berkabut.

Sebagai pengganti kaca helm, para rider menggunakan goggle atau kacamata khusus. Selain tak mudah berkabut, goggle dianggap lebih nyaman dan mudah dibersihkan.

Helm motor trail jenis ini juga terlihat lebih panjang dengan tambahan  'pet'. Ternyata ini memiliki fungsi tersendiri, yaitu untuk menahan  sinar matahari dan menghindarkan wajah dari cipratan tanah yang melayang.

Dibaca 800 kali Terakhir diubah pada Kamis, 03 Maret 2022 06:20

Chevrolet Hengkang dari Indonesia, Bagaimana Nasib Mobilnya?

Ketika sebuah Agen Pemegang Merek (APM) hengkang dari Indonesia, satu hal yang dikhawatirkan adalah ketersediaan onderdilnya. Mengingat spare part mobil sudah menjadi kebutuhan wajib, terutama komponen fast moving yang harus diganti rutin. Chevrolet adalah salah satu merek mobil yang menghentikan… Baca selengkapnya...